Menu

25 Peb 2019, 19:16 WIB

Ketua FKDB Sukabumi jadi Pembicara Temu Usahawan dan Dialog Nasional

Ketua FKDB Kabupaten Sukabumi (kediua dari kiri), Ayep Zaki usai mengisi kegiatan Seminar Temu Usahawan dan Dialog Nasional di Taman Lapang Bhakti, Kabupaten Banjar, Jawa Barat pada Senin (25/2/2019). | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua umum Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) Sukabumi, sekaligus pembina Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kabupaten Sukabumi, Ayep Zaki menjadi salah satu pembicara di acara Seminar Temu Usahawan dan Dialog Nasional di Taman Lapang Bhakti, Kabupaten Banjar, Jawa Barat pada Senin (25/2/2019).

BACA JUGA: Himpunan Pengusaha Nahdliyin Jawa Barat Beri Pembekalan Kepada Anggota MKNU

Dalam kesempatan itu, Ayep Zaki mendapat giliran untuk memaparkan tentang kondisi pertanian di Indonesia kepada seluruh peserta. Ayep Zaki juga mengajak kepada seluruh peserta untuk ikut serta membangun bersama dalam mewujudkan Indonesia adil dan makmur.

"Seluruh peserta sangat antusias.  Melihat antusiasme ini, kedaulatan pangan pasti terbukti," ungkap Ayep Zaki kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: FKDB Lakukan Penjajakan ke Pabrik Motor Listrik di Jakarta

Ayep Zaki memaparkan, seminar tersebut dihadiri oleh beberapa pembicara. Salah satunya Direktur Eksekutif Halal Watch, Ikhsan Abdillah yang menjelaskan tentang definisi produk halal yang memenuhi syarat sesuai syariat islam.

"Dari mana sertifikasi halal? Prinsip dasarnya yaitu from farm to fark. Artinya mulai dari ladang tani ke pabrik, ke restoran, sampai di meja pabrik. Harus diyakinkan bahwa selama proses maupun bahan baku yang digunakan adalah halal," kata Ayep Zaki.

"Bapak Ikhsan menyampaikan bahwa setiap makanan di bulan Oktober 2019 ini,  wajib memiliki sertifikasi halal. Siapa yang membiayai sertifikasi halal? Untuk bantuan pembiayaan, BJB siap untuk membantu," lanjutnya. 

BACA JUGA: Melalui Rakernas FKDB, Wagub Kalbar Sepakat Tingkatkan Ketahanan dan Kedaulatan Pangan

Masih kata Ayep Zaki, pembicara berikutnya dalam seminar adalah Direktur BJB Syariah, Dadang Iskandar, yang membahas tentang sinergi industri halal dengan pengankan BJB Syariah.

"BJB siap memberikan bantuan untuk sertifikasi. Perlu proses screening sampai mendapatkan pembiayaan. BJB Syariah juga memaparkan tentang program lainnya," ujar Ayep Zaki.

Reporter : FARRAH AM/ ADV
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Demi mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 segala upaya dilakukan, dari mulai penyemprotan disinfektan hingga larangan mudik atau pulang kampung untuk sementara waktu.  Larangan mudik ini berlaku untuk...

SUKABUMIUPDATE.com - Di tengah pandemi corona, semua anggota keluarga terpaksa berada rumah sepanjang hari selama beberapa minggu untuk social distancing. Dilansir dari tempo.co, ini tak hanya membuat orang tua...

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi II DPR RI menyatakan sepakat atas penundaan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 imbas dari pandemi virus corona Covid-19. Dilansir dari suara.com, kesepakatan itu didapat usai Komisi II...

SUKABUMIUPDATE.com - Sejak munculnya wabah virus Corona atau Covid-19, Wedang Jahe Beras Hitam produksi rumah pamer beras hitam Saung Palapah Katersna, Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi justru...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya