Menu

Rabu, 04 September 2019, 10:27 WIB

8 Besar Gapura Hias Terbaik se-Indonesia, ini Hadiah untuk Kampung Sungapan Kadudampit

Dalam akun Instagram @festivalgapura, gapura hias di Kampung Sungapan RW 04, Desa Kadudampit, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, berada di urutan 8 dalam 40 gapura kategori umum penerima apresiasi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kerja keras warga Kampung Sungapan RW 04, Desa Kadudampit, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, membangun gapura hias untuk memeriahkan HUT ke-74 RI, membuahkan hasil.

Dalam akun Instagram @festivalgapura, gapura hias ini berada di urutan 8 dalam 40 gapura kategori umum penerima apresiasi sehingga berhak mendapatkan Rp 5 juta. Gapura tersebut memang diikutsertakan dalam Festival Gapura Cinta Negeri yang diselenggarakan pemerintah.

Koordinator Pemuda Kampung Sungapan, Riski Aditama (28 tahun) mengungkapkan, rencananya uang tersebut akan dibagikan kepada anak yatim dan jompo.

"Untuk uang Rp 5 juta belum ada rencana mau dipakai apa aja soalnya kita belum musyawarah sama warga Sungapan. Tapi (rencana) untuk yatim sama jompo, meskipun belum musyawarah, (uang) itu sudah pasti kita bagikan," jelasnya.

BACA JUGA: Modal Rp 30 Juta, Gapura Keren Kampung Sungapan Kadudampit Siap Rebut Piala Presiden RI

Gapura di kampung ini dihias sedemikian rupa pada bagian depan gapura dihias styrofoam ukir berwarna merah putih, kemudian diatas puncak gapura bertengger replika burung garuda sebagai lambang negara yang dikiri-kanannya ada bendera merah putih. Lalu disamping gapura berdiri patung tokoh pewayangan Bima, Semar dan Arjuna. Ketika malam, gapura ini tambah meriah dengan kelap-kelip lampu. 

Masuk melewati gapura, hati-hati ada kereta Moda Raya Terpadu atau MRT melintas di terowongan di bawah jalan gang. Tapi tenang, itu hanya lukisan 3D saja yang dibuat warga. Suasana di dalam gang tak kalah meriahnya ada lampu kelap kelip dan dekorasi merah putih.

Biaya hingga puluhan juta untuk membangun gapura ini bersumber dari iuran masyarakat. Masyarakat juga terlibat dalam pembangunan gapura tersebut.

Reporter : OKSA BC
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya