Light Dark

DAS Cikaso Ditanami Pepohonan Ini, Pemdes Neglasari Sukabumi Peduli Lingkungan

Komunitas | 11 Nov 2020, 11:25 WIB

DAS Cikaso Ditanami Pepohonan Ini, Pemdes Neglasari Sukabumi Peduli Lingkungan

Komunitas | 11 Nov 2020, 11:25 WIB
Bibit pohon yang ditanam Pemdes Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. Bibit pohon ini ditanam di lahan kosong milik desa atau demplot hingga DAS Cikaso. | Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, membuktikan komitmennya terhadap lingkungan dengan melaksanakan penanaman ribuan bibit pohon di  wilayah desa.

Program reboisasi ini sudah dirancang Pemdes Neglasari sejak lama dan pada bulan November direalisasikan dengan Penanaman Pohon pala, cengkeh, kelapa dan beringin. 

BACA JUGA: Hari Bumi, Pecinta Lingkungan Sukabumi Tanam 10 Ribu Pohon

"Untuk pengadaan bibit sendiri, merupakan hibah dari Yayasan Akar Pohon Sagaranten," ujar Kepala Desa Neglasari, Rahmat Hidayat kepada sukabumiupdate.com, Rabu (11/11/2020).

Bibit pohon itu ditanam dengan cara disebar pada lahan kosong, tandus dan Daerah Aliran Sungai Cikaso. Untuk bibit pohon terdiri dari 1500 batang pohon beringin, pohon kelapa 1000 batang, pohon pala 3000 batang serta cengkeh 2000 batang.

BACA JUGA: Polri Peduli Penghijauan, Polisi di Sukabumi Tanam Ribuan Bibit Pohon

"Selain penanaman bibit pohon di lokasi lahan kosong milik desa atau demplot, sepanjang DAS Cikaso, juga sisanya dibagikan kepada warga. Penanaman sendiri secara bertahap sudah mulai dilakukan, terutama di lahan demplot yang dilakukan perangkat desa dan Linmas," terangnya.

Sementara itu selain Desa Neglasari, ada desa lain yang mendapatkan bibit pohon yaitu Desa Tegallega, Lengkong, Langkapjaya dan Cilangkap. Program Penanaman Pohon ini merupakan kerjasama Muspika Lengkong. 

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

RAGIL GILANG

Reporter