Menu

19 Mei 2019, 21:50 WIB

Tim Arung Jeram Putri Asal Cikidang Sukabumi Sabet Gelar Juara Dunia

Tim arung jeram Indonesia putri U-23 di podium juara Kejuaraan Dunia Arung Jeram atau World Rafting Champions 2019 Australia, Minggu (17/5/2019) saat mendapat gelar juara umum atau juara dunia. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sejarah baru ditorehkan Tim Arung Jeram Indonesia putri U-23 (Junior Women) di kejuaraan dunia arung jeram atau World Rafting Championships (WRC) 2019 di Tully River, Queensland, Australia.

Tujuh remaja putri asal Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, yaitu Selawati Solihin, Andara Rizma, Lista Natasya Peniawat, Nita Karlina, Siwi Widiastuti, Siti Nurranti dan Dhika Aulia Qotrunnada mencatatkan namanya sebagai atlet arung jeram yang patut diperhitungkan di kancah dunia.

BACA JUGA: Keren! Tim Putri Asal Cikidang Sukabumi Kembali Raih Emas di Kejuraan Dunia Arung Jeram

Dalam ajang bergengsi dua tahunan itu, Tim Arung Jeram Indonesia Putri berhasil mendulang dua medali emas, satu perak dan satu perunggu. Mereka berlaga sejak Kamis (16/5/2019) hingga Minggu (19/5/2019). Rencananya, seluruh kontingen akan kembali ke Indonesia pada tanggal 22 Mei 2019 mendatang.

Pelatih Tim Arung Jeram Putri, Aceng Supendi memaparkan, dua medali emas ditorehkan dari nomor kategori sprint dan slalom. Satu medali perak didapat dari nomor kategori head to head. Terakhir, satu medali perunggu diraih dari nomor kategori Down River Race (DRR).

BACA JUGA: Hari Pertama Kejuraan Dunia Arung Jeram, Tim Atlet Putri Asal Cikidang Sukabumi Raih Emas dan Perak

"Lawannya tidak main-main, dari New Zealand, Great Britain atau Britania Raya, Jepang dan tuan rumah Australia. Alhamdulillah kita berhasil menorehkan sejarah. Secara keseluruhan kita unggul," kata Aceng saat dihubungi sukabumiupdate.com, Minggu (19/5/2019) malam melalui sambungan telepon seluler.

Informasi yang dihimpun, dari empat nomor katergori pertandingan, Tim Arung Jeram Indonesia putri U-23 meraih posisi tertinggi dengan total poin 943. Di posisi kedua ada New Zealand dengan raihan poin 907. Posisi ketiga Australia U-19 dengna poin 863. Disusul Britania Raya dengan raihan poin 849, dan di posisi terakhir ada Jepang dengan poin 829.

BACA JUGA: Atlet Timnas Putri Asal Cikidang Sukabumi Tanding di Kejuaraan Dunia Arung Jeram Australia

Pelatih kepala sekaligus ketua kontingen, Nanang Suryana berharap, torehan prestasi membanggakan ini bisa menyorot perhatian semua pihak, terutama pemerintah, bahwa Tim Arung Jeram Indonesia telah turut mengharumkan nama Indonesia. Lebih-lebih nama Sukabumi di kancah nasional.

"Harapan kami semoga bisa lebih diperhatikan oleh pemerintah, maupun pihak lainnya. Kemarin saja waktu mau berangkat, kami hampir tidak jadi, pontang-panting cari dana. Tapi alhamdulillah akhrinya tetap bisa berangkat," tandasnya.

Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Hubungan bisnis antara Medina Zein dan Irwansyah memburuk hampir setahun belakangan. Konflik mencuat saat Medina Zein melaporkan Irwansyah karena diduga telah melakukan penggelapan dana perusahaan Bandung Makuta...

SUKABUMIUPDATE.com - Jenazah Muhammad Akbar (15 tahun) santri yang hanyut di Sungai Cibeber, Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi telah tiba di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Amin, Jumat (14/8/2020)...

SUKABUMIUPDATE.com - Arsenal akhirnya secara resmi mengumumkan perekrutan Willian dari Chelsea. Gelandang asal Brasil itu hengkang setelah tak Chelsea tak mampu memenuhi permintaan si pemain soal kontrak barunya. Kepastian itu...

SUKABUMIUPDATE.com - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Akhmad Hadian Lukita, memberikan penjelasan mengenai adanya hukuman kepada klub yang tidak ikut alias mundur dari lanjutan Liga 1...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya