Pulihkan Ekonomi di Kabupaten Sukabumi, Ketua Komisi III: Lebih Baik Bagikan Uang Daripada Telur

Senin 14 September 2020, 04:52 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi, Anjak Priatama Sukma menilai langkah yang dilakukan Pemkab Sukabumi dalam upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 sudah tepat.

"Harus dipahami bahwa dalam ekosistem ekonomi, itu APBD juga ikut berperan. Jadi expenditure yang dikeluarkan oleh pemerintah itu memenuhi sistem atau PDRB di sebuah daerah. Saya cukup mengapresiasi Pemkab Sukabumi, ketika ada perinta refocusing lebih memilih menyalurkan uang," kata Anjak dalam acara Tamu Mang Koko edisi Sabtu, 12 September 2020.

BACA JUGA: Akademisi Universitas Nusa Putra Sukabumi: Masyarakat Tak Perlu Takut Resesi

Data yang dihimpun sukabumiupdate.com, Pemkab Sukabumi melakukan refocusing dan realokasi APBD Kabupaten Sukabumi tahun 2020 sebesar Rp 14,57 miliar, di mana di dalamnya terdapat anggaran yang dikhususkan untuk penanganan pemulihan ekonomi. Hingga Juni 2020, realisasi anggaran tersebut baru di angka 81 persen atau sekitar Rp 11,8 miliar.

Anjak menilai, penyaluran uang dalam refocusing anggaran yang dilakukan Pemkab Sukabumi lebih baik ketimbang membagikan sembako.

"Karena ternyata di daerah selatan Sukabumi, untuk makan sudah aman. Masyarakat bisa menanam, bisa mencari ikan, dan sebagainya. Stok pangan aman lah. Justru uang yang sulit. Makanya saya apresiasi. Uang itu mudah didistribusikan, tidak seperti provinsi yang kesulitan saat membagikan telur. Kemudian uang ini kan punya kontribusi dalam memutar roda ekonomi di daerah," imbuh Anjak.

BACA JUGA: Pandemi Covid-19, BAPPEDA Sukabumi Sebut UMKM Non Pangan Paling Terpukul

Politisi PKS itu menilai, konsentrasi Pemkab Sukabumi di anggaran 2020 lebih fokus pada pelayanan kesehatan dan Social Safety Net (Jaring Pengamanan Sosial).

"Perekonomian itu kan seperti gir atau roda gigi. Ketika yang satu gir tidak berfungsi, itu tidak otomatis gir yang lain ikut tidak berfungsi, dia butuh waktu. Artinya dampak ekonomi itu tidak dirasakan satu atau dua bulan ke belakang. Kerasanya akhir tahun ini dan tahun depan yang diprediksi cukup berat," ujarnya.

Berikut tanya jawab pembahasan Ketua Komisi III, Anjak Priatama Sukma soal langkah Pemkab Sukabumi dalam upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, dalam acara tamu mang koko

Selain kebijakan paket pemulihan ekonomi dari Pusat, ada refocusing dan realokasi APBD 2020 yang didalamnya ada untuk penanganan dampak ekonomi, tercatat angkanya ada 14,57 Miliyar ini ada di 7 dinas, yang sampai Juni lalu data yang kami punya itu, baru 81% yang terealisasi diangka 11,8 M. 

Dari angka 11 M yang sudah terealisasi ini. Menurut Komisi III sudah berdampak belum kepada pemulihan Ekonomi di Kabupaten Sukabumi?

Pertama harus dipahami bahwa ekosistem ekonomi/putaran ekonomi, APBD punya kontribusi kepada PDRB , jadi setiap rupiah yang dikeluarkan/ekspendiktur dari pemerintah itu memenuhi sistem atau PDRB di sebuah daerah. Katakanlah 4 Triliun ada kontribusi terhadap PDRB sekian persen.

Saya berbicara seperti itu karena saya cukup mengapresiasi pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi, ketika ada perintah refocusing, pemerintah daerah memilih menyalurkan uang sebesar 170 Miliyar (rupiah) dibanding yang memberikan sembako. Karena ternyata, di daerah kami (di selatan), untuk makan aman, mereka bisa menanam, mereka bisa mencari ikan. Stok pangan aman lah, justru uang yang tidak tahu kemana begitu.

Jadi, pertama saya harus bilang bahwa saya mengapresiasi bahwa selain uang memang mudah didistribusikan, uang ini juga memang punya kontribusi memutar roda perekonomian daerah. 

Yang kedua, yang saya lihat konsentrasi pemerintah daerah di Anggaran 2020 itu lebih fokus ke pelayanan kesehatan dan sosial sertinet.  Artinya Pemulihan Ekonominya belum.

Ini juga bisa jadi hikmahnya adalah, kan sebenarnya ekonomi itu seperti gir, satu gir nyambung ke gir yang lain. Ketika yang satu mati, itu tidak otomatis mati ke gir yang lain, dia butuh waktu. Bisa jadi dampak ekonominya tidak rasakan 1 atau 2 bulan yang lalu, akhir tahun ini sama tahun depan yang akan berat.

Nah justru tantangan terbesar secara timeline, menurut saya di bulan Desember-Januari ini bakal kelihatan dan kerasa gitu. 

Kalau untuk pertanian memang, 2 minggu yang lalu, petani kol mulai membuang kolnya, petani caisim mulai membuang caisimnya. Karena harga jatuh, jadi over stok, diberangkatkan ke Jakarta juga tidak laku, akhirnya harga drop. Yang saya takutkan sebenarnya di periode menanam selanjutnya, dia mau menanam, karena ketika dia tidak mau menanam, which is terbalik, stoknya tidak ada, harga mahal. 

Nah ini memang yang belum kelihatan, yang 11 miliyar itu harusnya difokuskan di bulan-bulan Desember-Januari. 

Artinya secara tidak langsung, angka 11,8 Miliyar yang sudah terealisasi ini belum efektif untuk pemulihan ekonomi?

Belum, pertama dari sisi perhatian menunjukan bahwa pemerintah daerah belum merasa perlu kesitu dulu. Pemda lebih memilih selesaikan dulu kesehatan, pastikan dulu rakyat makan. Dari skenario ini, mungkin mulai tahun depan fokus menyelesaikan ekonomi.

Ekonomi bukan persoalan fundamental, tapi soal sentimen juga sebetulnya. Sukabumi Update setiap minggu mengadakan poling. Poling minggu ini “Apakah anda yakin perekonomian sukabumi bisa pulih kembali?”. Hasilnya netizen 67.6% mengatakan yakin, sisanya 32.4 mengatakan tidak yakin.

Inikan sentimen publik yang positif, tapi bagaimana menumbuhkan sentimen investasi?

Yang pertama, kalau dilihat dari tren investasi di Kabupaten Sukabumi, memang 5 tahun kebelakang banyak di manufaktur. Dan memang sekarang sudah mulai kerasa ketika, negara yang ingin order barang ini resesi, itu mulai menunda order (pembelian). Tapi ada tren 2-3 tahun ini kita mulai ramai investasi di non-manufaktur, terutama di Pariwisata dan agro.

Mengapa pariwisata? Karena jarak Sukabumi dengan Jakarta semakin dekat, apalagi sudah ada Tol. Dan juga agro, mulai perhatian terhadap agrobisnis mulai tinggi dan kebijakan di pertanahan mulai ada kepastian lah. 

Jadi, kalo disisi Optimis, yakin InsyaAllah. Tinggal memang yang agak sulit itu adalah mencari titik di mana sih Pemerintah Daerah harus mengintervensi.

KUA PPAS sudah ditandatangan kemarin, sudah disepakati. Pandangan anda, KUA PPAS ini 2021, apakah memang di desain untuk memulihkan ekonomi, atau sebetulnya ada kepentingan lain?

Pertama, di Permendagri itu sebenarnya Pemerintah Daerah diminta membahasas bab khusus terkait dengan penanganan Covid-19.

Itu sudah ada?

Belum

Bisa direvisi atau seperti apa?

Bisa. Misalkan APBD nya menjelang nih, itu menjadi masukan dari frasi kami dan itu menjadi catatan besar lah, karena kami ingin tahu benar-benar fregmensinya seperti apa.

Lalu yang kedua, kami juga dari komisi sebenarnya Alhamdulillah, kami sudah punya sebuah kendaraan, BUMD Agro. Kami sebenarnya ingin menantang pemerintah daerah, hari ini kemudian kendaraan itu sudah ada, tinggal digunakan nih. Dan kami berharap tahun depan, sudah mulai bisa melakukan banyak manufer.

Akhir kalimat, singkat saja?

Tambahan, di APBN dan APBD, Januari 2021 itu asumsinya grow nya 5%. Ini sebenarnya optimis, pemerintah pusat sudah optimis. 

Kami juga berharap kepada Pemerintah Daerah, mari kita optimis. APBD yang 4 Triliun (rupiah) ini, setiap rupiahnya harus dipastikan mengungkit ekonomi di tahun depan.

 Untuk menyimak isi talk show secara keseluruhan, silahkan klik, Tamu Mang Koko.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat27 April 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Teh Serai yang Kaya Antioksidan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi - Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz