Dompet Dhuafa Serah Terima Hasil Program Desa Lestari di Kabandungan Sukabumi

Jumat 22 Februari 2019, 11:57 WIB

SUKABUMIUPATE.com - Rona bahagia terlihat jelas di wajah Mak Ami, warga Kampung Lemah Duhur, RT 05/03, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi. Senyum Mak Ami terus menyungging ketika menyampaikan testimoninya di acara Serah Terima Kegiatan Elektrifikasi dan Gelar Produk BUM Desa Program Desa Lestari, di Lapangan Futsal Desa Tugu Bandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (21/2/2019). 

BACA JUGA: Rakor DPESDM Kabupaten Sukabumi, Bahas Pembangunan Berbasis Kawasan

Acara tersebut diadakan oleh Dompet Dhuafa sebagai pelaksana Program Desa Lestari yang digulirkan sejak bulan Juli 2018 oleh PT Star Energy Geothermal Salak, Ltd selaku donatur, berlokasi di Kecamatan Kabandungan dan Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi.

Mak Ami merupakan satu dari 115 warga peserta program elektrifikasi, janda tiga anak tersebut didaulat naik kepanggung acara mewakili warga lainnya untuk menyampaikan pengalamannya setelah mendapat program elektrifikasi.

“Terima kasih kepada Star Energy dan Dompet Dhuafa yang sudah memasang kWH listrik di rumah saya,” ujar Ami dengan rona wajah bahagia.

“Alhamdulillah sekarang rumah saya kalau malam bisa terang, cai tina sumur ayeunamah tiasa ditarik ku KWH,” imbuhnya disambut tawa dan tepuk tangan.

Di tempat yang sama, ketua panitia pelaksana, M Faisal menerangkan acara tersebut diadakan untuk menyerahkan hasil-hasil program Desa Lestari dan sosialisasi hasil-hasil pendampingannya.

“Hari ini kita serahkan secara simbolis kartu pelanggan PLN kepada warga, seluruh pemasangannya sudah selesai di bulan Desember 2018,” terang Faisal

BACA JUGA: Di Sukabumi, Kementan Lepas Ekspor 92 Ton Manggis ke Tiongkok

Sebelum pemasangan listrik dilakukan, lanjut Faisal, 115 warga mendapatkan masing-masing lima pohon durian untuk di tanam di halaman rumah atau tanah pribadinya. Dan setelah pemasangan listrik, tim Dompet Dhuafa melakukan kegiatan riungan peuting, yaitu kegiatan riungan anak-anak pada malam hari dengan aktivitas utamanya membaca buku di perpustakaan keliling, kemudian pelatihan membuatan kue dan pemberian alat kesehatan serta pelatihan penggunaannya untuk selanjutnya dimanfaatkan oleh masyarakat melalui kegiatan Posyandu.

“Semua kegiatan setelah listrik dipasang menggunakan listrik sebagai sumber utamanya, tujuannya agar listrik bisa bertambah nilai manfaatnya,” kata Faisal

Selain elektrifikasi, menurut Faisal, program Desa Lestari juga melakukan pendampingan penguatan lembaga dan usaha BUM Desa serta menyusun dokumen pemetaan sosial, kajian review RPJM Desa dan RKP Desa serta rekomendasi program yang menjadi inspirasi kegiatan di RKP Desa.

BACA JUGA: Bingung Bikin Desain Kemasan? Konsultasi Saja ke DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Gratis Lho

“Untuk BUM Desa tahun ini terpilih BUM Desa Kabandungan dan Tugubandung Kecamatan Kabandungan, BUM Desa Pulosari dan Palasari Girang Kecamatan Kalapanunggal sebagai mitra program Desa Lestari,” sambungnya 

Untuk pendampingan BUM Desa, Program Desa Lestari melaksanakan penguatan lembaga dan usaha BUM Desa melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD), identifikasi dan inisiasi usaha BUM Desa berbasis pemberdayaan lokal, kemudian workshop dan penyusunan business plan, peningkatan kapasitas pengelola BUM Desa dan studi banding ke pengelola BUM Desa terbaik Nasional.

“Untuk studi banding kami datang ke BUM Desa Kaliaren, di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, lalu ke BUM Desa Tirta Mandiri Desa Pongok di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dan terakhir ke BUM Desa Panggung Lestari, Desa Panggungharjo di Kabupaten Bantul, DIY, tujuaanya supaya semua Pengurus BUM Desa bisa belajar langsung dari BUM Desa yang sudah maju,” tukasnya 

BACA JUGA: Program Sibarokah di BPR Cabang Cisaat Sukabumi Capai 4.000 Nasabah

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Sukabumi, DPMD Kabupaten Sukabumi, Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi, perwakilan PT Star Energy Geothermal Salak, Ltd, perwakilan Dompet Dhuafa, Muspika Kabandungan dan Kalapanunggal, para Kepala Desa Kecamatan Kabandungan dan Kalapanunggal, perwakilan peserta program elektrifikasi dan para murid PAUD yang turut memeriahkan acara dengan lomba kreasi mewarnai. 

Setelah acara serah terima, semua tamu undangan mengunjungi stand gelar produk BUM Desa yang sudah siapkan oleh empat BUM Desa peserta Program Desa Lestari.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)