Jaga Hulu DAS Citarum, Komisi II DPRD Dorong Dishut Jabar Atasi Lahan Kritis

Senin 17 Februari 2020, 04:25 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Komisi II DPRD Jawa Barat terus mendorong dan mendukung gerakan penghijauan lahan kritis di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, terutama kawasan hulu.  Data Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jabar, lahan hutan dan kawasan luar hutan di hulu DAS Citarum mencapai 77 ribu Hektar dan berpontensi menimbulkan bencana jika tidak dirawat dan dibiarkan.

Salah satu kegiatan pelestarian DAS Citarum adalah penanaman 2 ribu bibit tanaman berbagai jenis di Desa Sugih Mukti, Kecamatan Pasir Jambu Kabupaten Bandung pada hari Selasa 11 Februari 2020 silam. Tiga srikandi Komisi II DPRD Jabar hadir dalam acara ini, Lina Ruslinawati, Tia Fittiani dan Sari Sundari mendampingi Kepala Dinas Kehutanan Jabar Epi Kustiawan.

Turut hadir juga 10 kepala desa se-Kecamatan Pasir Jambu, Karang Taruna, Koramil, Polsek, Perhutani dan tokoh masyarakat. Warga kecamatan Pasir Jambu cukup antusias menanam pohon, karena menjadi penting bagi mereka yang selama ini hidup berdampingan dengan DAS Citarum.

“Selain tanam pohon juga ada pemberian stuf lebah trigona kepada masyarakat hulu DAS Citarum ini agar mereka bisa lebih mendapatkan banyak manfaat dari keberadaan hutan,” jelas anggota Komisi II DPRD Jabar Lina Ruslinawati kepada sukabumiupdate.com, Senin (17/2/2020).

Lina Ruslinawari (paling kiri) bersama dua srikandi Komisi II DPRD Jabar di lokasi tanam pohon di hulu DAS Citarum

Polistisi partai Gerindra ini mengungkapkan bahwa dua ribu pohon yang ditanam di kawasan tersebut juga terdiri dari berbagai jenis pohon dan buah-buahan. “Data dari Dishut mencatat luas kawasan hulu DAS Citarum di lokasi tersebut mencapai 77.037,36 Ha, dimana di dalam kawasan hutan seluas 15.355,64 Ha dan di luar kawasan hutan seluas 61.681,72 Ha.” 

“Kita memberikan apreasiasi yang besar kepada masyarakat kecamatan Pasir Jambu, Camat dan seluruh Kepala Desanya yang begitu semangat menjaga kawasan hulu dengan untuk menanam dan menjaga pohon,” sambung Lina.

BACA JUGA: Dukung Blok Hanjuang Pajampangan Jadi Hutan Lindung, Lina Siap Temui Gubernur Jabar

Selain isu lingkungan, jaga kawasan hulu DAS Citarum menurut Lina juga harus diupayakan mendorong program pemberdayaan masyarakatnya. “Kita konsen di kedua isu tersebut, dinas dalam hal ini eksekutif sudah memiliki program dan kita di Komisi II DPRD Jabar memberikan support penuh,” pungkas politisi yang berasal dari daerah pemilihan Sukabumi ini.

Menurut luas Lahan kritis di Jabar 911.192 Ha sesuai Keputusan Menteri LHK 2018, terbagi dalam Kawasan 183.882,456 Ha, dan Luar Kawasan 727.309, 55 Ha.

Lebih jauh, Lina menegaskan program pembenahan lahan kritis akan dilakukan di seluruh Jawa Barat termasuk Sukabumi. “Sukabumi juga banyak sungai yang kawasan hulunya mulai rusak oleh beragam aktiitas baik warga maupun perusahaan. Segera akan kita upayakan,” pungkasnya.

 

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 18:18 WIB

Drainase Tersumbat, Banjir Cileuncang Sempat Rendam Jalan Raya Sukaraja Sukabumi

Kapolsek Sukaraja Sukabumi Kompol Dedi Suryadi mengatakan bahwa peristiwa banjir cileuncang ini sepengetahuannya baru pertama kali terjadi.
Kondisi ruas jalan raya Sukaraja Sukabumi tepatnya di depan RSU Hermina pada  Selasa (23/4/2024) siang. (Sumber : Istimewa)
Life23 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan: Ujian, Rezeki, Pekerjaan Insya Allah Lancar

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan.
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan. | Foto : Pixabay
Sukabumi23 April 2024, 17:56 WIB

Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 dengan KPK RI secara Virtual di Pendopo SUkabumi, Selasa 24 April 2024
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti acara Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Diseminasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)
Keuangan23 April 2024, 17:56 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Terus Dorong Perusahaan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi terus mendorong perusahaan meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dengan mengingatkan perusahaan mengenai pentingnya mematuhi tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi saat melakukan kegiatan sosialisasi kepatuhan tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan | Foto : Ist
Life23 April 2024, 17:30 WIB

Tidak Menghormati Batasan! 10 Sikap yang Membuatmu Tidak Disukai Orang Lain

Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah. (Sumber : Freepik.com/@ user15285612)
Musik23 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift

Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift bercerita tentang kisah sudut pandang seseorang tentang hubungan percintaannya dengan pasangannya meski mereka kerap sekali membuat masalah hingga bertengkar.
Cover Klip Lagu The Tortured Poets Departement Taylor Swift. Sumber: Youtube.com/@Taylor Swift
Sukabumi23 April 2024, 16:56 WIB

Rumah Jebol Terkena Luapan Drainase, Sekeluarga di Nagrak Sukabumi Mengungsi

Peristiwa rumah warga Nagrak Sukabumi jebol akibat terkena luapan drainase ini terjadi pada Senin 22 April 2024 malam.
Kondisi rumah warga Nagrak Sukabumi yang jebol akibat luapan drainase. (Sumber : P2BK Nagrak)
Life23 April 2024, 16:30 WIB

7 Cara Komunikasi yang Baik dengan Pasangan Agar Tidak Mudah Salah Paham

Artikel ini akan membahas beberapa tips praktis untuk meningkatkan komunikasi dengan pasangan. Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat menciptakan hubungan yang lebih erat dan saling mendukung dengan pasangan.
Ilustrasi. Pasangan sedang mengobrol sambil traveling. Sumber Foto : Pixabay/justmrd77