Menu

Jumat, 15 Maret 2019, 18:07 WIB

Musim Ikan dan Cuaca Mulai Bersahabat, Nelayan Palabuhanratu Sumringah

Ikan laut hasil tangkapan nelayan Palabuhanratu. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Nelayan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi sudah kembali turun melaut karena Maret ini cuaca dianggap sudah bersahabat dan memasuki mulai musim ikan.

"Saat ini sudah mulai ikan dan nelayan nelayan sudah kembali turun, Alhamdulillah sekarang lagi musim ikan-ikan kecil seperti ikan petek, tembang, dan teri," ujar Teli Supriatna (47 tahun), seorang nelayan kepada sukabumiupdate.com, Jumat (15/3/2019).

Masih kata Teli, selama beberapa bulan yang lalu para nelayan tidak turun melaut karena ikan sulit didapat dan susah diprediksinya cuaca. Dengan kondisi saat ini, para nelayan khususnya yang menggunakan perahu pagang dan congkreng mendapatkan banyak ikan.

"Kemarin saya satu kali turun, itu pagang ada yang angkat 1 hingga 2 kwintal ikan-ikan kecil seperti petek, tembang dan ikan layur kecil," jelasnya.

BACA JUGA: Udiya Nelayan Palabuhanratu, Gali Lubang Tutup Lubang saat Cuaca tak Bersahabat

Untuk harga ikan, kata Teli, normal. "Untuk harga, Alhamdulillah sejauh ini masih normal contohnya ikan petek Rp 5 hingga Rp 10 ribu per kilogram," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil sekretaris DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Sukabumi, Nandang Heriyadie mengungkapkan, sudah sejak satu minggu ini nelayan Palabuhanratu, Cisolok dan Cibangban beroperasi. Sebelumnya selama beberapa bulan ke belakang, para nelayan tidak bisa melaut karena kondisi cuaca yang berubah-ubah.

"Persoalan cuaca memang menjadi faktor utama nelayan tidak melaut. Alhamdulillah sudah satu minggu ini gelombang air laut di perairan Palabuhanratu standar. Contohnya ikan yang mereka dapat yakni layur dan ikan semar, eteman serta ikan kecil lain nya," singkat Nandang.

Reporter : NANDI
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Perusahaan PT Unggul Cipta Teknologi (UCT) menyerahkan bantuan alat Yukom Vessel Multi Aid (VMA) kepada nelayan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Penyerahan bantuan dilakukan di gedung aula Dinas Kelautan...

SUKABUMIUPDATE.com - Hal yang pertama terpikir tentang Grand Inna Samudra Beach Hotel (GISBH) adalah sebuah hotel megah dengan fasilitas yang nyaman dan bikin tenang. Tapi ternyata tak hanya itu, sebab...

SUKABUMIUPDATE.com - Remaja asal Palabuhanratu terlantar di lapang Lodaya Setra Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.  Menurut kepala UPTD Puskesmas Surade, Solitaire E.F Ram Mozes, remaja tersebut mengaku bernama Muhamad...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya