Helikopter From Cibubuay Sukabumi Harus Terbang! Bantu Jujun Sempurnakan JN77GM

Rabu 20 November 2019, 14:16 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Uji terbang helikopter rakitan Jujun Junaedi warga Kampung Cibubuay,
Desa Darmareja Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi dipastikan ditunda. Pria lulusan STM (sekarang SMK) ikut saran tim ahli LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) untuk menyempurnakan faktor teknis dan keamanan termasuk prosedur keselamatan penerbangan dari Gardes JN77GM, nama dari helikopter rakitannya.

Kreatifitas dan keterbukaan Jujun akan saran dan informasi dari ahli penerbangan ini diapresiasi oleh members grup media sosial INFO MILITER INDONESIA. Dalam postingannya dituliskan…

Members.....Tim dari LAPAN diketuai Teuku Mohd Ichwanul Hakim yang merupakan peneliti PUSAT TEKNOLOGI PENERBANGAN Lapan pada Selasa ( 19/11/2019 ) mendatangi kediaman Jujun Junaedi di Sukabumi untuk memeriksa kondisi helikopter buatan nya, usai memeriksa helikopter tersebut dinyatakan bahwa karya Jujun belum siap untuk uji apapun dan masih membutuhkan banyak penyempurnaan, penyempurnaan ada pada masalah teknis yang tentu berkaitan dengan keamanan pilot maupun umum, masalah teknis seperti kekuatan mesinnya, dimana Jujun menggunakan Genset dengan kekuatan 24 tenaga kuda, namun dengan kekuatan tersebut tidak cukup kuat menerbangkan helikopter dengan 1 orang pilot, untuk dapat terbang membutuhkan minimal mesin 70 tenaga kuda, dengan kekuatan mesin yang memadai akan diperoleh kestabilan daya angkat rotor utama dengan rotor pada ekor helikopter, kedatangan Tim LAPAN untuk mengapresiasi serta memberi masukan Ilmu pengetahuan penerbangan kepada sang pembuat heli sehingga mendapat sambutan positif dari Jujun Junaedi, nanti saat heli sudah layak diterbangkan maka harus melalui aturan panduan Keselamatan Penerbangan agar demi keselamatan bersama, mari beri apresiasi karya cipta anak bangsa untuk kemajuan NKRI.

Jujun memang masih sangat bersemangat mewujudkan mimpinya menerbangkan Gardes JN77GM. Saran dari tim ahli LAPAN bagi Jujun adalah tambahan motivasi agar dia lebih menyempurnakan helikopter yang sudah dirakit selama lebih satu tahun dengan biaya tidak kurang dari Rp 30 juta rupiah ini.

Jujun saat ini tengah memikirkan faktor baling-baling yang menurut LAPAN harus diperbaiki. Mempertimbangkan kekuatan struktur baling-baling utama dan ekor, karena kedua baling-baling tersebut itu untuk menstabilkan posisi helikopter sehingga perlu diuji darat sebelum uji terbang.

Ia pun tidak pernah menutup pintu bagi siapun yang ingin ikut menyempurnakan helikopter rakitannya itu. “Saya siap menerima bantuan apapun, baik sumbang saran atau piranti untuk menyempurnakan Gardes JN77GM. KArena impian untuk menerbangkannya harus diwujudkan. Saya sudah banyak dapat ilmu dari tim ahli LAPAN, semuanya insyaallah saya kerjakan,” jelas Jujun kepada sukabumiupdate.com usai menerima kunjungan tim LAPAN, Selasa kemarin (19/11/2019).

BACA JUGA: Menristek Tanggapi Helikopter Rakitan Jujun, Habibie From Cibubuay Sukabumi

Salah satu pekerjaan rumah yang menurut Jujun sudah ditemukan solusinya adalah kekuatan mesin yang akan menggerakan baling-baling. Seharusnya mesin yang nantinya menggerakkan helikopter ini memiliki tenaga di atas 50 HP (Horse Power), sementara mesin pada helikopter rakitannya itu hanya mampu mengeluarkan 24 HP.

Jujun tak abis akal, Habibie asal Cibubuay itu akan memanipulasi RPM mesin tersebut demi memenuhi kebutuhan HP. Karena RPM pada mesin genset 700 cc itu cukup mumpuni.

BACA JUGA: Belum Layak Uji Terbang, LAPAN Minta Jujun Perakit Helikopter Asal Sukabumi Sempurnakan Ini

"Yang kita butuhkan untuk mengangkat Helikopter 1.300 RPM, sedangkan total RPM pada mesin 3.600. Jadi kita masih mempunyai harapan, dengan memanipulasi RPM mesin itu yang disesuaikan dengan kebutuhan mengangkat helikopter saja. Sisanya RPM itu dirubah menjadi HP," tandasnya.

Jujun juga butuh bantuan untuk mencari area yang lebih luas jika nanti helikopter ini sudah ujicoba darat sebelum diterbangkan, karena awalnya ia merasa cukup dikebun milik keluarganya di bawah pemukiman yang luasnya tidak lebih dari lapangan voli. Ini syarat faktor keamanan sehingga helikopter ini bisa diuji terbang.

BACA JUGA: Analisis Ahli Penerbangan Soal Helikopter Rakitan Jujun, Habibie From Cibubuay Sukabumi

"Saya akan tetap mencoba dengan kondisi yang begitu aman dan sesuai aturan. Dengan mencoba di lapangan luas yang tidak membahayakan orang lain. Atau mengikat Helikopter ini agar tidak liar kemana-mana ketika diterbangkan ada masalah," ujar Jujun saat diwawancarai di halaman rumahnya.

Jauh lebih penting, Jujun butuh bantuan kordinasi karena faktor keamanan ini harus dikonsultasikan ke kementrian perhubungan karena terkait aturan keselamatan penerbangan. Ini adalah saran lainnya dari tim ahli LAPAN untuk Jujun yang memimpikan Gardes JN77GM mengangkasa bak garuda, menghindari macetnya jalur utara Sukabumi.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 19:25 WIB

Gelar Perundingan Kebonpedes, Kader PDIP Minta Yudi Suryadikrama Maju Pilkada Sukabumi

Sejumlah kader PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi menggelar pertemuan dalam rangka menyikapi pemilihan bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
Kader PDI Perjuangan menggelar Perundingan Kebonpedes, Jumat (19/4/2024) | Foto : Syams
Sukabumi19 April 2024, 19:15 WIB

SDN Sundawenang Sukabumi Dibobol Maling, Pelaku Gondol Proyektor dan Gitar

Berikut kronologi kejadian SDN Sundawenang Parungkuda Sukabumi dibobol maling. Pelaku sempat kepergok dan dikejar penjaga sekolah.
SDN Sundawenang Parungkuda dibobol maling, Jumat (19/4/2024). (Sumber : Istimewa)