Menu

Rabu, 04 September 2019, 18:51 WIB

Jabat Kapolresta Sukabumi, Intip Rekam Jejak Ahli Cyber Crime AKBP Wisnu Prabowo

AKBP Wisnu Prabowo saat ekspos kasus pemerasan modus pornografi. | Sumber Foto:Istimewa Net.

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menunjuk salah seorang ahli cyber crime (kejahatan cyber / siber) Mabes Polri AKBP Wisnu Prabowo untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Kepolisian Resort Kota Sukabumi yang baru menggantikan AKBP Susatyo Purnomo Condro. Wisnu Prabowo sebelumnya menjabat sebagai Kanit II Subdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri, dan pernah menjadi Wakapolres Sukabumi periode tahun 2013-2014 silam, saat masih berpangkat melati satu atau Komisaris Polisi (Kompol). 

Dari cek jejak digital yang dilakukan redaksi sukabumiupdate.com, Rabu (4/9/2019) sosok AKBP Wisnu Prabowo muncul dalam ekpos pengungkapan kasus sindikat pemerasan dengan modus “video chat sex” (VCS) di Kantor Bareskrim Polri pada tanggal 15 Februari 2019 silam. Dalam ekspos ini, Wisnu Prabowo mendampingi Kasubag Opinev Bag Penum Ropenmas Divisi Humas Polri AKBP Zahwani Pandra Arsyad (tengah) bersama Kasubdit 1 Siber Bareskrim Polri Kombes Pol Dani Kustoni.

BACA JUGA: Polresta Sukabumi Kantongi Rekaman CCTV Pelaku Penganiaya Enjih Alias Gagu

Jabatan Kapolres Kota Sukabumi yang diembannya saat ini sebenarnya bukan kali pertama bagi Wisnu Prabowo mengabdikan diri di Sukabumi. Dalam periode tahun 2013-2014 ia adalah Wakapolres Sukabumi (Kabupaten) dan berkantor di Palabuhanratu.

Saat ini ia masih berpangkat Kompol namun disejumlah kesempatan muncul memberikan keterangan publik kepada wartawan. Salah satu kasus yang cukup menonjol dan menyita perhatian warga Sukabumi saat itu adalah pengamanan 88 imigran gelap asal etni Rohingnya Myanmar yang menyewa wisma di Jalan Cipatuguran Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, 

Pada hari Jumat tanggal 11 Oktober 2013, Wisnu Prabowo memimpin tim pengamanan para imigran ini dari lokasi wisma ke Kantor Imigrasi Sukabumi. Imigran ini diduga tengah menunggu jasa perahu atau kapal yang akan mengantarkan mereka ke Pulau Christmas, Australia melalui pesisir pantai Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Polresta Sukabumi Ungkap Pencurian Spesialis Rumah Kosong

Tak hanya urusan imigran, rekam jejak Kompol Wisnu Wibowo sebagai Wakapolres Sukabumi pada waktu itu juga banyak tercatat dalam sejumlah kegiatan menghentikan aksi tawuran pelajar yang cukup tinggi di Sukabumi. Wisnu saat itu menginisiasi gerakan bersama dinas pendidikan dan petugas keamanan bersama masyarakat untuk mencegah aksi tawuran pelajar di Wilayah Kabupaten Sukabumi yang semakin marak dan ganas.

Wisnu pernah menjadi pemateri dalam sejumlah pengarahan langsung ke sekolah sekolah di wilayah Sukabumi yang sering melakukan tawuran. Bahkan ia bersama Dinas Pendidikan dan unsur lainnya berhasil memetakan 23 titik rawan tawuran pelajar di Kabupaten Sukabumi.

Dalam Telegram Rahasia (TR) bernomor ST/2313/IX/KEP/2019 tanggal 2 September 2019 yang diteken As Sdm Kapolri Irjen Eko Indra Heri, Kapolresta Sukabumi saat ini AKBP Susatyo Purnomo Condro dipindahtugaskan menjadi Wakapolres Jakarta Pusat. Polri menujuk AKBP Wisnu Prabowo sebagai pejabat baru Kapolresta Sukabumi yang akan segera bertugas dalam waktu dekat.

"Mutasi perwira tinggi, pejabat utama polda, dan para kapolres adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty and tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka meningkatkan performa kinerja organisasi," tutur Dedi saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (3/9/2019).

Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Warga yang mengalami keracunan makanan di Desa Sirnamekar, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, masih terus dipantau tim kesehatan dari Puskemas Bangbayang dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi. Keracunan ini terjadi setelah...

SUKABUMIUPDATE.com - Ambisi Daud Yordan kembali menggenggam status juara dunia terkabul. Petinju Indonesia ini baru saja meraih gelar juara dunia kelas ringan super IBA dan WBO Oriental, Minggu (17/11/2019). Sabuk...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku tidak ada masalah soal gaji salah satu calon pelatih timnas Indonesia, Luis Milla Aspas, yang terbilang mahal. Bagi lelaki yang akrab...

SUKABUMIUPDATE.com - Belum lama ini publik digegerkan dengan peristiwa seorang wanita yang melahirkan bayinya di kelab malam. Terdengar aneh namun sungguh-sungguh terjadi, sang bayi bahkan mendapatkan tiket masuk ke...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya