Jabat Kapolresta Sukabumi, Intip Rekam Jejak Ahli Cyber Crime AKBP Wisnu Prabowo

Rabu 04 September 2019, 11:51 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menunjuk salah seorang ahli cyber crime (kejahatan cyber / siber) Mabes Polri AKBP Wisnu Prabowo untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Kepolisian Resort Kota Sukabumi yang baru menggantikan AKBP Susatyo Purnomo Condro. Wisnu Prabowo sebelumnya menjabat sebagai Kanit II Subdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri, dan pernah menjadi Wakapolres Sukabumi periode tahun 2013-2014 silam, saat masih berpangkat melati satu atau Komisaris Polisi (Kompol). 

Dari cek jejak digital yang dilakukan redaksi sukabumiupdate.com, Rabu (4/9/2019) sosok AKBP Wisnu Prabowo muncul dalam ekpos pengungkapan kasus sindikat pemerasan dengan modus “video chat sex” (VCS) di Kantor Bareskrim Polri pada tanggal 15 Februari 2019 silam. Dalam ekspos ini, Wisnu Prabowo mendampingi Kasubag Opinev Bag Penum Ropenmas Divisi Humas Polri AKBP Zahwani Pandra Arsyad (tengah) bersama Kasubdit 1 Siber Bareskrim Polri Kombes Pol Dani Kustoni.

BACA JUGA: Polresta Sukabumi Kantongi Rekaman CCTV Pelaku Penganiaya Enjih Alias Gagu

Jabatan Kapolres Kota Sukabumi yang diembannya saat ini sebenarnya bukan kali pertama bagi Wisnu Prabowo mengabdikan diri di Sukabumi. Dalam periode tahun 2013-2014 ia adalah Wakapolres Sukabumi (Kabupaten) dan berkantor di Palabuhanratu.

Saat ini ia masih berpangkat Kompol namun disejumlah kesempatan muncul memberikan keterangan publik kepada wartawan. Salah satu kasus yang cukup menonjol dan menyita perhatian warga Sukabumi saat itu adalah pengamanan 88 imigran gelap asal etni Rohingnya Myanmar yang menyewa wisma di Jalan Cipatuguran Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, 

Pada hari Jumat tanggal 11 Oktober 2013, Wisnu Prabowo memimpin tim pengamanan para imigran ini dari lokasi wisma ke Kantor Imigrasi Sukabumi. Imigran ini diduga tengah menunggu jasa perahu atau kapal yang akan mengantarkan mereka ke Pulau Christmas, Australia melalui pesisir pantai Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Polresta Sukabumi Ungkap Pencurian Spesialis Rumah Kosong

Tak hanya urusan imigran, rekam jejak Kompol Wisnu Wibowo sebagai Wakapolres Sukabumi pada waktu itu juga banyak tercatat dalam sejumlah kegiatan menghentikan aksi tawuran pelajar yang cukup tinggi di Sukabumi. Wisnu saat itu menginisiasi gerakan bersama dinas pendidikan dan petugas keamanan bersama masyarakat untuk mencegah aksi tawuran pelajar di Wilayah Kabupaten Sukabumi yang semakin marak dan ganas.

Wisnu pernah menjadi pemateri dalam sejumlah pengarahan langsung ke sekolah sekolah di wilayah Sukabumi yang sering melakukan tawuran. Bahkan ia bersama Dinas Pendidikan dan unsur lainnya berhasil memetakan 23 titik rawan tawuran pelajar di Kabupaten Sukabumi.

Dalam Telegram Rahasia (TR) bernomor ST/2313/IX/KEP/2019 tanggal 2 September 2019 yang diteken As Sdm Kapolri Irjen Eko Indra Heri, Kapolresta Sukabumi saat ini AKBP Susatyo Purnomo Condro dipindahtugaskan menjadi Wakapolres Jakarta Pusat. Polri menujuk AKBP Wisnu Prabowo sebagai pejabat baru Kapolresta Sukabumi yang akan segera bertugas dalam waktu dekat.

"Mutasi perwira tinggi, pejabat utama polda, dan para kapolres adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty and tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka meningkatkan performa kinerja organisasi," tutur Dedi saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (3/9/2019).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Bola26 April 2024, 18:31 WIB

Analisis Reaksi Pasca Indonesia Tekuk Korsel; Netizen Antusias dengan Capaian Timnas U-23

Tim Nasional Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) melalui drama adu penalti dengan skor 10-11 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (26/4)
Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) | Foro : Ist
Bola26 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1 Pekan ke-33

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Musik26 April 2024, 18:02 WIB

Selain IU, Inilah Daftar Idol K-Pop yang Akan Menggelar Konser di Indonesia

Selain IU, ada beberapa idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. Tentu saja mereka akan memberikan penampilan terbaik untuk penggemarnya.
NCT Dream, aespa, TREASURE, Babymonster, adalah idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. ( Sumber Foto: instagram @/aespa_official, @/nct_dream, @/yg_treasure_official,/ @/babymonster_ygofficial )
Life26 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Setiap Hari Usai Sholat, 5 Doa Mohon Diberikan Keselamatan

Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan.
Ilustrasi - Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan. (Sumber : unplash/@Masjid MABA)
Sukabumi26 April 2024, 17:44 WIB

Emak-emak Viral Maksa Minta Sedekah Terciduk Kembali ke Sukabumi

Emak-emak viral maksa minta sedekah terciduk kembali meresahkan warga Baros Sukabumi. Polisi dan kelurahan langsung turun tangan.
Petugas kepolisian saat mengadang emak-emak viral maksa minta sedekah yang kembali berulah di Baros Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Opini26 April 2024, 17:00 WIB

Kebangkitan Timnas U-23: Inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi Ayep Zaki nilai kebangkitan Timnas U-23 inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia.
Ayep Zaki bicara prestasi gemilang Timnas Indonesia U-23 yang lolos semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Istimewa)
Musik26 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Inilah Full Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral: Wahai Cinta Beri Pertanda.
Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).