Menu

04 Jul 2020, 12:55 WIB

Yuk Dukung Melati dan Rikjan, Pasangan Kota Sukabumi untuk Duta Genre Jabar

Pasangan Melati Putri Supriatna dan Rikjan Tri Syaban (19 tahun), menjadi perwakilan Kota Sukabumi dalam pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Jawa Barat. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pasangan muda Melati Putri Supriatna (20 tahun) dan Rikjan Tri Syaban (19 tahun), menjadi perwakilan Kota Sukabumi dalam pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Jawa Barat. Genre merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat. 

Melati mengatakan, terpilih menjadi perwakilan Kota Sukabumi untuk berjuang di Jawa Barat, berawal dari seleksi di tingkat kota dan kabupaten. Melati menyebut, setiap tahun terdapat pemilihan duta Genre tingkat kota dan kabupaten.

BACA JUGA: Mahasiswa Sukabumi Ini Masuk Grand Final Duta Baca Jawa Barat

"Kebetulan saya merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), jadi saya ikut tingkat Kota Sukabumi. Pemilihannya sendiri itu berbarengan dengan pemilihan duta kampus UMMI, tempatnya di UMMI. Rangkaian acara pemilihannya itu 17 hingga 31 Januari 2020 lalu dimulai dengan pengumpulan berkas," kata Melati kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (4/7/2020).

Melati menuturkan, tahap selanjutnya adalah audisi wawancara dan penampilan bakat (1 Februari 2020), lalu pengumuman finalis (5 Februari 2020), pembekalan 1 (9 Februari 2020), pembekalan 2 (16 Februari 2020), pembekalan 3 (23 Februari 2020) dan malam penganugerahan (29 Februari 2020).

BACA JUGA: Pengalaman Seru Mahasiswa Internship Asal Prancis Jadi Duta Kampus Nusa Putra

"Dari sekian ratus peserta yang terpilih menjadi duta kampus, hanya 22 orang atau 11 pasang. Kemudian terdapat beberapa duta atribut, yakni Duta Genre, Duta HIV/AIDS, Duta Wirausaha, Duta Pendidikan dan Duta literasi. Sisanya finalis duta kampus," tutur Melati.

"Dalam pemilihan duta atribut, pihak duta kampus UMMI bekerjasama dengan Pemerintahan Kota Sukabumi yang bersangkutan dengan bidangnya. Setiap duta atribut nantinya akan mewakili Kota Sukabumi ke tingkat Jawa Barat. Seperti sekarang ini, forum Genre Jawa Barat mengadakan pemilihan Duta Genre Jawa Barat yang akan dilaksanakan secara virtual pada tanggal 13-17 Juli nanti. Pemilihan Duta Genre se-Jawa Barat ini diikuti oleh kota dan kabupaten se-Jawa Barat," papar Melati.

BACA JUGA: 20 Pelajar Lolos Seleksi Tahap 1 Ajang Pemilihan Duta PPA Kabupaten Sukabumi

Melati, warga Kampung Cikukulu RT 12/04, Desa Cisande, Kecamatan Cikukulu, Kabupaten Sukabumi merupakan mahasiswi semester dua Jurusan Ilmu Hukum. Sementara pasangannya, Rikjan, warga Kampung Ciwangun RT 017/005, Desa Palasarigirang, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, merupakan mahasiswa semester dua Jurusan PJKR.

Pemilihan Duta Genre Jawa Barat sendiri akan ditentukan oleh pihak panitia. Tapi, warga Kota Sukabumi dapat memberikan dukungan dengan cara menyukai setiap postingan yang diunggah Melati di media sosial instagram.

"Kalau itu di-vote sama panitia. Kan nanti kita dari tanggal 6 sampai tanggal 11 setiap harinya post video kreatif yang berkaitan dengan Genre. Nah itu dilihat seberapa banyak yang nonton (like). Kalau masyarakat nanti bisa like postingan di akun instagram starjabar.ind. Bisa juga melihat dan menyukai konten videonya di akun Instagram melatipss dan muhamad.rikjan_," pungkasnya.

Reporter : OKSA BC
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ada yang berbeda saat Anda melewati Gang Kerajinan di wilayah Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Lokasi gang yang berada di RW 7 Desa Nagrak, Kecamatan Cisaat itu disulap dengan...

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah kebutuhan bahan pokok di Pasar Semi Moder (PSM) Cicurug, Kabupaten Sukabumi mengalami penurunan harga pasca hari raya Idul Adha 1441 Hijriah lalu.  Koordinator Pasar Semi Modern Cicurug,...

SUKABUMIUPDATE.com -  Satu lagi aset alam di selatan Sukabumi yang tengah digarap oleh pemerintah daerah sebagai destinasi wisata baru. Namanya Goa Baduy, di Kampung Palayangan Legok Picung Rt.01/01 Desa...

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang pria berinisial MAA (31 tahun) nekat mencuri celana dalam dan beberapa barang lainnya di Ramayana Department Store Sukabumi, Jalan Pasar Gudang RT 03/03 Kelurahan Tipar Kecamatan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya