Perempuan Sukabumi Lainnya di Ajang Sepakbola Nasional, Ria Ristiani Perkuat Timnas Indonesia

Rabu 16 Oktober 2019, 11:24 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Lagi, dunia sepak bola Sukabumi harus berbangga hati dengan pencapaian Ria Ristiani (22 tahun). Perempuan asal Kampung Sukamantri RT 05/08 Desa Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi ini berhasil masuk skuat timnas Indonesia putri senior.

BACA JUGA: Gabung Persib Putri, Inka Pesepakbola Asal Warungkiara Sukabumi Nomor Punggung 15

"Tahun kemarin digelar pertandingan Pertiwi Cup di Sawangan. Saya mewakili Jawa Barat beserta rekan-rekan. Dari kompetisi itu, beberapa pemain dari setiap provinsi dipanggil untuk mengikuti seleksi nasional di Sidoarjo. Alhamdulillah saya dan rekan dari Jawa Barat dipanggil," ucap Ria kepada sukabumiupdate.com, Rabu (16/10/2019).

Bersama timnas Indonesia putri senior, Ria sempat mengikuti kejuaran Piala AFF di Thailand pada Agustus 2019 lalu. Pemain bernomor punggung 16 ini berposisi sebagai sayap kanan/kiri dan full back kiri. Ria juga rencananya akan mengikuti Sea Games mendatang di Filipina.

BACA JUGA: Inka, Pesepakbola Putri Asal Warungkiara Sukabumi Pemain Terbaik AIA Thailand 2019

"Kemarin TC di Sawangan untuk persiapan Sea Games. Kalau tanggal pelaksanaannya sih belum tahu kapan, katanya bulan November nanti masuk TC lagi. Dulu pas seleksi nasional di Sidoarjo dari tanggal 20 Juni hingga 4 Agustus, ada 38 pemain yang dipanggil, dari 12 provinsi yang ikut serta dalam pertandingan Pertiwi Cup. Yang masuk skuat timnas hanya 22 pemain," papar Ria.

Ria Ristiani (bawah, tengah), perempuan asal Kampung Sukamantri RT 05/08 Desa Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi yang berhasil masuk skuat timnas Indonesia putri senior. | Sumber Foto: Istimewa

Selain di timnas, Ria juga direkrut tim Persib Bandung putri untuk bermain di Liga 1. Masuknya Ria ke tim Persib dikarenakan ada tawaran langsung dari Head Coach tim Persib putri, Iwan Bastian. Di Persib, Ria menggunakan nomor punggung 12.

"Kalau awal saya masuk Persib itu ditawarin sama pelatihnya coach Iwan. Katanya Ria mau enggak nanti main Liga 1 di Persib. Kalau saya sih ya enggak nolak, pasti mau aja. Ya udah saya terima aja tawaran dari coach Iwan, soalnya kan impian banget bisa jadi salah satu bagian skuat Persib. Tapi saya belum gabung dengan rekan-rekan karena saya sedang pemulihan cidera lutut. Dan memang kalau enggak salah untuk Persib putri ada seleksi kan. Cuma saya enggak datang karena ada panggilan negara TC Timnas Indonesia putri untuk persiapan AFF di Thailand itu," jelas Ria.

BACA JUGA: Dorong Semangat Perempuan Sukabumi Dalam Sepak Bola

Ternyata di Persib, Ria akrab dengan Inka Susilawati, pesepakbola perempuan asal Kampung Ciawitali RT 05/03 Desa Damarraja, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi. Bahkan persahabatan Ria dan Inka sudah terjalin sejak dari klub yang sama, yaitu LFC Kabupaten Sukabumi.

"Iya Inka teman seperjuangan saya. Kami dari klub yang sama juga LFC Kabupaten Sukabumi. Kalau untuk sepak bola tahun 2014 saya ikut tim DKI Jakarta dalam rangka piala Pertiwi Cup, sebab waktu itu disuruh ikut seleksi oleh coach Faizal karena DKI lagi butuhin pemain," tambahnya.

Ria Ristiani merupakan anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Asep dan Rina. Kecintaannya terhadap sepak bola telah ia mulai sejak kecil. "Karena memang kedua orang tua juga suka sepak bola. Bahkan, orang tua dulunya adalah pemain gacor antar kampung, jadi menurun ke anaknya," pungkas Ria.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:08 WIB

Anggaran Pilkada Kota Sukabumi Capai Rp25 Miliar

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan anggaran sebesar Rp25 miliar itu muncul setelah melalui proses perampingan anggaran.
Ketua KPU Kota Sukabumi saat diwawancarai pada Selasa (23/4/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life24 April 2024, 11:01 WIB

Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

Memukul sering dilakukan oleh banyak orang tua, karena menurut mereka hal ini efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini memiliki efek negatif jangka panjang pada diri anak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa memukul. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 11:00 WIB

Melihat Dirimu Apa Adanya, 10 Ciri Si Dia Ternyata adalah Jodoh Sejatimu

Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama.
Ilustrasi - Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sukabumi24 April 2024, 10:52 WIB

Selamat! 66 Siswa Dapat Beasiswa Wali Kota Sukabumi di Universitas Nusa Putra

Calon mahasiswa peraih beasiswa ini merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta.
Pemerintah Kota Sukabumi bekerja sama dengan Universitas Nusa Putra memberikan beasiswa kepada 66 siswa. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)
Sukabumi24 April 2024, 10:22 WIB

Isi BBM Lalu Muncul Api, Kronologi Kebakaran Angkot di SPBU Gedongpanjang Sukabumi

Mulyana kemudian melihat api dan tak lama api langsung menyambar celananya.
Tangkapan layar video kebakaran angkot di SPBU Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Rabu (24/4/2024). | Foto: Istimewa/Facebook Dedi Suhendra
Life24 April 2024, 10:00 WIB

Menghindari Kontak Mata! 5 Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Berbohong

Bahasa tubuh orang yang berbohong terkadang akan menghindari tatapan Mata.
Ilustrasi. Bahasa Tubuh Orang yang Berbohong, Menghindari Tatapan Mata. Sumber: Freepik/freepik.
Sukabumi24 April 2024, 09:50 WIB

Awas Longsor Susulan, Dampak Tebing 20 Meter Runtuh di Curug Cimarinjung Sukabumi

Sementara ini objek wisata Curug Cimarinjung tetap dibuka seperti biasa.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung di Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, ketika diperiksa pada Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa