Menu

09 Jan 2020, 16:17 WIB

Sejak 2012, Uniknya Santunan Anak Yatim di Ponpes Al Riyadul Hidayah Surade Sukabumi

Donator berbaris dari mulai ponpes Al Riyadul Hidayah hingga jalan gang perumahan warga. Kemudian, anak yatim berjalan dari mulai ponpes dan mereka mendapat santunan dari donator yang dilewatinya. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan anak yatim di Kecamatan Surade mendapat santunan yang diserahkan donator di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Riyadul Hidayah di Kampung Cimahi RT 03/02 Desa Citanglar, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Kamis (9/1/2020).

"Jumlah anak yatim sebanyak 150 orang, terdiri dari Desa Citanglar, Desa Kademangan dan sebagian desa yang berada di kecamatan Surade, jumlah donatur sebanyak 121," ujar Ketua panitia santunan, Surahman, kepada sukabumiupdate.com, Kamis (9/1/2020).

BACA JUGA: Pemdes Waluran Isi HUT RI 74 dengan Tabligh Akbar dan Santunan

Yang unik dari pembagian santunan ini yaitu cara penyerahannya. Jadi, donator sebanyak 121 orang itu berbaris dari mulai ponpes hingga jalan gang perumahan warga. Panjang barisan donator ini mencapai 100 meter.

Kemudian, anak yatim ini berjalan dari mulai ponpes dan mereka mendapat santunan dari donator yang dilewatinya. Satu orang anak yatim didampingi oleh seorang panitia yang tugasnya membawa kantor plastik untuk wadah uang santunan dalam amplop putih itu. 

Pria yang menjabat sebagai Kepala Desa (Kades) Citangklar ini mengatakan, anak yatim ini tak hanya mendapatkan santunan uang tapi juga paket sembako. Penyerahan santunan ini dilakukan rutin setiap tahun tepatnya setiap bulan Silih Mulud.

BACA JUGA: 35 Anak Yatim Dapat Santunan Dari Hima SI Universitas Nusa Putra Sukabumi

Hingga kini terhitung, pemberian santunan ini sudah berlangsung selama tujuh tahun, dimulai sejak 2012. "Sebelum pelaksanaan santunan, ada kegiatan shalawatan selama 40 hari (para santri dan warga desa) dan diakhiri kegiatan santunan anak yatim," pungkasnya.

Sementara itu, pimpinan Ponpes Al Riyadul Hidayah, M Sirojudin Abas, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam kegiatan santunan tersebut. Menurut Sirojudin, kegiatan ini dapat terselenggaran dengan support Pemdes Citanglar, tokoh masyarakat dan para ulama di Kecamatan Surade, terutama juga kepada para donatur dan dermawan.

"Semoga bermanfaat bagi anak yatim, juga bagi para dermawan diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan usahanya," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kota Christchurch di Selandia Baru memiliki penyihir resmi yang ditunjuk dewan kota dan menggajinya ratusan juta rupiah selama puluhan tahun. Dilansir dari Tempo.co, penyihir itu bernama Ian...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut ada tiga pilihan skenario menyelesaikan pandemi Covid-19. Pertama ialah vaksin Covid-19 ditemukan. Dilansir dari Tempo.co, opsi pertama ini sedang diupayakan seluruh...

SUKABUMIUPDATE.com - Wafatnya Wakil Ketua Umum DPP PPP Reni Marlinawati pada Jumat (7/8/2020), menyisakan duka yang mendalam bagi berbagai pihak, termasuk gerakan perjuangan Palestina HAMAS. Dalam secarik surat yang dikirimkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19 berimbas terhadap berbagai sektor termasuk ekonomi kreatif. Tak ingin terus terpuruk, di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), pelaku usaha ekonomi kreatif di Kota Sukabumi yang tergabung dalam...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya