Menu

Rabu, 03 April 2019, 07:50 WIB

Warga Bojonggenteng Sukabumi Sulap Sampah Plastik jadi Paving Block

Warga Kampung Tapos RT 25/05 Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi saat mengolah sampah plastik menjadi paving block. | Sumber Foto:Rawin Soedaryanto

SUKABUMIUPDATE.com - Berbekal kreatifitas, warga Kampung Tapos RT 25/05 Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi menyulap sampah plastik menjadi paving block. Sampah plastik kebanyakan diperoleh dari limbah rumah tangga yang didaur ulang.

BACA JUGA: Video: Keren! Toilet Sampah Hasil Swadaya Warga Cicurug

Warga setempat sekaligus inisiator, Riyan Supriandi menjelaskan, sampah plastik berasal dari sisa limbah rumah tangga yang dikumpulkan di Bank Sampah. Sebelum diolah menjadi paving block, sampah plastik terlebih dahulu disortir di Bank Sampah tersebut, agar dipisah dengan sampah organik.

"Sampah yang berasal dari rumah seperti plastik kita bakar dan cetak menjadi paving block. Cetak menggunakan cetakan press dari besi, seperti proses tambal ban motor," ujar Riyan kepada sukabumiupdate.com, Selasa (2/4/2019).

BACA JUGA: Ini Solusi, Toilet Sampah ala Zis Kom Al - Istiqomah Cicurug Sukabumi

Untuk sampah organik, lanjut Riyan, juga ditampung. Sampah organik kemudian dijadikan pupuk. Pola tersebut salah satu cara untuk mengatasi persoalan sampah, sehingga lingkungan sekitar warga menjadi bersih.

"Paling sekarang keinginan kami cuma satu, ingin memiliki mesin press. Belum tercapai karena keterbatasan biaya, sehingga selama delapan bulan proses pembuatan paving block masih pakai alat manual. Kami harap ada yang bersedia membantu," tandasnya.

Reporter : RAWIN SOEDARYANTO
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Aliansi global perusahaan pembuat plastik dan perusahaan barang konsumen akan memprioritaskan sebagian besar dana siaga US$1 miliar atau sekitar Rp14 triliun untuk mengendalikan sampah plastik di kawasan...

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia menduduki peringkat keempat dalam menyumbang sampah plastik terbanyak di dunia. Padahal, seperti yang sering digaungkan, plastik adalah salah satu jenis material yang paling sulit terurai sehingga...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya