Menu

Sabtu, 20 April 2019, 11:19 WIB

Tekad Hasanudin, Mahasiswa UIN Asal Jampang Kulon Ingin Harumkan Sukabumi Lewat MTQ

Hasanudin (22 tahun), mahasiswa semester VIII UIN Sunan Gunung Djati Bandung asal Kampung Ciranjang RT 003/001, Desa Cikarangeusan, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Hasanudin (22 tahun), mahasiswa semester VIII UIN Sunan Gunung Djati Bandung asal Kampung Ciranjang RT 003/001, Desa Cikarangeusan, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi, dalam persiapan seleksi Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) yang akan dilaksanakan tahun ini di UIN Jawa Timur. Seleksi, dilakukan di UIN Bandung, Kamis (25/4/2019) mendatang.

"Saat ini sedang persiapan seleksi untuk event PIONIR, yang akan dilaksanakan pada tanggal (25/4/2019) di UIN Bandung," ujar Hasanudin kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (20/4/2019).

Hasanudin berharap dukungan serta doanya dari masyarakat Sukabumi. Sebab dirinya ingin mengharumkan nama Sukabumi melalui seni baca Alquran.

BACA JUGA: Cantik dan Jago Kaligrafi, ASN Depag Kota Sukabumi Juara II MTQ Korpri Nasional

"Mohon doa restu untuk warga Pajampangan Kabupaten Sukabumi agar bisa mewakili UIN Bandung. Insya Allah, saya bercita-cita ingin mengharumkan nama daerah, nama Indonesia di mata dunia internasional melalui MTQ," ujar Hasanudin. 

Hasanudin merupakan lulusan SDN Karanganyar pada tahun 2009. Kemudian SMPN 05 Jampang Kulon Satu Atap tahun 2012 dan 

Lulus MA Nida Bahari Jampangkulon 2015. Dia kemudian melanjutkan kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung jurusan Manajemen Dakwah dan Komunikasi semester VIII. 

BACA JUGA: MTQ Tingkat Kecamatan Cicurug Sukabumi, Ajang Penguatan Akhlak Anak

Adapun sederetan prestasi yang telah ditorehkannya yaitu juara 1 MTQ antar mahasiswa baru di UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2015, juara 2 MTQ tingkat remaja Kota Sukabumi tahun 2016 kemudian juara MTQ tingkat remaja Kabupaten Sukabumi tahun 2018. 

Prestasi lainnya juara MTQ Q-Fest Masjid Salman ITB Bandung se-Kota dan Kabupaten Bandung, lalu juara 2 Musabaqoh Syarhil Quran (MSQ) pada PIONIR antar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tingkat nasional di Banda Aceh tahun 2017.

Juara 3 MSQ pada kegiatan Festival Seni Islam (FSI) yang diselenggarakan Hiqma UIN Syarif Hidayatullah tingkat nasional.

BACA JUGA: Kabupaten Sukabumi Tiga Besar MTQ XXXV Jabar, Jawaranya Kota Bandung

Sementara itu Rismayandi, pengajar di SMPN 05 Jampang Kulon Satu Atap menyatakan, sangat mengenal Hasanudin. Sosoknya pemalu namun gigih dan selalu semangat. 

"Dia peserta didik yang pemalu namun kegigihan dan semangat cukup tinggi dalam pencapaian prestasi, baik akademik maupun non akademik," pungkasnya.

 

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Peristiwa kecelakaan maut yang menewaskan Suryani (17 tahun) menyisakan duka mendalam bagi keluarga. Suryani tewas tertimbun batu bara dari truk yang terguling di Jalan Raya Siliwangi, Desa...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi berupaya agar kejadian banjir akibat luapan Sungai Ciranca, tidak kembali terjadi. Sebelumnya, sungai tersebut meluap hingga menyebabkan banjir yang merendam Kantor Kelurahan Palabuhanratu, Jumat...

SUKABUMIUPDATE.com - Si jago merah melalap habis gudang yang dijadikan tempat pengolahan bahan baku kasur di Kampung Ciburial RT 060/012, Desa Gunungguruh, Kecamatan Gunungguruh, pada Sabtu (20/4/2019) sekitar pukul...

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran terjadi di Pom Bensin (SPBU) dengan kode 34-43307, di Kampung Sekarwangi Rt 03/19, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Akibatnya satu orang terluka dan empat mobil...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya