Di Nusapala, Menjadi Pecinta Alam Lebih dari Sebuah Hobi

Kamis 20 Februari 2020, 09:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Fikri Fahrozi (Gondrong), Galih Putra Munggaran (Ratom) dan M. Rijka Hamdani (Erik Koek) sore itu, Jum'at (10/4/2015) berkumpul di warung samping Kampus Nusa Putra, Sukabumi. Ketiganya akan merencanakan sebuah ekspedisi pendakian ke Gunung Argopuro, Jawa Timur pada hari Selasa (15/4/2015). 

BACA JUGA: Tradisi Penyambutan Remaja Menwa Universitas Nusa Putra

Pendakian kali ini syarat makna, sebabnya ketiganya sudah merasa jenuh dengan situasi penuh intrik dan konflik politik di kalangan mahasiswa waktu itu. Di Sabana Cisentor, Gunung Argopuro rencananya mereka akan merenung mencari inspirasi untuk mensikapi keadaan kampus yang sementara ditinggalkannya.

Sepulang pendakian, seperti telah mendapat "wahyu", ketiganya kembali berkumpul untuk merumuskan pembentukan sebuah organisasi. Mimpinya waktu itu, membentuk organisasi yang bisa menjadi wadah berkumpulnya berbagai kelompok mahasiswa, demi meredam intrik dan konflik politik antar mahasiswa. 

Kegiatan Diklatsar Nusapala angkatan ke II, Februari 2020.//FOTO: ISTIMEWA.

Setahun kemudian, tepatnya 16 April 2016 lahirlah organisasi yang digagas bersama tersebut, sebuah organisasi Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) yang mereka beri nama Nusa Putra Pencinta Alam Rimba (Nusapala).

Sepenggal cerita latar belakang pembentukan Nusapala itu diceritakan kembali oleh Fikri Fahrozi, pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Nusapala saat ini. Kepada Sukabumiupdate.com, saat ditemui di Kampus Universitas Nusa Putra seusai rapat persiapan kegiatan Nusapala belum lama ini, alumni Universitas Nusa Putra ini pun bercerita, ada tiga nama lainnya yang jadi pionir atau pelopor dibalik lahirnya Nusapala.

"Ada Indra Fajar Himawan (Indro) angkatan 2014 dan M. Ilham Wardana Putra (Buluk) angkatan 2014, mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), serta  Rizki Widi Nugraha (mang Ikiw) angkatan 2014, mahasiswa jurusan Teknik Informatika" terang Fikri.

BACA JUGA: Internship di Universitas Nusa Putra, Ini Cara Laila Beradaptasi dengan Budaya Sukabumi

Setelah lebih dari lima tahun Nusapala berdiri, sampai saat ini Fikri dan rekan-rekannya masih konsisten dengan tujuan awal dibentuknya Nusapala, yaitu sebagai wadah bagi mahasiswa Universitas Nusa Putra untuk berkegiatan di alam bebas, berkontribusi bagi masyarakat, serta peduli terhadap pelestarian lingkungan.

Konsistensi itu dibuktikannya melalui proses perkaderan anggota. Prosesnya diawali rekruitmen anggota baru satu kali dalam satu tahun. Meski belum signifikan hasilnya, saat ini Nusapala baru beranggotakan 26 mahasiswa dari berbagai jurusan di Universitas Nusa Putra.

Proses seleksinya relatif ketat, hal itu dilakukan, karena Fikri tahu menjadi pencinta alam lebih dari sekedar menyalurkan hobi, tapi ada misi utama yang harus dijalani yaitu peduli pada pelestarian alam. "Mereka akan melewati tes tertulis, tes fisik, dan wawancara," ujar Fikri.

Bagi yang lulus, kata Fikri akan masuk tahap selanjutnya, yaitu mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) untuk menentukan ujian akhir menjadi anggota muda Nusapala. Tak berhenti disana, setelah menjadi anggota muda mereka akan dibekali dengan pelatihan dasar navigasi darat (Navdar), tali temali, Explorer Sar And Rescue (ESAR), Pertolongan Pertama Pada Gawat Darurat (PPGD) dan survival.

Semua kemampuan itu, lanjut Fikri akan bermanfaat pada pendakian gunung dan jelajah hutan sebagai salah satu kegiatan dan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh tiap anggota Nusapala. "Juga untuk kegiatan lainnya yaitu panjat tebing, telusur gua, dan arung jeram," ucapnya.

Meski masih muda secara usia, namun Nusapala punya banyak pengalaman, khususnya di pendakian, tercatat beberapa pendakian sudah dilakukan, seperti ke Gunung Argopuro, open trip Gunung Gede Pangrango bersama WNA, open trip Gunung Gede Pangrango dengan Mapala dan Sispala, Pendakian Gunung Semeru, Pendakian Gunung Salak, dan pendakian Gunung Gede Pangrango.

BACA JUGA: Mengenal Coding dan Prospek Karirnya

Selain pendakian, Nusapala juga terlibat dalam beberapa aksi kemanusian melalui bakti sosial (baksos) di Garut saat terkena banjir bandang, penanaman pohon di sungai Cimandiri, baksos bencana longsor Cisolok bersama PMI, baksos di Bogor saat terkena banjir bandang.

"Dalam waktu dekat, kami juga punya agenda materi lanjutan Masa Bimbingan (Mabim) untuk anggota muda dan pengembaraan sebagai tahapan agar mereka menjadi anggota tetap Nusapala," terang Fikri.

Fikri mengaku Nusapala tak menemukan banyak kendala berarti selama ini, karena masalah yang dihadapi hanya seputar komunikasi dan koordinasi antar lembaga dan unit kegiatan mahasiswa di Nusa Putra. Dalam hal administrasi dan jalur birokrasi pun, menurutnya tinggal peningkatan pemahaman dan pembiasaan saja.

Menutup pembicaraan, ketika ditanya kepuasaan apa yang didapat dari kegiatan Nusapala?, Fikri menjawab dengan penuh keyakinan, bahwa ia dan anggota Nusapala lainnya ingin mengetahui kehebatan Allah SWT yang telah menciptakan alam yang sangat indah beserta isinya ini, kemudian mempererat tali persaudaraan antar pecinta alam, serta mengetahui keadaan alam dan sekitarnya.

Atas nama Nusapala, Fikri pun ingin mengajak semua pihak untuk selalu mencintai dan merawat kelestarian alam ini, khusunya di daerah Sukabumi. "Gunakanlah sumber daya alam dengan bijak," imbuhnya.

"Nusapala, Rimba Nusa, Salam Rimba, Lestari, Lestari, Lestari," pungkasnya dengan salam Nusapala.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Bola26 April 2024, 13:00 WIB

Persis Solo vs Persita Tangerang di Liga 1, Pendekar Cisadane Terancam Degradasi!

Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo.
Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo. (Sumber : X/@persisofficial/@Persitajuara).
Sehat26 April 2024, 12:30 WIB

8 Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek

Berikut Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek. Sudah Coba?
Sup Ayam. Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola26 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Calon Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan.
Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan. (Sumber : X/@TimnasIndonesia).
Bola26 April 2024, 11:46 WIB

Saingan Prabowo Gibran? Netizen dan Media Korsel Kompak Usung Shin Tae-yong jadi Presiden RI 2029

Ucapan selamat dan meme bertebaran di media sosial.
Media Korsel: Shin Tae-yong Calon Presiden Indonesia 2029-2034 (Sumber: Tangkap layar Twitter)
Life26 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Beberapa Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk Salah Satunya?
Ilustrasi. Rebahan Malas Gerak. Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Freepik)
Life26 April 2024, 11:13 WIB

Ini 5 Cara untuk Mengajari Anak Berpikir Sendiri, Salah Satunya Berikan Contoh

Mengambil langkah mundur dan membiarkan anak-anak berpikir sendiri mungkin merupakan tugas yang sulit bagi orang tua.
Ilustrasi mengajari anak berpikir sendiri. | Foto: Freepik
Life26 April 2024, 11:03 WIB

Perhatikan Dampaknya, Terapkan 6 Cara Ini untuk Mengajari Anak Bersikap Baik

Mengajarkan Anak tentang kebaikan merupakan hal yang sangat penting agar mereka memiliki rasa empati terhadap sesama.
Ilustrasi anak bersikap baik. | Foto: Freepik/@freepik
Aplikasi26 April 2024, 11:00 WIB

Mudah dan Gak Perlu Ribet! 3 Cara Menambahkan Tanda Tangan Online di PDF

Ada beberapa cara untuk menambahkan tanda tangan online di file PDF.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menambahkan tanda tangan online di file PDF. (Sumber : Freepik.com).
Life26 April 2024, 10:43 WIB

Tetapkan Peraturan, Terapkan 5 Tips Berikut untuk Mengasuh Anak Keras Kepala

Mengasuh anak yang berkemauan keras terkadang bisa menjadi tantangan. Namun inilah yang direkomendasikan para ahli untuk membantu hubungan Anda dengan anak Anda berkembang.
Ilustrasi anak keras kepala. | Foto: Freepik/@stocking
Life26 April 2024, 10:32 WIB

Coba Berbohong, 6 Masalah Umum Perilaku Anak Prasekolah dan Cara Mengatasinya

Semua anak pasti bertingkah laku, namun masalah perilaku tertentu pada anak usia 3 tahun dan 4 tahun tidak boleh diabaikan. Inilah cara menangani perilaku menentang pada anak prasekolah Anda.
Ilustrasi anak prasekolah. | Foto: Freepik