FKDB Bursa Tani dan Pemda Sukabumi Siap Realisasikan Demplot 500 Hektar di 3 Kecamatan

Kamis 18 Oktober 2018, 23:53 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Spirit membangun negeri tercinta rupanya telah terpatri pada para penyuluh pertanian di jajaran FKDB Bursatani. Seakan tak lekang oleh panas tak lapuk oleh hujan, semangat para penyuluh pertanian yang menerapkan teknologi nutrisi esensial yang berbasis organik terus menerus didengungkan oleh mereka di seluruh pelosok tanah air.

Setelah sukses saat panen raya di Kabupaten Buru, Provinsi Maluku dan penandatanganan MOU kerja sama dengan Pemerintah daerah Kabupaten Solok Sumatera Barat untuk pendampingan di 14 kecamatan, kini FKDB Bursatani bekerja sama dengan Pemda kabupaten Sukabumi provinsi Jawa barat dengan upaya merealisasikan hasil-hasil pertemuan sebelumnya di lokasi seluas 500 hektar di tiga kecamatan yaitu di Ciracap, Waluran, dan Ciemas.

Terhadap langkah-langkah kongkrit itu Ketua umum FKDB sekaligus pembina YPPDB, H. Ayep Zaki, menyampaikan terimakasihnya serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami beserta seluruh staf dan jajarannya yang telah memberikan kesempatan kepada FKFB Bursatani untuk menggelar audiensi pada pertengahan bulan September 2018 lalu, serta tindak lanjutnya untuk melakukan demonstration plot (demplot) pertanian di berbagai kecamatan.

BACA JUGA: Tim BPPPK Kabupaten Solok dan FKDB Bursa Tani, Tinjau Demplot Pertanian di Kecamatan Payung Sekaki

Tak lupa pula H. Ayep Zaki atau yang akrab disapa Aa Zaki ini mengatakan bahwa terhadap hasil-hasil demplot pertanian di seluruh Indonesia yang dilakukan oleh FKDB Bursatani dan Pemda kabupaten, akan segera disampaikan kepada deputi terkait di Staf Kepresidenan Republik Indonesia beserta jajarannya.

Aa Zaki menegaskan bahwa dengan penerapan teknologi nutrisi esensial ini, mudah-mudahan dalam jangka waktu tak sampai tiga tahun swasembada pangan dapat tercapai khususnya di Sukabumi, Jawa Barat dan umumnya di seluruh pelosok Nusantara yang benar-benar mengaplikasikan teknologi nutrisi esensial ini.

Sementara Ketua DPD FKDB Jawa barat yang sekaligus ketua tim penyuluh pertanian FKDB bursatani, Zaenal Muttaqin memberikan penjelasan bahwa menindaklanjuti hasil pertemuan audiensi pada 19 September 2018 dan pertemuan dengan UPTD pada 2 Oktober 2018, maka pertemuan dengan UPTD kecamatan ciemas pada tanggal 17 Oktober 2018 menghasilkan beberapa point penting yang akan segera dilaksanakan.

BACA JUGA: Penetapan Teknologi Nutrisi Esensial FKDB Bursa Tani, Panen Petani di Sukabumi Memuaskan

Adapun point-point tersebut adalah :

1. pelaksanaan demplot di kecamatan ciemas dengan 3 SOP, yakni Organik, semi organik, dan umum.

2. Akan melakukan penanaman secara serempak menggunakan teknologi saputra diseluruh kecamatan Ciemas, kecamatan Waluran dan kecamatan Ciracap dengan target luas areal 500 Ha dengan pembiayaannya yang akan bekerja sama dengan koperasi.

Lebih lanjut Zaenal Muttaqin menyampaikan keyakinannya bahwa melihat hasil-hasil demplot di berbagai daerah yang rata rata  kenaikannya sangat signifikan yaitu diatas 42 persen, bahkan ada diatas 60 persen membuktikan betapa handalnya penerapan teknologi nutrisi esensial tersebut.

Maka sesuai harapan ketua umum FKDB dan pembina YPPDB H Ayep Zaki akan tercapainya ketahanan dan kedaulatan pangan akan segera bisa dicapai sebagaimana juga harapan dari seluruh elemen bangsa di Republik ini.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Food & Travel29 Maret 2024, 07:00 WIB

10 Rekomendasi Makanan untuk Memperbaiki Mood dan Mengurangi Stres

Meskipun makanan dapat memengaruhi mood, penting juga untuk mengimbanginya dengan pola makan yang sehat dan gaya hidup aktif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan agar tidak stres.
Cokelat. Rekomendasi Makanan untuk Memperbaiki Mood dan Mengurangi stres (Sumber : YouTube Home Cooking Adventure)
Sehat29 Maret 2024, 06:00 WIB

6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja!

Berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - 6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja! (Sumber : pexels.com/Melike A.)
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)