Menu

Kamis, 08 Agustus 2019, 14:52 WIB

Modal Rp 30 Juta, Gapura Keren Kampung Sungapan Kadudampit Siap Rebut Piala Presiden RI

Gapura di Kampung Sungapan RW 04, Desa Kadudampit, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, dipercantik demi memeriahkan HUT ke-74 RI. Gapura tersebut juga akan diikutsertakan dalam Festival Gapura Cinta Negeri. | Sumber Foto:Oksa BC

SUKABUMIUPDATE.com - Ada yang unik di Kampung Sungapan RW 04, Desa Kadudampit, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Sebuah gapura di kampung ini dihias sedemikian rupa ada replika burung garuda, lengkap dengan tokoh pewayangan yang dibalur dengan warna merah putih. Semua itu dilakukan dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia.

"Patung Bima, Semar, Arjuna, Gatotkaca, adalah khas Jawa Barat dan ornamen merah putihnya ciri khas Indonesia. Ini semua warga asli sini yang mengerjakannya," ungkap Koordinator Pemuda Kampung Sungapan, Riski Aditama (28 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Kamis (8/8/2019).

BACA JUGA: Demam Piala Dunia, Ada Cristiano Ronaldo di Kampung Sungapan Kadudampit Sukabumi

Riski menjelaskan, hiasan tersebut belum semuanya selesai, karena rencananya akan dibuat lukisan tiga dimensi di sepanjang jalan gang tersebut. Selain itu, gapura yang dihias itu pun akan diikutsertakan dalam Festival Gapura Cinta Negeri. Lomba ini memperebutkan piala bergilir Presiden RI. Pemenang Gapura Cinta Negeri terbaik juga bertemu Presiden Joko Widodo.

Gapura di Kampung Sungapan RW 04, Desa Kadudampit, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, dipercantik demi memeriahkan HUT ke-74 RI. Gapura tersebut juga akan diikutsertakan dalam lomba Festival Gapura Cinta Negeri.

Lebih lanjut, Riski mengungkapkan gapura dibangun dari iuran masyarakat sehingga tidak ada dana dari pemerintah. Budget yang sudah dihabiskan untuk menghias gapura tersebut sekitar Rp 20 juta. Kemungkinan sampai nanti selesai akan menghabiskan sekitar Rp 30 juta. "Target selesai semuanya itu tanggal 16 Agustus 2019 mendatang," jelas Riski.

BACA JUGA: Kampung Sungapan Sukabumi Juara Kampung Piala Dunia, Berharap Chairul Tanjung Serahkan Hadiah

Riski mengatakan, sebelumnya Kampung Sungapan tersebut pernah meraih juara pertama lomba hias Piala Dunia pada tahun 2018, dan seluruh hadiahnya digunakan untuk pembangunan masjid, yaitu senilai Rp 100 juta.

Selain memeriahkan HUT ke-74 RI, ada tujuan lain dari kegiatan ini yaitu menjadikan Kampung Sungapan sebagai kampung wisata.

"Harapannya, kami ingin Kampung Sungapan ini menjadi Kampung pariwisata, dimana nantinya seluruh area di Kampung Sungapan tersebut akan dilukis," pungkas Riski.

Reporter : OKSA BC
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dua pimpinan partai politik baru saja melakukan pertemuan khusus. Keduanya tak lain adalah Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi Hendar Darsono dan Bendahara Umum PAN Jawa Barat...

SUKABUMIUPDATE.com - Sederet pertandingan Liga Champions akan kembali bergulir tengah pekan ini. Laga kali ini sekaligus menjadi jalan terakhir bagi Liverpool, Inter Milan, dan Chelsea untuk merebut tiket sisa...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Bidang Rehabilitasi Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi, Deni Hendrawan menegaskan, pihaknya belum menerima laporan terkait dengan maraknya Orang Dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ di objek wisata...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan bahwa ancaman hukuman mati kepada koruptor sudah diatur di dalam undang-undang. Namun, hukuman itu tak pernah diterapkan. "Undang-undangnya sekarang ada. Yang...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya