Menu

Selasa, 15 Oktober 2019, 19:15 WIB

Ternyata Ini Kisah Dibalik Surat Untuk Presiden Dari Pejuang Amplop Cokelat Sukabumi

ilustrasi amplop cokelat yang biasa digunakan pencaker | Sumber Foto:sukabumiupdate.com

SUKABUMIUPDATE.com – Surat untuk presiden yang ditulis seorang pejuang lowongan kerja Sukabumi di media sosial viral. Surat yang berisi curahatan hati pencari kerja di Sukabumi yang harus berhadapan dengan budaya KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme) ternyata menyimpan kisah sedih, bolak balik tidak dapat kerja karena tak punya uang dan relasi orang dalam.

Ternyata surat tulisan tangan ini dibuat oleh Yun (inisial-red), perempuan muda yang belum lama lulus SMK, tinggal di Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi. Surat ini pertama kali diposting tanggal 23 September 2019 silam di grup facebook Cerita Pejuang Loker. 

Ternyata foto ini diposting ulang oleh Siti Jamilah Pawarna, warga Sukabumi di grup sukabumi facebook pada tanggal 5 Oktober 2019, yang kemudian viral. Postingan ini menyedot 133 komentar dan mendapatkan 2.106 emotion dari netizen. 

BACA JUGA: Susahnya Cari Kerja di Sukabumi, Surat Netizen Untuk Presiden Ini Viral

“Aku yang nulis surat itu, aku juga yang foto. Tidak masalah sih alhamdulilah akhirnya viral, karena ternyata yang senasib sama aku banyak, susah nyari kerja di Sukabumi kalau nggak punya relasi dan uang,” ujar Yun kepada sukabumiupdate.com, Selasa (15/10/2019).

Melalui chat inbox fanspage facebook sukabumiupdate.com, Yun kemudian bercerita alasannya menulis surat tersebut. “Saya tulis pesan itu karna saya tau dan saya ngerasain pas ngelamar ke salah satu pabrik di Cidahu yang dipanggil yang bawaannya orang dalem, dites langsung diterima. Jujur saya bingung kenapa kudu punya orang dalem padahal kan kesian kami kami yang gak punya org dalem,” sambung dia.

Surat yang ditulis yun, untuk Presiden Jokowi yang kemudian viral di media sosial. 

Ia lalu menggambarkan percapakannya dengan manajemen perusahan tersebut dalam rulisan narasi tanya jawab. 

Yun : Pak ko temen saya yg sd diterima? Padahal saya smk loh

Hrd : orang mana temennya?

Yun : sekampung ama saya pak.

Hrd : bagian apa kerjanya

Yun : helper kali pak soalnya kan sd

Hrd : oiyaa, ituma dibawa org dalem makanya masuk.

Yun : jadi kalo mau ngelamar kudu punya org dalem gitu? Baru diterima

Hrd : engga gitu juga, kan lokernya kalo ada diterima juga kalo ga ada gabakalan diterima.

Yun : (diem) 

Kekecewaan Yun di perusahaan itu ternyata tak cukup sekali,. Saat kembali karena ada informasi lowongan kerja selain sewing, ia lagi-lagi harus menelan kekecewaan. “Pas nunggu dipanggil, ada cewek yang ngelamar dibawa sama satpamnya dia gak bisa ngejait eh diterima, kan ga adil min,” ungkap Yun lebih jauh.

BACA JUGA: Cerita Pencaker Sukabumi, Kapok Masukan Lamaran Akibat Pungli Rekrutmen Tenaga Kerja

Gadis inipun hampir menyerah karena sulit mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya tanpa memiliki relasi atau uang. “Niat saya kerjakan pengen punya duit pengen ngasih orangtua uang dengan hasil kerja payah saya. Ibu saya aja engga nyerah biayain daya hidup ko saya nyerah. Jadinya saya gak bakalan nyerah.” 

Ia berharap surat tersebut dibaca oleh Presiden Jokowi. “Semoga aja bapak jokowi tau apa yang dirasain pejuang amplop coklat (cokelat),” pungkasnya.

 

Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono menghadiri sosialisasikan kebijakan pengelolaan Transfer Dana ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2020, di Aula Chakti Buddhi Bhakti Kantor Pusat...

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kampung Pasirpogor RT 01/07, Kelurahan Sudajaya Hilir, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, digegerkan dengan ditemukannya sesosok mayat pria tua di dalam rumah, Kamis (14/11/2019). Pria tersebut diketahui...

SUKABUMIUPDATE.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Islamabad, mengundang 60 orang generasi muda Pakistan dari tiga perguruan tinggi di Islamabad dan Rawalpindi untuk terlibat aktif dalam workshop batik eco-printing,...

SUKABUMIUPDATE.com - BMKG mencatat hingga pukul 06.59 WIB, ada sebanyak 74 aktivitas gempa susulan di laut Maluku Utara (Malut) setelah gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,1 mengguncang Jailolo, Maluku Utara...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya