Menu

11 Jul 2020, 12:55 WIB

Ternyata Kejadiannya di Sukabumi, Viral Mobil RI 2 Isi BBM Pakai Jeriken

Tangkapan layar dari video viral mobil dinas RI 2 isi BBM pakai deriken | Sumber Foto:ISTIMEWA

SUKABUMIUPDATE.com – Video viral mobil dinas RI 2 yang tengah isi BBM pakai jeriken yang beredar di media sosial ternyata terjadi di Kota Sukabumi. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohamad Oemar.

Dikutip dari kumparan.com, Oemar menjelaskan peristiwa ini terjadi saat Wakil Presiden Maruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu tanggal 8 Juli 2020 lalu. Dalam keterangannya disebutkan mobil yang sedang diisi bensinnya adalah kendaraan VVIP cadangan. 

"Rekaman peristiwa yang beredar tersebut terjadi saat Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, 8 Juli 2020. Ada pun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi," jelas Oemar.  

BACA JUGA: Siapkah Siswa dan Santri di Kota Sukabumi Back To School? Ini Kata Wapres

Oemar menambahkan pengisian BBM dari jeriken di pinggir jalan dikarenakan rombongan tak menemukan ada SPBU terdekat yang menyediakan bahan bakar untuk kendaraan VVIP tersebut. Bahan bakar dalam jeriken itu juga bukan beli dari pinggir jalan, tetapi berasal dari BBM cadangan yang disiapkan di mobil teknisi.  

"Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP, dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM," ungkap dia.  

Menurutnya, setiap rangkaian rombongan VVIP biasanya sudah disiapkan BBM cadangan di mobil teknisi. Sehingga, jika diperlukan saat bensin habis, maka cadangan yang telah disiapkan bisa digunakan.  

Posisi mobil RI 2 saat itu parkir di depan bengkel blitar utama motor Jalan Raya Sukaraja Kabupaten Sukabumi, diseberang Pondok pesantren Assobariyyah, Cibeureum, Kota Sukabumi yang dikunjungi Wakil Presiden Maruf Amin    

BACA JUGA: Kota Sukabumi Zona Hijau, Maruf Amin: Jangan Demi Ekonomi Kesehatan Terkorbankan

Namun, Oemar tak merinci jenis BBM apa yang dimaksud dan sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP tersebut.  "Dalam setiap rangkaian VVIP selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi. Saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, maka digunakan BBM cadangan yang telah disiapkan," tutup Oemar.

Dalam video yang beredar di media sosial sejak kemarin, terdeteksi bahwa posisi pengisian mobil cadangan VVIP RI 2 jenis sedan tersebut dilakukan di pinggir jalan RA Kosasih Sukabumi. Dalam rekaman terlihat proes pengisian bbm ke mobil RI 2 itu di depan plang bengkel ketok magic blitar utama motor. 

BACA JUGA: Wapres Tiba di SMAN 4 Kota Sukabumi Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Dari penelusuran digital, bengkel blitar utama motor berada di pinggir jalan nasional III, jalan raya Sukaraja Sukabumi. (terusan RA Kosasih) tepatnya di Desa Sukaraja/ Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Posisi ini diseberang jalan lokasi kunjungan wapres saat itu, yaitu meninjau persiapan penerapan protokol kesehatan di pondok pesantren Assobariyyah, Cibeureum, Kota Sukabumi.

Dalam video, mobil VVIP cadangan ini parkir disebarang lokasi kunjungan Wapres Maruf Amin pada tanggal 8 Juli 2020 lalu. Mobil parkir menghadap ke arah Kota Sukabumi. 

 

Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Seiring dengan kebutuhan masyarakat akan produk kesehatan berkualitas, PrimaMedix hadir sebagai perusahaan yang fokus pada industri kesehatan dengan memproduksi produk masker medis dan N95 berkualitas.  Dari rilis yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Badan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, mendukung pertanian di Kabupaten Sukabumi. Sehingga diharapkan kedepan dapat lebih meningkat dan berdaya saing dengan daerah lainnya.  Hal itu...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah memutuskan memperpanjang kebijakan pemberian listrik gratis golongan daya R1/450 VA (rumah tangga) dan diskon 50 persen bagi golongan R1/900 VA bersubsidi sampai Desember 2020. Sebelumnya, subsidi...

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang santri Pondok Pesantren Al Amin, Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi diduga hanyut terbawa arus Sungai Cibeber, Selasa (11/8/2020). Santri tersebut diketahui bernama Muhammad Akbar, pelajar kelas...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya