Menu

16 Jul 2020, 19:30 WIB

Aquarium Ini dari Boks Styrofoam Bekas Lho, Dibuat Tangan Kreatif Warga Nyalindung Sukabumi

Aquarium dari boks styrofoam yang dibuat Asep Has, warga Kampung Nyalindung RT 02/02, Desa Nyalindung, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kalau kreatif, boks styrofoam bekas pun bisa dimanfaatkan menjadi barang yang memiliki fungsi. Seperti yang dilakukan Asep Has, warga Kampung Nyalindung RT 02/02, Desa Nyalindung, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

Ketika melihat boks styrofoam bekas wadah ikan yang teronggok begitu saja, seketika ide memanfaatkan benda itu untuk aquarium pun muncul di benak Asep. 

"Kalau beli ikan laut dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI), biasanya suka dikasih boks buat tempat ikan yang berwarna putih itu, bekasnya bisa dimanfaatkan untuk aquarium," kata Asep kepada sukabumiupdate.com, Kamis (16/7/2020).

BACA JUGA: Ini Bukti Sampah Styrofoam Kotori Sungai Cicatih Kabupaten Sukabumi

Asep yang merupakan relawan Probumi Indonesia itu menjelaskan langkah pertama yang dilakukan untuk membuat aquarium dari styrofoam yaitu membuat desain. Misalnya, Asep yang membuat aquarium itu nampak seperti di dalam batang pohon pinus. 

Maka buatlah sesuai keinginan. Pertama buatlah pola dan potong styrofoam itu dengan menggunakan cutter. Lalu styrofoam itu dilapisi dengan adukan semen tipis. Agar lebih menyerupai batang pohon, maka tambahan motif termasuk untuk tutup aquariumnya. Sudah semuanya selesai tinggal beri cat dan tempelkan kaca tebal.

"Bahan-bahan yang diperlukan box stropoam bekas tempat ikan, semen, kaca 5 mm, lem kaca, cutter alat potong kaca, kuas, cat pewarna buat motif kayu yang terbuat dari adukan semen," jelasnya. 

BACA JUGA: Menyambangi Masjid At Taqwa, Rumah Ibadah Berpagar Aquarium di Kota Sukabumi

Asep menjelaskan, aquarium tersebut memiliki ukuran 25 x 40 cm dan mampu menampung ikan hias ukuran kecil sebanyak 10 ekor. "Untuk proses pembuatan memakan waktu selama tiga hari dan yang lama itu proses pengeringan," jelasnya.

Asep membuat aquarium itu untuk koleksi saja, sehingga dia tidak menjualnya. "Buat koleksi saja, tidak diperjualbelikan, sebetulnya kalau bahan ada murah banget tinggal ada kemauan, siapapun bisa untuk membuatnya," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Jelang MotoGP Ceko 2020, Valentino Rossi siap memecah rekor baru. Kira-kira rekor apalagi nih? Pembalap Monster Energy berpotensi untuk menjadi pembalap pertama yang meraih 200 podium di kelas...

SUKABUMIUPDATE.com - Manchester City dilaporkan akan mendatangkan setidaknya lima pemain selama bursa transfer musim panas dan ingin merampungkan aktivitas jual beli pemain di awal musim baru pada 12 September,...

SUKABUMIUPDATE.com - Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Riki Fahmi Mubarok melalui Kanit Laka Iptu Nandang Herawan mengatakan, tak ada pengalihan arus akibat dampak perbaikan jembatan tersebut.  "Tidak ada pengalihan arus, tapi...

SUKABUMIUPDATE.com - Ledakan besar mengguncang ibu kota Lebanon, Beirut, pada hari Selasa kemarin. Saking besarnya, ledakan di Beirut terasa hingga jarak 150 mil (240 kilometer) dari lokasi kejadian. Melansir Tempo.co,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya