Lumba-lumba Hidung Botol Kembali ke Teluk Palabuhanratu Sukabumi, Tanda Kemarau?

Selasa 15 September 2020, 11:42 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Jagat media sosial Sukabumi heboh dengan kemunculan kawanan lumba-lumba yang berenang riang di sekitar kapal patroli laut gabungan di perairan teluk palabuhanratu pada Selasa (15/9/2020) jelang petang. Bagi warga pesisir, kemunculan kawanan lumba-lumba ini adalah fenomena akhir tahunan biasanya menjadi penanda musim kemarau.

Kemunculan hewan mamalia laut itu terekam jelas dalam video berdurasi 31 detik yang diabadikan oleh anggota Satpol Air polres Sukabumi Brigadir Erwin saat ikut dalam tim gabungan Satuan Polisi Air Polres Sukabumi, TNI Angkatan Laut, UPTD PSDKP Wilayah Selatan Provinsi Jawa Barat dan Satwas PSDKP Palabuanratu.

Diungkapkan Kasi Sumberdaya Kelautan Provinsi Jabar Abdul Azis, puluhan lumba-lumba yang terekam dalam video tersebut muncul tepat di kawasan Perairan Loji sesaat tim gabungan bertolak menuju perairan Palabuhanratu dengan menggunakan kapal KP Napoleon Jabar 01 milik SDKP Provinsi Jawa Barat.

"Tim gabungan bertolak sekitar pukul 10.00 WIB dari perairan Loji menuju Palabuhanratu tiba-tiba kami terkejut melihat puluhan lumba-lumba muncul di depan dan samping perahu," ujarnya, Selasa (15/9/2020).

Dijelaskan Abdul Azis, Kemunculan puluhan lumba lumba tersebut menurutnya bak sedang sedang mengawal tim gabungan yang sedang berpatroli laut. "Tim gabungan akhir-akhir ini rutin menggelar patroli itu dilakukan sebagai langkah konkret untuk menjaga gangguan kamtibmas di wilayah perairan Sukabumi," jelasnya. 

Tim Gabungan Patroli Laut saat di kejutkan dengan kemunculan puluhan lumba lumba di perairan Palabuhanratu. Selasa (15/9/2020).

Bagi warga pesisir dan nelayan Palabuhanratu, kemunculan kawanan lumba-lumba hidung botol ini adalah fenomena tahunan. Dari catatan redaksi sukabumiupdate.com, kawanan lumba-lumba ini pada bulan Noveber 2018 juga sempat direkam warga yang tengah mencari ikan di sekitar perairan teluk Palabuhanratu, bahkan foto dan video penampakan mamalia laut itu lebih dekat dan detil.

Saat itu aksi lumba-lumba ini direkam oleh nelayan sekaligus anggota Pos Basarnas Sukabumi, Fajar Sepdiansyah (23 tahun). Lokasinya sekitar 2 mil dari daratan Pantai Sukawayana Tengah. 

BACA JUGA: Kawanan Lumba-lumba Terekam Berenang di Laut Palabuhanratu Sukabumi

"Dua hari berturut-turut saya lihat kawanan lumba-lumba. Selain di lepas Pantai Sukawayana Tengah juga ada di perairan sekitar PLTU," ujar Fajar kepada sukabumiupdate.com, waktu itu. 

Ketua Komunitas Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kelurahan Palabuhanratu, Zul Sugis (57 tahun) menambahkan bahwa kawanan lumba-lumba biasanya muncul di musim kemarau. Kendati demikian, bukan berarti tidak bisa ditemukan saat musim hujan. 

TONTON VIDEONYA: Kawanan Lumba-lumba di Palabuhanratu Sukabumi Terekam Kamera

"Kalau airnya jernih, dan tidak ada hujan biasanya kawanan lumba-lumba terlihat. Yang penting cuacanya terik," tutur Zul yang juga ayahanda dari Fajar Sepdiansyah ini. 

"Biasanya muncul pagi jelang siang, atau sore hari sampai tenggelam matahari," tambahnya. 

Selain di sekitar teluk Palabuhanratu, pemandangan kawanan lumba-lumba juga biasa terlihat di Perairan Karang Hantu. Salah satu spot wisata diving di Geopark Ciletuh Palabuhanratu. 

“Kami menyediakan paket wisatanya jika memang ada yang berminat,” pungkas Zul.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat18 April 2024, 18:30 WIB

Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).
Life18 April 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Qunut Subuh: Arab, Latin, Terjemahan dan Ketentuannya

Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari
Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari | Sumber: Freepik (rawpixel.com).
Sukabumi18 April 2024, 17:35 WIB

Kabar Baik untuk Ato di Cikangkung Sukabumi, Rumah Reyotnya Dibangun Swadaya

Kabar baik untuk Ato (51 tahun) datang dari Pemerintah Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.
Pemdes dan Warga Cikangkung akan bantu perbaikan gubuk miring Ato (Sumber: istimewa)
Sehat18 April 2024, 17:30 WIB

Mengontrol Gula Darah: Alasan Mengonsumsi Nasi Merah Baik untuk Anda Penderita Diabetes

Nasi merah dan beras merah merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan nasi putih.
Ilustrasi - Nasi merah dan beras merah merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan nasi putih. (Sumber : Freepik.com/@topntp26).
Sukabumi18 April 2024, 17:02 WIB

Tak Diberi Izin Poligami, Oknum ASN di Sukabumi Celakai Istri Hingga Patah Tangan?

Perempuan inisial DM (58 tahun) diduga mengalami kekerasan dalam rumah tangga dengan perlakuan sadis dari suaminya BCA (38 tahun) hingga alami patah tangan
Foto rontgen yang diperlihatkan korban kepada awak media. Dugaan KDRT oknum ASN Sukabumi terhadap istrinya (Sumber: istimewa)
Musik18 April 2024, 17:00 WIB

[Preview] Potongan Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok

[Preview] Inilah Potongan Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Meski baru akan rilis pada Jumat (19/4/2024) besok, Lagu Jebolan Indonesian Idol ini sudah viral di media sosial lho!
Preview: Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Sukabumi18 April 2024, 16:21 WIB

Heboh Kasus Investasi Bodong Berkedok Gadai Rumah di Sukabumi, Marketing Diamankan

Berikut keterangan dari pihak kepolisian terkait kasus investasi bodong berkedok gadai rumah di Kota Sukabumi.
Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota AKP Bagus Panuntun saat memberikan keterangan terkait kasus dugaan investasi bodong berkedok gadai rumah. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Bola18 April 2024, 16:15 WIB

Prediksi Timnas Indonesia U-23 vs Australia di Piala Asia 2024: H2H, Susunan Pemain dan Skor Akhir

Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia Qatar 2024 akan tersaji malam ini pukul 20.00 WIB.
Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia Qatar 2024 akan tersaji malam ini pukul 20.00 WIB. (Sumber : pssi.org).
Food & Travel18 April 2024, 16:00 WIB

Cara Membuat Teh Kayu Manis untuk Membantu Menurunkan Gula Darah, Simpel Banget!

Air rebusan kayu manis ini dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan diabetes atau mereka yang berisiko mengalami peningkatan gula darah.
Ilustrasi. Cara Membuat Teh Kayu Manis untuk Membantu Menurunkan Gula Darah, Simpel Banget! | Foto: Pixabay/Pexels
Nasional18 April 2024, 15:52 WIB

Membangun Bisnis Sehat dengan Konten Berkualitas, 7 Tahun AMSI

Setiap tahun, AMSI selalu mengadakan Indonesian Digital Conference, sebuah ajang diskusi tentang teknologi digital terbaru dan dampaknya pada industri media.
AMSI sudah berdiri di hampir semua wilayah di Indonesia dengan anggota lebih dari 400 media online. (Sumber: istimewa)