Menu

30 Nov 2019, 09:30 WIB

Mengenal Saeful Rahman, Atlet Bola Tangan Asal Surade Sukabumi di SEA Games 2019

Saeful Rahman, pemuda Kampung Lodaya RT 009/003, Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Saeful adalah atlet bola tangan yang tanding di SEA Games 2019. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 841 atlet Indonesia berlaga di ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara SEA Games 2019 Filipina. Dari deretan atlet-atlet hebat itu, terdapat nama Saeful Rahman, pemuda asal Kampung Lodaya RT 009/003, Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Bungsu dari lima bersaudara anak pasangan suami istri Yayat (69 tahun) dan Yuyum (59 tahun) ini merupakan atlet bola tangan Indonesia.

BACA JUGA: Atlet-atlet Hebat Asal Sukabumi Ikut Bela Merah Putih di SEA Games 2019

Atlet berusia 24 tahun ini merupakan lulusan SDN 3 Surade yang melanjutkan pendidikannya di MTsN Pasiripis Surade. Setelah lulus MTs, Saeful masuk MAN 3 Sukabumi dan melanjutkan kuliahnya di STKIP Pasundan Bandung.

Sederetan prestasi telah ditorehkan Saeful Rahman dari olahraga bola tangan yaitu meraih medali perak pada kejurnas junior U-19 antar provinsi pada tahun 2015 di Semarang. Lalu peringkat ketiga piala rektor Unesa antar universitas pada tahun 2016. Dilanjutkan, juara kedua kejuaraan handball antar universitas di Bogor 2016. Lalu Kejuaraan Jawa Barat antar universitas dan klub dari tahun 2015 hingga 2017 di Bandung, dari pertandingan ini diperoleh medali perak.

BACA JUGA: Ayu Atlet Floorball Putri Indonesia di SEA Games 2019, Si Cantik Asal Kabandungan Sukabumi

Saeful kini masih berada di Semarang untuk Training Center (TC). "Saat ini sedang menjalani Training Center (TC) di Jatidiri Semarang, rencana tim bola tangan Indonesia berangkat pada tanggal (5/12/2019)," ujar Saeful Rahman, kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (30/11/2019).

Saeful mengungkapkan, bergabung dalam tim nasional dan berlaga dalam event olahraga internasional merupakan impian selama ini. Menurut dia, bisa tampil pada SEA Games 2019 merupakan hasil dari kerja keras dan tekun berlatih sejak berada di bangku kuliah.

BACA JUGA: Atlet Asal Kabupaten Sukabumi Sumbang Emas Pertama di SEA Games 2017

"Tentunya merasa bangga antara percaya dan tidak percaya saat dipanggil kembali masuk Pelatnas, Alhamdulilah diberi kepercayaan untuk membela tim nasional," ujar Saeful yang berkeinginan membentuk Pengcab Bola Tangan di Kabupaten Sukabumi.

Saeful mengatakan siapapun yang punya mimpi dan bercita-cita menjadi atlet harus selalu optimis dan tidak mudah menyerah. "Nikmati setiap prosesnya, Insa Allah hasilnya tidak akan ingkar. Kami minta doa restu untuk semua masyarakat Pajampangan, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat dan seluruh Indonesia untuk atlet yang berjuang di SEA Games," pungkasnya.

BACA JUGA: Dua Atlet Berlaga di Asian Games 2018, Pemkab Sukabumi Siapkan Hadiah Uang Tunai

Sementara itu, saudara sepupu Saeful, Hambali (24 tahun), mengatakan Saeful merupakan sosok yang mudah bergaul. Sikapnya tenang tapi tekun dan gigih saat meraih cita-citanya.

Menurut dia, adanya atlet asal Pajampangan yang tampil di SEA Games merupakan suatu kebanggan. Hambali berharap, kontingen Indonesia khususnya dari cabang olah raga bola tangan bisa meraih hasil yang membanggakan.

"Tentunya juga doa dari kedua orang tuanya dan para guru serta rekan-rekannya yang selalu mendukung, kita doa kan saja, semoga dia bisa mengharumkan nama daerah dan tentunya Indonesia," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Erick menjelaskan bantuan kali ini akan berfokus kepada 13,8 juta pekerja non PNS dan BUMN yang aktif terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran di bawah Rp 150.000...

SUKABUMIUPDATE.com – Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Ciracap Kabupaten Sukabumi akan ditutup sementara selama penerapan protokol kesehatan covid-19. Hal ini dilakukan setelah tiga pegawai BRI Ciracap terkonfirmasi positif...

SUKABUMIUPDATE.com - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan penambahan kasus konfirmasi positif sebanyak 1.882 orang pada Kamis, 6 Agustus 2020. Dilansir dari tempo.co, dengan penambahan itu, angka kumulatif pasien positif...

SUKABUMIKUPDATE.com - Universitas Nusa Putra (NPU) membebaskan biaya kuliah selama satu semester kepada 400 orang mahasiswa-mahasiswi terdampak pandemi Covid-19 atau virus Corona. Hal itu sebagai salah satu upaya dalam...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya