Menu

28 Mar 2019, 05:50 WIB

Sekda Iyos Apresiasi Program Satu Data Satu Informasi Diskominfosan Kabupaten Sukabumi

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri (tengah) bersalaman usai membuka rapat koordinasi Program Satu Data Satu Informasi Diskominfosan Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

 

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat koordinasi identifikasi kebutuhan data statistik sektoral perangkat daerah dan desa di aula Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Rabu (27/3/2019). Rapat tersebut membahas program Satu Data Satu Informasi yang akan diterapkan di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Sekda Iyos Beberkan Dampak Pengembangan Wisata di Sukabumi

Kepala Bidang Persandian Keamanan Informasi dan Statistik Diskominfosan Kabupaten Sukabumi, Irwan Fajar menjelaskan, rapat tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari, 26-28 Maret 2019.

"Di hari pertama, sebanyak 100 melibatkan peserta yang terdiri dari para Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Program serta Pengelola Persandian dari 37 perangkat daerah, termasuk rumah sakit kita undang," papar Irwan.

"Hari kedua kami melibatkan peserta para Kepala Sub Bagian Program dan Pengelola Persandian Kecamatan sebanyak 100 orang. Besok para Sekretaris Desa dan Sekretaris Kelurahan sebanyak 100 kita hadirkan juga," imbuhnya.

BACA JUGA: Sekda Kabupaten Sukabumi: Camat Harus Menjaga Netralitas Pemilu 2019

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Diskominfosan Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri menilai, arus globalisasi teknologi mengarahkan masyarakat akan hausnya kebutuhan informasi. Hal itu pula yang dinilai penting untuk menjembatani kebutuhan informasi tersebut.

"Hari ini kebutuhan informasi masyarakat cukup tinggi, sehingga kami hadir untuk menjembatani komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah serta sebaliknya. Jika komunikasi ini terjalin dengan baik dan harmonis, maka pembangunan akan berjalan selaras dengan harapan dan keinginan masyarakat," ungkapnya.

BACA JUGA: Penyusunan RKPD, Sekda Kabupaten Sukabumi Tekankan Pentingnya Sinkronisasi

Pria yang akrab disapa Bima itu juga meminta supaya peran Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Pembantu  dapat ditingkatkan secara maksimal, sehingga data yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa cepat tersampaikan dengan baik.

"Kita wajib memberikan pelayanan terbaik dengan mudah, murah dan cepat sebagai konsekuensi dari pakta integritas yang telah ditandatangani," pungkasnya.

BACA JUGA: Catatan Penting Sekda Kabupaten Sukabumi, Soal Rakornas Korpri yang Dihadiri Jokowi

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri yang hadir dan membuka acara tersebut menyampaikan, lahirnya Diskominfosan sebagai public relation untuk Pemkab Sukabumi merupakan pelayan dalam bidang informasi.

"Kominfo menjembatani informasi yang menghubungkan urusan informasi publik, sehingga semua informasi harus terpusat di Kominfo," kata Iyos.

BACA JUGA: Pengangkatan PTT Kesehatan, Sekda: Kabupaten Sukabumi Baru Kebagian 10 CPNS Bidan

Masih kata Iyos, informasi global di Kabupaten Sukabumi menjadi kewenangan kominfo untuk menginformasikan berbagai kegiatan kepada seluruh masyarakat. Ia berharap, setiap PNS atau ASN dapat menerapkan sikap profesional dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

"Kita ingin data yang sama, artinya ketika pemerintah daerah harus hadir di tengah masyarakat maka sumbernya ada di Diskominfosan, dan datanya di suplai dari perangkat daerah, ketika masyarakat butuh informasi," ujarnya.

BACA JUGA: Sekda Kabupaten Sukabumi Bahas PPPK dengan Kemenpan RB

"PNS atau ASN hari ini bukan hanya memiliki arti Pegawai Negeri Sipil saja. Ada arti lain, yaitu Profesional, Netral, Sejahtera. PNS dituntut bisa mengkolaborasikan lima unsur kekuatan pembangunan yang di kenal dengan konsep pentahelix, dimana semua unsur dilibatkan dalam pembangunan yang disingkat dengan ABGCM atau Akademisi, Bisnis, Pemerintah, Komunitas dan Media," pungkas Iyos.

Reporter : FARRAH AM/ ADV
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Polda DIY telah memeriksa 13 orang yang dianggap mengetahui tragedi susur sungai SMP 1 Turi di Sungai Sempor, Sleman. Dari pemeriksaan tersebut, polisi telah menetapkan satu orang...

SUKABUMIUPDATE.com - Masih banyak misteri tersimpan di laut dalam, termasuk dengan para penghuninya. Paling baru, peneliti dibuat kaget dengan penemuan cumi-cumi raksasa dan hiu bercahaya. Para peneliti yang tergabung dalam...

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi mengeluhkan listrik yang sering kali padam. Dalam sehari, bisa terjadi tiga kali padam. Sekali padam bisa sampai satu jam.  Menurut warga Kampung...

SUKABUMIUPDATE.com -  Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta menetapkan satu orang Pembina Pramuka sekaligus guru di SMPN 1 Turi Sleman dengan inisial IYA sebagai tersangka kasus susur sungai. Status tersangka itu ditetapkan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya