Menu

Rabu, 14 Agustus 2019, 18:37 WIB

Informasi Publik Satu Pintu, Kabupaten Sukabumi Garap Aplikasi Bimasakti

Tampilan desain home pada aplikasi bimasakti milik Pemerintah Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam waktu dekat akan meluncurkan aplikasi berbasis android tentang informasi publik seluruh layanan pemerintah daerah. Aplikasi ini bernama Bimasakti, singkatan dari Bank Informasi Masyarakat Sukabumi Aktual Terintegrasi yang dapat didownload secara gratis oleh warganet dari google playstore.

Hal ini disampaikan Bupati Sukabumi Marwan Hamami dalam expose dan konsultasi layanan informasi publik berbasis android terintegrasi yang diinisiasi Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian di Pendopo Sukabumi, Rabu (14/8/2019). Marwan menegaskan sistem layanan informasi publik satu pintu menjadi sangat urgen, karena mudah di akses serta mampu menjawab keluhan dan aspirasi masyarakat.

BACA JUGA: LPPL Citra Lestari 98.00 FM Kabupaten Sukabumi Kembali On Air!

“Aplikasi ini sesuai dengan tuntuan jaman apalagi kedepan kebijakan pemerintah akan mengimplementasikan konsep Smart City, untuk itu silahkan program yang mudah di akses ini untuk dimanfaatkan oleh masyarakat,”  tambah Marwan.

Bupati menegaskan aplikasi didukung oleh semua perangkat daerah demi terciptanya sistem layanan informasi publik yang mudah diakses. “Mudah mudahan aplikasi ini mendukung keterbukaan kebutuhan masyarakat atas informasi. Terutama layanan informasi yang sering diakses oleh masyarakat seperti kesehatan dan pekerjaan umum dan tak menutup kemungkinan kedepan juga termasuk layanan kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala Disominfosan Achmad Riyadi, mempresentasikan aplikasi satu pintu terintegrasi ini kepada seluruh kepada dinas dan instansi yang hadir. Hadir pada kesempatan tersebut Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala BKPSDM, Kepala DPMD, Kasat Pol PP, Direktur RSUD Sekarwangi, Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan, Sekretaris Bappeda, Kabag HPA, Kabag KPI serta lainnya.

BACA JUGA: Sekda Iyos Apresiasi Program Satu Data Satu Informasi Diskominfosan Kabupaten Sukabumi

Kepala Bidang IKP Diskominfosan Herdy Somantri memaparkan aplikasi Bimasakti adalah aplikasi dengan sistem Hybrid dengan mengintegrasikan semua sistem aplikasi yang telah yang telah ada sebelumnya. “Ini adalah rumah aplikasi yang menampung semau aplikasi yang ada di Kabupaten Sukabumi. Aplikasi ini merupakan sistem mudah diakses masyarakat (user friendly),” jelasnya.

Pelayanan publik yang bisa diakses melalui aplikasi ini seperti SPPT online, KTP online, Hukum (JDIH), LPSE, Halo praja, PPID, ajuan atau usulan warga, pelayanan kartu kuning, pelayanan perizinan, BPJS Kesehatan, BPJS ketenagakerjaan, amdal, sohib, pajak kendaraan, layanan darurat seperti rumah sakit, kebakaran dan BPBD. “Untuk administrasi pemerintah akan ada sielok, simpeg, siap, simencrang, dan banyak lagi yang lainya yang akan kita integrasikan dalam aplikasi bimasakti,” pungkasnya.

Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
Sumber : DISKOMINFOSAN KABUPATEN SUKABUMI/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

  SUKABUMIUPDATE.com -  Para pengguna Android kini tak perlu repot dan merogoh kocek lebih untuk pergi ke gym atau pusat kebugaran berkat adanya aplikasi. Hanya berbekal smartphone, pengguna pun tidak...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya