Mengenal Saeful Rahman, Atlet Bola Tangan Asal Surade Sukabumi di SEA Games 2019

Sabtu 30 November 2019, 02:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 841 atlet Indonesia berlaga di ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara SEA Games 2019 Filipina. Dari deretan atlet-atlet hebat itu, terdapat nama Saeful Rahman, pemuda asal Kampung Lodaya RT 009/003, Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Bungsu dari lima bersaudara anak pasangan suami istri Yayat (69 tahun) dan Yuyum (59 tahun) ini merupakan atlet bola tangan Indonesia.

BACA JUGA: Atlet-atlet Hebat Asal Sukabumi Ikut Bela Merah Putih di SEA Games 2019

Atlet berusia 24 tahun ini merupakan lulusan SDN 3 Surade yang melanjutkan pendidikannya di MTsN Pasiripis Surade. Setelah lulus MTs, Saeful masuk MAN 3 Sukabumi dan melanjutkan kuliahnya di STKIP Pasundan Bandung.

Sederetan prestasi telah ditorehkan Saeful Rahman dari olahraga bola tangan yaitu meraih medali perak pada kejurnas junior U-19 antar provinsi pada tahun 2015 di Semarang. Lalu peringkat ketiga piala rektor Unesa antar universitas pada tahun 2016. Dilanjutkan, juara kedua kejuaraan handball antar universitas di Bogor 2016. Lalu Kejuaraan Jawa Barat antar universitas dan klub dari tahun 2015 hingga 2017 di Bandung, dari pertandingan ini diperoleh medali perak.

BACA JUGA: Ayu Atlet Floorball Putri Indonesia di SEA Games 2019, Si Cantik Asal Kabandungan Sukabumi

Saeful kini masih berada di Semarang untuk Training Center (TC). "Saat ini sedang menjalani Training Center (TC) di Jatidiri Semarang, rencana tim bola tangan Indonesia berangkat pada tanggal (5/12/2019)," ujar Saeful Rahman, kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (30/11/2019).

Saeful mengungkapkan, bergabung dalam tim nasional dan berlaga dalam event olahraga internasional merupakan impian selama ini. Menurut dia, bisa tampil pada SEA Games 2019 merupakan hasil dari kerja keras dan tekun berlatih sejak berada di bangku kuliah.

BACA JUGA: Atlet Asal Kabupaten Sukabumi Sumbang Emas Pertama di SEA Games 2017

"Tentunya merasa bangga antara percaya dan tidak percaya saat dipanggil kembali masuk Pelatnas, Alhamdulilah diberi kepercayaan untuk membela tim nasional," ujar Saeful yang berkeinginan membentuk Pengcab Bola Tangan di Kabupaten Sukabumi.

Saeful mengatakan siapapun yang punya mimpi dan bercita-cita menjadi atlet harus selalu optimis dan tidak mudah menyerah. "Nikmati setiap prosesnya, Insa Allah hasilnya tidak akan ingkar. Kami minta doa restu untuk semua masyarakat Pajampangan, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat dan seluruh Indonesia untuk atlet yang berjuang di SEA Games," pungkasnya.

BACA JUGA: Dua Atlet Berlaga di Asian Games 2018, Pemkab Sukabumi Siapkan Hadiah Uang Tunai

Sementara itu, saudara sepupu Saeful, Hambali (24 tahun), mengatakan Saeful merupakan sosok yang mudah bergaul. Sikapnya tenang tapi tekun dan gigih saat meraih cita-citanya.

Menurut dia, adanya atlet asal Pajampangan yang tampil di SEA Games merupakan suatu kebanggan. Hambali berharap, kontingen Indonesia khususnya dari cabang olah raga bola tangan bisa meraih hasil yang membanggakan.

"Tentunya juga doa dari kedua orang tuanya dan para guru serta rekan-rekannya yang selalu mendukung, kita doa kan saja, semoga dia bisa mengharumkan nama daerah dan tentunya Indonesia," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin