Ratusan Keping e-KTP Warga Cianjur Dibakar

Senin 03 Agustus 2020, 09:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur memusnahkan 573 keping KTP elektronik (e-KTP), Senin (3/8/2020). Pemusnahan dilakukan menyusul adanya penggantian KTP elektronik yang sudah rusak ataupun invalid.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Munajat, mengatakan sebanyak 573 keping KTP elektronik yang dimusnahkan itu berhasil dikumpulkan selama periode Januari - Juli 2020. Sesuai aturan, KTP yang rusak ataupun invalid harus dimusnahkan dengan cara dibakar untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan.

"Dokumen KTP elektronik yang diambil atau dikembalikan dari pemohon karena rusak ataupun invalid yang kami musnahkan hari ini (Senin), terdata sebanyak 573 keping," terang Munajat kepada wartawan, Senin (3/8/2020). 

BACA JUGA: Korban Investasi Kurban Bodong Lebih 1000 Orang, Dari Cianjur, Sukabumi dan Bandung Barat

Pemusnahan dilakukan setelah dipastikan para pemohon sudah mendapatkan kembali pencetakan KTP elektronik yang baru. Munajat menuturkan, pemusnahan dokumen KTP elektronik rutin dilakukan secara periodik.

"Pemusnahan dokumen KTP elektronik yang rusak atau invalid masih terus berlanjut. Rata-rata, dari setiap dua hari, kami mendapatkan kisaran 400-600 keping KTP elektronik yang rusak," terang Munajat. 

Sebanyak 573 keping KTP elektronik yang rusak atau invalid itu diperoleh dari semua wilayah di Kabupaten Cianjur. Proses pengumpulannya sendiri dibantu petugas di desa.

"Sekarang kan layanan adminduk itu sudah dilakukan secara online melalui aplikasi Simpel Aku (sistem pelayanan administrasi kependudukan). Dokumen KTP elektronik warga yang rusak atau invalid kemudian diserahkan ke operator di kecamatan. Nanti yang kita mengambil dari para operator di tingkat kecamatan itu," beber Munajat. 

Munajat menuturkan, layanan administrasi kependudukan saat ini relatif lebih dipermudah. Apalagi dengan adanya aplikasi Simpel Aku, masyarakat yang sudah memohonkan pembuatan dokumen administrasi kependudukan hanya tinggal diam di rumah.

"Bersamaan dengan pandemi Covid-19, kita maksimalkan layanan adminduk secara online melalui Simpel Aku. Tak hanya permohonan pembuatan KTP elektronik saja, aplikasi ini melayani juga permohonan pembuatan KK, Akta Kelahiran, surat pindah, dan adminduk lainnya," tuturnya. 

BACA JUGA: Dari 11 Perusahaan Batching Plant di Cianjur, Cuma 1 yang Izinnya Lengkap

Masyarakat juga tidak harus datang langsung ke kantor Disdukcapil untuk mengambil dokumen administrasi kependudukan. Disdukcapil Kabupaten Cianjur telah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk mengantarkan langsung dokumen yang dimohonkan masyarakat.

"Program pengantaran langsung dokumen adminduk ini sudah berjalan sejak 23 Juli lalu. Biaya pengantarannya sebesar Rp 7 ribu setiap kali pengiriman yang anggarannya dialokasikan dari DAK nonfisik," ucapnya. 

Pada periode 23-30 Juli 2020, Disdukcapil Kabupaten Cianjur sudah mengirimkan sebanyak 2.771 dokumen berbagai administrasi kependudukan kepada masyarakat. Rinciannya, KTP elektronik sebanyak 1.539 keping, Kartu Indonesia Anak sebanyak 88 lembar, Kartu Keluarga sebanyak 1.082 lembar, dan surat pindah sebanyak 62 lembar. 

"Membludaknya permohonan administrasi kependudukan secara online cukup berdampak terhadap jaringan yang mengalami pelambatan. Bayangkan saja, setiap hari selama 24 jam, selalu saja ada masyarakat yang mengajukan permohonan. Tapi kita tetap maksimalkan layanan adminduk kepada masyarakat," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi01 Mei 2024, 22:58 WIB

Kepergok Warga, Maling Kotak Amal Kabur Tinggalkan Motor di Cicantayan Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait upaya pencurian kotak amal di Cicantayan Sukabumi. Pelaku kabur tinggalkan motor.
Motor maling kotak amal yang ditahan warga Kampung Cijabon RT 19/07, Desa Cimahi, Cicantayan Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 21:37 WIB

6 Gaya Bicara yang Menjadikan Anda Lebih Berwibawa dan Berkharisma, Ini Caranya

Gaya bicara seseorang menentukan apakah nanti akan dipandang berwibawa atau justru diremehkan orang lain di masyarakat.
Ilustrasi. Gaya berbicara yang dipandang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Werner Pfenning
Life01 Mei 2024, 21:31 WIB

Fokus Pada Jangka Panjang, Ini 10 Tips Menerapkan Disiplin Pada Anak Tetap Konsisten

Penerapan disiplin pada anak tidaklah mudah, maka dari itu orang tua perlu melakukannya dengan konsisten.
Ilustrasi menerapkan disiplin tetap konsisten / Sumber : pexels.com/@Emma Bauso
Sehat01 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif.
Ilustrasi - Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
DPRD Kab. Sukabumi01 Mei 2024, 20:56 WIB

May Day, Komisi IV DPRD Sukabumi Serap Aspirasi Buruh Terkait Upah Hingga Isu Pungli

Komisi IV DPRD Sukabumi serap aspirasi serikat buruh terkait upah hingga isu praktik pungli di perusahaan.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar terima kunjungan serikat buruh di momen May Day 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat01 Mei 2024, 20:30 WIB

Pantangan! 4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi.
Ilustrasi - Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. (Sumber : pexels.com/@Julia Filirovska).
Life01 Mei 2024, 20:00 WIB

8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental, Melepaskan Emosi yang Terpendam

Salah Satu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental Yakni Menjadi Sarana Melepaskan Emosi yang Terpendam.
Ilustrasi. Bersedih. Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental. (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi01 Mei 2024, 19:57 WIB

Termasuk dari Bule, Uluran Tangan Berdatangan Bantu Titin Penghuni Rumah Reyot di Sukabumi

Bantuan mulai berdatangan untuk mak Titin, janda paruh baya asal Surade Sukabumi yang sebatang kara huni rumah reyot.
Seorang Bule asal Australia saat berkunjung ke rumah Mak Titin di Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 19:30 WIB

7 Sikap Sederhana yang Membuat Kamu Bisa Dikagumi Banyak Orang

Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan.
Ilustrasi - Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan. (Sumber : Freepik.com)
Sehat01 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, jadi carilah pola tidur yang paling cocok untuk penderita asam urat dan konsultasikan dengan dokter jika memiliki masalah tidur yang berkelanjutan.
Ilustrasi. Nyenyak. Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)