Light Dark

Viking Tegalbuleud Sukabumi Gelar Baksos untuk Mualaf Asal Medan

Komunitas | 20 Jul 2018, 11:36 WIB
Viking Tegalbuleud Sukabumi (VTS) menyerahkan bantuan untuk keluarga di Kampung Rancabeureum, Desa Tegalbuleud. | Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Viking Tegalbuleud Sukabumi (VTS) menyerahkan sembako, pakaian serta mainan anak kepada satu keluarga di Kampung Rancabeureum, Desa Tegalbuleud.

BACA JUGA: 9 Ribu Terumbu Karang Ditanam di Ujunggenteng Sukabumi

Ketua VTS Bayu Bagus Mulyana (29 tahun) mengungkapkan, sumbangan tersebut diperoleh dari hasil sumbangan para anggota VTS. Santunan diberikan kepada keluarga yang asalnya dari Medan dan kini berada di Tegalbuleud. Kepala keluarganya bernama Jonder Simamora (55 tahun) yang berganti nama menjadi Abdul Rofi asal setelah mualaf.

"Dia sudah menetap selama lima tahun di sini, dengan tiga anak laki-laki yang masih duduk di bangku SD kelas 6, kelas 2 dan yang kecil baru 2 tahun," jelasnya.

Rumah yang ditempati Abdul Rofi dan istri juga ketiga anaknya. |Sumber Foto: Ragil Gilang

VTS, kata Bayu, tergerak membantu karena keluarga tersebut begitu membutuhkan.

"Pak Abdul sementara ini hanya sebagai kuli sadap kelapa, sangat kesulitan dalam ekonomi. Kendati tidak seberapa sumbangsih dari anak anak VTS, sedikit banyak bisa membantu dan bermanfaat bagi yang menerima," pungkasnya.

VTS kini memiliki total jumlah anggota sebanyak 200 orang. Selain kompak mendukung Persib Bandung, VTS juga aktiv dalam berbagai kegiatan sosial.

Abdul Rofi hidup dalam keadaan memprihatinkan, tinggal di gubuk bambu ukuran 4 x 2,5 meter yang beratapan ilalang dan kain terpal bekas. Setiap ruangan kamar disekat pakai kain dan tikar tanpa ranjang dan MCK.

Gubuk ini berada di lahan kebun kelapa milik Sukarmin. Sebelumnya, Abdul Rofi bersama anak istrinya tinggal di Kampung Margahayu, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud.

BACA JUGA: KH Fathullah Mansur Terpilih Sebagai Ketua MUI Kota Sukabumi

"Dia seorang Mualaf punya istri berasal dari Kampung Margahayu Desa Buniasih, sekarang tinggal di Desa Tegalbuleud bersama tiga anak lelakinya," kata TKSK Tegalbuleud Yudiansyah kepada sukabumiupdate.com.

TKSK bersama pihak lainya sudah membentuk kepanitian untuk mengadakan perbaikan secara gotong royong.

Image

Ardi Yakub

Reporter

Image

Ardi Yakub

Redaktur

Image

RAGIL GILANG

Reporter