Menu

18 Mar 2020, 21:45 WIB

Hoaks Positif Corona, Anggota DPRD Sukabumi Ajak Masyarakat Bijak Gunakan Medsos

Ilustrasi Hoax. | Sumber Foto:Shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, M. Sodikin, menyayangkan adanya penyebaran berita bohong atau hoaks. Salah satunya kabar buruh PT Longvin di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, terpapar virus Corona setelah berinteraksi dengan pemimpin perusahaan yang berwarganegara Korea. 

BACA JUGA: Viral Buruh di Sukabumi Idap Corona, PT Longvin Parungkuda: Itu Hoaks

Kabar berbentuk screenshoot atau tangkapan layar beredar di grup-grup WhatsApp, pada Selasa (17/3/2020). Screenshoot itu menunjukan dua orang saling mengomentari penyebaran Corona di pabrik-pabrik garmen di Kabupaten Sukabumi. Salah satunya disebutkan pabrik milik perusahaan PT Longvin.

Untuk itu, dirinya meminta masyarakat secara bersama-sama memiliki kesadaran dalam menjaga kondusifitas di lapangan.  "Dengan menguatkan literasi dan tidak menyebar informasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya," ungkapnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (18/3/2020).

"Informasi terkait dengan COVID-19 harus dari sumber informasi resmi pemerintah Kabupaten Sukabumi. Apalagi kini sudah ada satgas atau crisis centre yang menanganinya," jelasnya.

BACA JUGA: Antisipasi Lonjakan PDP Covid-19, RSUD Sekarwangi Sukabumi Jadi Rujukan Regional

Ia kembali menegaskan, semua element juga harus mengedepankan terciptanya ketertiban umum dalam menyebarkan informasi terkait wabah virus yang sedang viral saat ini. Pasalnya tidak hanya di Kabupaten Sukabumi.

"Masyarakat harus bijak dalam menggunakan media sosial, karena kalau tidak teliti dan dengan sengaja menyebarkan informasi yang merugikan kepentingan umum bisa menjadi persoalan hukum," pungkasnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ada kalanya Anda kehabisan ide pembicaraan saat bersama pasangan. Padahal ada banyak topik pembicaraan yang bisa mendekatkan hubungan dengan pasangan. Dilansir dari tempo.co, cara mencari topik pembicaraan...

SUKABUMIUPDATE.com - Warga negara asing asal Rusia bernama Maksim Markelov (24) diduga membuat keonaran dan dianggap meresahkan masyarakat di Kawasan Pererenan, Mengwi, Badung, Bali. "Iya, jadi Tim Pengawasan Orang Asing...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua Ombudsman Lely Pelitasari Soebekty mengatakan ada indikasi komersialisasi penggunaan alat rapid test Covid-19. “Karena bisa jadi ini hukum ekonomi bekerja,” kata Lely dalam diskusi Perspektif...

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu resep tertua dari makanan manusia berupa adonan yang terdiri dari air dan tepung. Perpaduan dua bahan itu menciptakan rupa yang tak menggugah selera sama sekali:...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya