Menu

10 Jan 2020, 14:15 WIB

Polri Peduli Penghijauan, Polisi di Sukabumi Tanam Ribuan Bibit Pohon 

Jajaran Polres Sukabumi melaksanakan penanaman bibit pohon di halaman Mako Satpol Air Polres Sukabumi, Jumat (10/1/2020). Kegiatan diikuti Bupati, Forkominda, Babinsa Kodim 0622 dan Bhayangkari Polres Sukabumi. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Jajaran Polres Sukabumi dan Polres Sukabumi Kota secara serentak melakukan penanaman ribuan bibit pohon, Jumat (10/1/2020).

Polres Sukabumi menamam sebanyak 6 ribu bibit pohon berbagai jenis di lingkungan polres dan di 29 polsek yang di wilayah Polres Sukabumi, Jumat (10/1/2020).

Acara penanaman pohon secara simbolis di halaman Mako Satpol Air Polres Sukabumi dihadiri Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Forkominda Kabupaten Sukabumi, Babinsa Kodim 0622 Sukabumi dan Bhayangkari Polres Sukabumi.

BACA JUGA: Hutan dan Lahan Rusak, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Tanam 20 Ribu Bibit Pohon

Kapolres Sukabumi AKBP Nuredy Irwansyah Putra Harahap melalui wakapolres Kompol Sigit Rahayudi mengatakan, penanaman pohon tersebut merupakan instruksi langsung dari Kapolri karena menjadi program Polri Peduli Penghijauan. Menurut Sigit di Kabupaten Sukabumi pelaksanaan penanaman pohon ini wajib dilakukan seluruh satuan.

"Seluruh satuan dari Mabes Polri sampai dengan Polsek wajib melaksanakan penanaman pohon, ini merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan yang memang saat ini butuh penanganan dari semua pihak untuk menjaga kelestariannya. Instruksi pak Kapolri ini lahir dari pengalaman pribadinya yang merasakan dampak positif dari kegiatan penghijauan pada lingkungan sekitar," jelasnya.

BACA JUGA: Komunitas Kirim Ribuan Bibit Pohon, Hijaukan Kembali Bukit Bongas Gegerbitung

Masih kata Sigit, pohon yang ditanam ini sebagai warisan untuk generasi Polri dan masyarakat umum di masa depan. "Adapun pohon yang ditanam pohon jenis Albasia, jambu, nangka, durian, mangga dan petey china," pungkasnya.

 Polres Sukabumi Kota melakukan aksi penanaman bibit pohon di Area PTPN VIII Goalpara Sukabumi, Jumat (10/1/2020). 

Hal serupa juga dilaksanakan di Polres Sukabumi Kota. Aksi tanam ribuan bibit pohon di Area PTPN VIII Goalpara Sukabumi, dilakukan bersama-sama dengan Kodim 0607 Kota Sukabumi, Unsur Forkopimda Kota Sukabumi, Bhayangkari Cabang Sukabumi Kota, Satpol PP dan Dishub hingga BPBD.

Wakapolres Sukabumi Kota Kompol Sulaeman menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan instruksi langsung dari Kapolri dengan tujuan sebagai upaya Polri dalam melestarikan lingkungan dan mencegah terjadinya bencana alam.

Sulaeman menyampaikan bahwa kegiatan ini telah dilaksanakan sejak akhir Desember 2019 lalu. Hingga saat ini, tepatnya pada peringatan Hari Sejuta Pohon Sedunia total pohon yang ditanam mencapai angka ribuan di berbagai lokasi yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

BACA JUGA: BLH Kabupaten Sukabumi dan Ratusan Pelajar Tanam 6.000 Bibit Pohon

"Penanaman pohon ini sudah kita laksanakan terhitung mulai tanggal 30 Desember 2019 sampai dengan puncaknya yang dilaksanakan pada Hari Sejuta Pohon Sedunia ini. Total pohon yang sudah tertanam sejumlah 2.362 dengan berbagai jenis pohon, Hari ini kita tanam 5.000 pohon, jadi total 7.362 pohon," ungkapnya.

Terpisah, Polsek Ciemas merupakan salah satu polsek yang melakukan penanaman pohon serentak. Polsek Ciemas melaksanakan penanam sebanyak 115 bibit pohon di lahan milik Polsek Ciemas seluas 350 meter persegi .

BACA JUGA: Video: Aksi Tanam Seribu Bibit Pohon di Habitat Owa Jawa Hutan Lengkong

Sementara itu, Polsek Surade juga melakukan penanaman 100 bibit pohon. Penanamannya diikuti bersama Camat Surade, staf Kecamatan Surade, Koramil 2214/Surade, Perhutani Karangbolong serta berbagai ormas.

Sama seperti Polsek Ciemas dan Polsek Surade, penanaman juga dilakukan Polsek Ciracap di lahan Polsek Ciracap, Jalan Raya Loji Kampung Cipancur RT 28/08, Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Polsek Ciracap menanam 130 bibit pohon.

Reporter : NANDI/RAGIL GILANG/OKSA BC
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada Rabu, 27 Mei 2020, mengumumkan pembentukan sebuah yayasan yang akan menjadi sumber pendanaan baru, di mana uang yang terkumpul di yayasan...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden AS Donald Trump akan menandatangani perintah eksekutif pada perusahaan media sosial pada hari Kamis setelah Trump mengancam akan menutup situs web yang dituduhnya membungkam suara-suara konservatif. Dilansir...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah DKI Jakarta mensyaratkan mereka yang hendak masuk dan keluar wilayah Ibu Kota memiliki Surat Izin Keluar Masuk selama pandemi Covid-19. Dilansir dari tempo.co, jika tidak mengantongi...

SUKABUMIUPDATE.com - Lima mahasiswa terdakwa kasus meninggalnya Ipda Erwin dan terbakarnya tiga anggota Polres Cianjur dalam aksi unjuk rasa yang berujung ricuh diputuskan bersalah. Terdakwa utama dijatuhi hukuman 12...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya