Menu

Rabu, 05 Desember 2018, 19:45 WIB

Dirtek Perumda AM TJM Sukabumi, Jawab Keluhan Desa Cisaat Cicurug

Iyus Sugiarto Dirtek TJM Tinjau Sumber Mata Air Cikombo Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Rawin Soedaryanto

SUKABUMIUPDATE.com - Direktur Teknik Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda-AM) Tirta Jaya Mandiri (TJM) Kabupaten Sukabumi, Iyus Sugiarto memantau langsung sumber air Cikombo, Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug. Hal itu untuk menjawab keluhan dari desa, karena selama ini ajuan dari desa untuk kerjasama belum terealisasi.

“Terimakasih kepada Kades Cisaat, Nanak Sukron karena kita bisa berkesempatan menjalin silaturahmi dan memperpanjang tali persaudaraan dengan Desa Cisaat,” ujar Direktur Teknik Perumda AM TJM Kabupaten Sukabumi, Iyus Sugiarto kepada sukabumiupdate.com, Rabu (5/12/2018).

Menurut Iyus, sebelumnya Desa Cisaat telah mengajukan permohonan kerjasama kepada Perumda AM TJM. Namun sampai saat ini belum pernah terjalin, apalagi sumber mata airnya dari desa tersebut. “Seperti yang diungkapkan oleh Kades, jangan sampai Desa Cisaat yang mempunyai wilayah sumber air, tetapi tidak bisa memanfaatkannya,” ucapnya.

Keterbukaan, Perumda AM TJM dan Kades Cisaat, kata Nanak apa yang selama menjadi unek-unek mudah-mudahan bisa terjawab, karena sudah menyepakati bahwa apapun sumber di sini adalah milik bersama, sehingga masyarakat Desa Cisaat mempunyai hak untuk memanfaatkan air bersih.

“Sebetulnya keinginan dari desa sudah disampaikan, mereka menginginkan adanya pelayanan air bersih dan kami, dengan adanya permohonan itu kami menyambut dengan gembira sekali. Namun keputusan-keputusan yang akan diambil nanti dikembalikan lagi kepada masyarakat, karena potensi air yang akan dimanfaatkan berada di Desa Cisaat,” jelasnya.

BACA JUGA: Cara Perumda AM TJM Cabang Palabuhanratu Minimalisir Air Kotor

Keinginan masyarakat  yang utama yaitu pelayanan air bersih, tambah Iyus kedua sebagai kontribusi di sini selain air bersih juga pembangunan. Bagaimana menjaga saluran air dan akhirnya bermanfaat kepada semua pihak.

“Jangan sampai seperti tadi melihat kondisi saluran air yang bocor, akhirnya kami yang menjadi kambing hitam. Disinilah kita jalin kerjasama dan komunikasi yang baik, oleh karena itu harus ada perjanjian hitam di atas putih atau MoU antara Pemdes dengan Perumda AM TJM,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cisaat, Nanak Sukron menyambut baik kedatangan Dirtek Perumda AM TJM,  Iyus Sugiarto dan membuat lega. “Sekarang saya puas dan baru percaya ketika Pejabat (Dirtek) Perumda AM TJM datang dan melihat langsung lokasi sumber mata air Cikombo. Secara umum kami sampaikan keluhan masyarakat, langkah berikutnya adalah  pertemuan antara pihak Perumda AM TJM dengan semua unsur Pemdes Cisaat dan hasilnya nanti akan dituangkan dalam bentuk MoU,” singkatnya.

Reporter : RAWIN SOEDARYANTO/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Tim Forensik RSUD Sekarwangi melakukan otopsi kepada jenazah Eman Ahmadi (62 tahun), pria yang ditemukan tewas di Kampung Babakan Sirna, Desa Warnajati, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis...

SUKABUMIUPDATE.com - Kasi Distribusi Tertib Niaga Dinas Perdagangan, Komperasi dan Usaha Kecil Menangah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi, Iwan Wirawan mengatakan, sebanyak 12 produk dari 11 UKM dipasarkan di toko modern...

SUKABUMIUPDATE.com - SMKN 1 Cibadak memperingati Hari Ikan Nasional dengan rangkaian kegiatan. Acara tersebut dilaksanakan di halaman sekolah, tepatnya Kampung Pasir Sirem, Desa Karang Tengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi,...

SUKABUMIUPDATE.com - Mediasi yang dilakukan Forum Komunikasi Masyarakat Cidadap (FKMC), Kamis (21/11/2019) soal dugaan kecurangan yang dilakukan panitia pilkades Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi belum menemui titik temu....

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya