Dirtek Perumda AM TJM Sukabumi, Jawab Keluhan Desa Cisaat Cicurug

Rabu 05 Desember 2018, 12:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Direktur Teknik Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda-AM) Tirta Jaya Mandiri (TJM) Kabupaten Sukabumi, Iyus Sugiarto memantau langsung sumber air Cikombo, Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug. Hal itu untuk menjawab keluhan dari desa, karena selama ini ajuan dari desa untuk kerjasama belum terealisasi.

“Terimakasih kepada Kades Cisaat, Nanak Sukron karena kita bisa berkesempatan menjalin silaturahmi dan memperpanjang tali persaudaraan dengan Desa Cisaat,” ujar Direktur Teknik Perumda AM TJM Kabupaten Sukabumi, Iyus Sugiarto kepada sukabumiupdate.com, Rabu (5/12/2018).

Menurut Iyus, sebelumnya Desa Cisaat telah mengajukan permohonan kerjasama kepada Perumda AM TJM. Namun sampai saat ini belum pernah terjalin, apalagi sumber mata airnya dari desa tersebut. “Seperti yang diungkapkan oleh Kades, jangan sampai Desa Cisaat yang mempunyai wilayah sumber air, tetapi tidak bisa memanfaatkannya,” ucapnya.

Keterbukaan, Perumda AM TJM dan Kades Cisaat, kata Nanak apa yang selama menjadi unek-unek mudah-mudahan bisa terjawab, karena sudah menyepakati bahwa apapun sumber di sini adalah milik bersama, sehingga masyarakat Desa Cisaat mempunyai hak untuk memanfaatkan air bersih.

“Sebetulnya keinginan dari desa sudah disampaikan, mereka menginginkan adanya pelayanan air bersih dan kami, dengan adanya permohonan itu kami menyambut dengan gembira sekali. Namun keputusan-keputusan yang akan diambil nanti dikembalikan lagi kepada masyarakat, karena potensi air yang akan dimanfaatkan berada di Desa Cisaat,” jelasnya.

BACA JUGA: Cara Perumda AM TJM Cabang Palabuhanratu Minimalisir Air Kotor

Keinginan masyarakat  yang utama yaitu pelayanan air bersih, tambah Iyus kedua sebagai kontribusi di sini selain air bersih juga pembangunan. Bagaimana menjaga saluran air dan akhirnya bermanfaat kepada semua pihak.

“Jangan sampai seperti tadi melihat kondisi saluran air yang bocor, akhirnya kami yang menjadi kambing hitam. Disinilah kita jalin kerjasama dan komunikasi yang baik, oleh karena itu harus ada perjanjian hitam di atas putih atau MoU antara Pemdes dengan Perumda AM TJM,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cisaat, Nanak Sukron menyambut baik kedatangan Dirtek Perumda AM TJM,  Iyus Sugiarto dan membuat lega. “Sekarang saya puas dan baru percaya ketika Pejabat (Dirtek) Perumda AM TJM datang dan melihat langsung lokasi sumber mata air Cikombo. Secara umum kami sampaikan keluhan masyarakat, langkah berikutnya adalah  pertemuan antara pihak Perumda AM TJM dengan semua unsur Pemdes Cisaat dan hasilnya nanti akan dituangkan dalam bentuk MoU,” singkatnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life18 April 2024, 10:00 WIB

9 Ciri Orang yang Tidak Gampang Stres dan Hidupnya Selalu Bahagia, Apa Kamu Termasuk?

Meskipun tidak mudah, menjadi orang yang tidak mudah stres adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan diperkuat melalui latihan dan kesadaran diri.
Ilustrasi - Meskipun tidak mudah, menjadi orang yang tidak mudah stres adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan diperkuat melalui latihan dan kesadaran diri.  (Sumber : unsplash.com/Elsa Tonkinwise)
Sukabumi18 April 2024, 09:48 WIB

Diduga Overdosis! Anak Jalanan Tewas di Sukaraja Sukabumi, Ini Identitasnya

Dedi menyebut korban diduga overdosis setelah mengonsumsi obat-obatan.
Anak jalanan yang ditemukan tewas di sebuah jongko dagangan milik warga di Cimahpar, Desa/Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Kamis (18/4/2024). | Foto: Istimewa
Inspirasi18 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Jawa Barat Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Kerja di Jawa Barat untuk Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun
Lowongan Kerja Jawa Barat Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 09:00 WIB

Mau Tahu Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Penderita Diabetes Yuk Simak Disini!

Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2.
Ilustrasi - Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. (Sumber : pexels.com/@Nataliya Vaitkevich)
Bola18 April 2024, 08:42 WIB

Klasemen Liga 1: Persib Bandung Dipastikan Lolos ke Championship Series

Hasil ini membuat Persib Bandung tak akan mungkin keluar dari posisi empat besar.
Pemain Persib Bandung. | Foto: Persib.co.id
Kecantikan18 April 2024, 08:00 WIB

8 Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer

Inilah Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Ada Cleanser hingga Moisturizer.
Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer  (Sumber : Freepik.com)
Life18 April 2024, 07:00 WIB

9 Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres

Yuk Lakukan Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres Berikut Ini!
Ilustrasi - Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres. (Sumber : pexels.com/@Leah Kelley)
Food & Travel18 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya!

Berikut Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Coba Ikuti 6 Langkahnya!
Ilustrasi. Daun pepaya - Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Gula Darah. | (Sumber : Pixabay.com)
Science18 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 April 2024, Seluruh Wilayah Potensi Hujan di Siang Hari

BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.
(Foto Ilustrasi) BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.. | Foto: Freepik
DPRD Kab. Sukabumi17 April 2024, 23:20 WIB

KH. Zezen Z.A Jadi Nama Jalan, DPRD Sukabumi Bicara Regulasi Wisata Syariah di Pondok Halimun

Pemerintah Kabupaten Sukabumi resmi mengubah nama jalan Nyangkokot-Perbawati menjadi Jalan KH. Zezen Z.A pada Rabu 17 April 2024.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara saat meresmikan nama Jalan K.H. Zezen Z.A menggantikan nama Jalan Nyangkokot – Perbawati, Rabu (17/4/2024) | Foto : Ist