Polri Peduli Penghijauan, Polisi di Sukabumi Tanam Ribuan Bibit Pohon 

Jumat 10 Januari 2020, 07:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Jajaran Polres Sukabumi dan Polres Sukabumi Kota secara serentak melakukan penanaman ribuan bibit pohon, Jumat (10/1/2020).

Polres Sukabumi menamam sebanyak 6 ribu bibit pohon berbagai jenis di lingkungan polres dan di 29 polsek yang di wilayah Polres Sukabumi, Jumat (10/1/2020).

Acara penanaman pohon secara simbolis di halaman Mako Satpol Air Polres Sukabumi dihadiri Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Forkominda Kabupaten Sukabumi, Babinsa Kodim 0622 Sukabumi dan Bhayangkari Polres Sukabumi.

BACA JUGA: Hutan dan Lahan Rusak, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Tanam 20 Ribu Bibit Pohon

Kapolres Sukabumi AKBP Nuredy Irwansyah Putra Harahap melalui wakapolres Kompol Sigit Rahayudi mengatakan, penanaman pohon tersebut merupakan instruksi langsung dari Kapolri karena menjadi program Polri Peduli Penghijauan. Menurut Sigit di Kabupaten Sukabumi pelaksanaan penanaman pohon ini wajib dilakukan seluruh satuan.

"Seluruh satuan dari Mabes Polri sampai dengan Polsek wajib melaksanakan penanaman pohon, ini merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan yang memang saat ini butuh penanganan dari semua pihak untuk menjaga kelestariannya. Instruksi pak Kapolri ini lahir dari pengalaman pribadinya yang merasakan dampak positif dari kegiatan penghijauan pada lingkungan sekitar," jelasnya.

BACA JUGA: Komunitas Kirim Ribuan Bibit Pohon, Hijaukan Kembali Bukit Bongas Gegerbitung

Masih kata Sigit, pohon yang ditanam ini sebagai warisan untuk generasi Polri dan masyarakat umum di masa depan. "Adapun pohon yang ditanam pohon jenis Albasia, jambu, nangka, durian, mangga dan petey china," pungkasnya.

 Polres Sukabumi Kota melakukan aksi penanaman bibit pohon di Area PTPN VIII Goalpara Sukabumi, Jumat (10/1/2020). 

Hal serupa juga dilaksanakan di Polres Sukabumi Kota. Aksi tanam ribuan bibit pohon di Area PTPN VIII Goalpara Sukabumi, dilakukan bersama-sama dengan Kodim 0607 Kota Sukabumi, Unsur Forkopimda Kota Sukabumi, Bhayangkari Cabang Sukabumi Kota, Satpol PP dan Dishub hingga BPBD.

Wakapolres Sukabumi Kota Kompol Sulaeman menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan instruksi langsung dari Kapolri dengan tujuan sebagai upaya Polri dalam melestarikan lingkungan dan mencegah terjadinya bencana alam.

Sulaeman menyampaikan bahwa kegiatan ini telah dilaksanakan sejak akhir Desember 2019 lalu. Hingga saat ini, tepatnya pada peringatan Hari Sejuta Pohon Sedunia total pohon yang ditanam mencapai angka ribuan di berbagai lokasi yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

BACA JUGA: BLH Kabupaten Sukabumi dan Ratusan Pelajar Tanam 6.000 Bibit Pohon

"Penanaman pohon ini sudah kita laksanakan terhitung mulai tanggal 30 Desember 2019 sampai dengan puncaknya yang dilaksanakan pada Hari Sejuta Pohon Sedunia ini. Total pohon yang sudah tertanam sejumlah 2.362 dengan berbagai jenis pohon, Hari ini kita tanam 5.000 pohon, jadi total 7.362 pohon," ungkapnya.

Terpisah, Polsek Ciemas merupakan salah satu polsek yang melakukan penanaman pohon serentak. Polsek Ciemas melaksanakan penanam sebanyak 115 bibit pohon di lahan milik Polsek Ciemas seluas 350 meter persegi .

BACA JUGA: Video: Aksi Tanam Seribu Bibit Pohon di Habitat Owa Jawa Hutan Lengkong

Sementara itu, Polsek Surade juga melakukan penanaman 100 bibit pohon. Penanamannya diikuti bersama Camat Surade, staf Kecamatan Surade, Koramil 2214/Surade, Perhutani Karangbolong serta berbagai ormas.

Sama seperti Polsek Ciemas dan Polsek Surade, penanaman juga dilakukan Polsek Ciracap di lahan Polsek Ciracap, Jalan Raya Loji Kampung Cipancur RT 28/08, Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Polsek Ciracap menanam 130 bibit pohon.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat28 Maret 2024, 15:39 WIB

Air Rebusan vs Air Galon untuk Minum Lebih Sehat Mana? Simak Penjelasannya!

Updaters harus mengetahui plus minus meminum air rebusan dan air galon agar tidak salah memilih untuk konsumsi rumah tangga.
Ilustrasi. Air minum. Perbedaan air rebusan dan air galon. Sumber foto : Pixabay/Pexels
Sehat28 Maret 2024, 15:30 WIB

5 Infused Water Untuk Mengatasi Asam Urat yang Mudah Dibuat di Rumah

Berikut ini berbagai infused water yang bisa membantu mengatasi serangan asam urat
Ilustrasi - 5 Infused Water Untuk Mengatasi Asam Urat yang Mudah Dibuat di Rumah (Sumber : Freepik/picoftasty)
Keuangan28 Maret 2024, 15:15 WIB

Ramai Pajak THR 2024, Benarkah Tunjangan Hari Raya yang Diterima Pekerja jadi Lebih Kecil?

Warganet ramai membahas pajak penghasilan (PPh) pasal 21 dengan skema terbaru khususnya yang diterapkan pada bulan diterimanya THR 2024
Ilustrasi - Ramai Pajak THR 2024, Benarkah Tunjangan Hari Raya yang Diterima Pekerja jadi Lebih Kecil? (Sumber : Freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Staff/Crew di Gerai Es Krim, Penempatan Baros Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Staff/Crew di Gerai Es Krim, Penempatan Baros Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@freepic.diller)
Sehat28 Maret 2024, 14:51 WIB

Kolang-kaling Bisa Bikin Awet Muda? Ini 7 Manfaat Caruluk untuk Kesehatan!

Kolang Kaling atau buah Atap, juga disebut Caruluk oleh orang Sunda Sukabumi. Caruluk seringkali memang dijadikan penganan manis, terutama saat bulan puasa. Padahal, Kolang Kaling penuh manfaat jika dikonsumsi sehari-hari hingga mencegah penuaan dini.
Manfaat buah Kolang Kaling untuk kesehatan tubuh. Sumber foto : YouTube / Galeri Rasa Channel
Life28 Maret 2024, 14:34 WIB

5 Alasan Posisi Tidur Telentang Bikin Awet Muda Menurut Kesehatan

Posisi tidur dengan gaya telentang bisa membuat awet muda pada wajah. Maka dari itu, yuk coba membiasakan diri tidur dengan posisi telentang.
Ilustrasi. Posisi tidur telentang bikin awet muda. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat28 Maret 2024, 14:30 WIB

Baik Untuk Penderita Hipertensi, 7 Air Rebusan Ini Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah

Berikut ini berbagai air rebusan yang dinilai bisa membantu menurunkan tekanan darah sehingga baik untuk penderita hipertensi
Ilustrasi - Baik Untuk Penderita Hipertensi, 7 Air Rebusan Ini Bisa Bantu  Turunkan Tekanan Darah (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Food & Travel28 Maret 2024, 14:23 WIB

Manis dan Segar Banget! Intip Resep Es Kolang Kaling Cocopandan Untuk Takjil Puasa Ini

Kolang Kaling merupakan salah satu buah yang sering jadi olahan takjil puasa. Contohnya seperti resep Es Kolang Kaling Cocopandan ini.
Resep minuman manis dan segar, Es Kolang Kaling Cocopandan | Foto :  YouTube / Frisian Flag Indonesia
Sukabumi28 Maret 2024, 14:12 WIB

Paripurna DPRD: Bahas LKPJ Bupati Sukabumi 2023 dan Rencana Pembangunan Daerah

LKPJ yang disampaikan merupakan laporan penyelenggaraan urusan pemerintahan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyampaikan LKPJ tahun anggaran 2023 pada Rapat Paripurna DPRD di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Palabuhanratu, Kamis (28/3/2024). | Foto: Dokpim Kabupaten Sukabumi
Sehat28 Maret 2024, 14:00 WIB

Mengenail Gamaphobia: Ketakutan untuk Menikah dan Berkomitmen dengan Seseorang

Gamaphobia, juga dikenal sebagai gamophobia atau penophobia, merujuk pada ketakutan yang berlebihan atau fobia terhadap pernikahan.
Ilustrasi - Gamaphobia, juga dikenal sebagai gamophobia atau penophobia, merujuk pada ketakutan yang berlebihan atau fobia terhadap pernikahan. (Sumber : Pixabay.com/@trx555)