Musik Bagi Ridho Adryan, Tuna Netra di Sukabumi Bicara Sumpah Pemuda

Rabu 28 Oktober 2020, 08:28 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Keterbatasan jangan jadi penghalang untuk mencapai cita. Ini kalimat yang meluncur dari mulut Muhammad Ridho Adryan, pemuda tuna netra saat berbincang santai denga sukabumiupdate.com, di pelataran kampus tempatnya berkuliah.

Ridho memang tercatat sebagai mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) di STAI Sukabumi. Mahasiswa yang cukup aktif dalam berbagai kegiatan ini tengah serius mengasah kemampuannya di bidang musik.

Musik dan olah vocal menjadi salah satu impian Ridho sejak kecil. Pria kelahiran Sukabumi 27 Mei 1998 ini bahkan sudah gemar ikut berbagai lomba musik dan olah vocal sejak masih duduk dibangku sekolah dasar.

“Awalnya saya jatuh dari sepeda waktu usia 3 tahun, saya mengalami law vision waktu itu hanya sebelah. Saat usia 7 tahun kemampuan mata terus berkurang dan akhirnya jadi kedua mata saya kehilangan kemampuan melihat,” tutur Ridho kepada sukabumiupdate.com, Selasa (28/10/2020).

BACA JUGA: Video: Tini Kasmawati, Tuna Netra Penjaga Owa Jawa di Hutan Lengkong

“Saya sempat sekolah taman anak anak dan umum waktu itu. Tapi setelah tak bisa melihat total akhirnya sata pindah ke sekolah luar biasa,” sambungnya.

Disinilah Ridho mulai mendalami ilmu bermusik, tentunya dengan bimbingan dari mentornya di SLB. Semangatnya yang pantang menyerah, membuat Ridho saat ini sudah menguasai banyak alat musik, gitar, biola, gendang jaipong dan gamelan.

Selain pandai bermain alat musik, skil utama Ridho ternyata suaranya. Olah vokal yag dipelajari di SLB, membuat  Ridho menjadi salah satu vokalis dengan suara merdu.

 “Bagi saya lebih baik gagal dari pada menyesal,” ucapnya.

BACA JUGA: Kisah Kati, Gadis 17 Tahun Penyandang Tunanetra di Purabaya Sukabumi 

Bagi Ridho ketika gagal maka kita akan mengambil langkah ke depannya supaya kita tidak jatuh pada lubang yang sama. “Tapi ketika kita sudah menyesal apa mau dikata,” tegasnya.

Laki-laki yang tinggal di Kecamatan Cibereum Sukabumi ini memang tidak menyesal. Jerih payahnya belajar musik berbuat banyak piala dan hadiah, kategori solo vokal; Juara 1 Gebyar Seni Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2008 (solo vocal), juara 1 FLS2N Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2014, Tingkat provinsi Tahun 2009 dan 2010, lomba festival grup band tingkat nasional di Bandung Tahun 2012 dan pernah ikuti festival bersama grup band Dimidle tahun 2018 dan 2019.

Niat belajar Ridho tak hanya dibidang musik, karena pria ini pernah menjadi juara dalam lomba MIPA tahun 2013. Lomba MTQ di FLS2N dan lomba MIPA pada OSN Provinsi Jawa Barat tahun 2015, juara 1 lomba MTQ dan literasi membuat cerpen Provinsi Jabar tahun 2016, pada tahun 2017 juara lomba literasi membuat essay tingkat provinsi, dan wakili Jawa Barat di level nasional.

“Sumpah pemuda saya maknai sebagai keyakinan tanggung jawab dan juga prinsip karena disitu terdapat kata-kata mengaku berbahasa satu bahasa indonesia, bukan berarti menggunakan bahasa satu2 nya tetapi bahasa yang tertanam dalam dirinya adalah bahasa indonesia. berbangsa satu bangsa indonesia yaitu kemanapun dimanapun bangsa dan tanah air yang harus dibela adalah Indonesia,” pungkas Ridho saat diminta pandangannya tentang perayaan Hari Sumpah Pemuda tahun 2020.

Menurut Ridho, Indonesia beruntung memiliki hari sumpah pemuda karena dihari tersebut dilakukan penanaman kembali semangat dan kesadaran nasionalisme dengan diucapkannya sumpah pemuda. Seandainya banyak diantara pemuda yang sudah terkikis rasa nasionalismenya akibat perkembangan zaman yang mengarah pada individualistis, dengan adanya sumpah pemuda ini mengembalikan kembali kesadaran nasionalisme seperti bunyi dari sumpah pemuda.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)
Sukabumi28 Maret 2024, 18:51 WIB

Kronologi Mobil Pikap Terjun ke Jurang 25 Meter di Cireunghas Sukabumi, Sopir Terluka

Berikut kronologi kecelakaan tunggal mobil pikap terjun ke jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi.
Kondisi mobil pikap yang masuk jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat28 Maret 2024, 18:42 WIB

6 Penyebab Berat Badan Naik Meski Sedang Berpuasa, Ini Pemicunya

Terdapat beberapa sebab yang memicu berat badan jadi naik meski sedang mnejalani puasa Ramadhan. Penting diantisipasi agar tidak makin buncit
Penyebab berat badan naik saat puasa | Foto : Pexels/ SHVETS production
Sehat28 Maret 2024, 18:30 WIB

Gejala Asam Lambung Naik: Sensasi Rasa Terbakar dari Dada Hingga Tenggorokan

Refluks asam lambung sesekali sering terjadi, namun jika Anda sering mengalaminya, Anda mungkin menderita kondisi yang lebih serius yang disebut penyakit refluks gastroesofageal (GERD).
Ilustrasi - Refluks asam umumnya terasa seperti sensasi terbakar di bagian tengah dada.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life28 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan!

Berikut ini doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan hari ke 17 dan 18
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan! (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)