Menu

05 Peb 2019, 20:19 WIB

Masih Ingat Ustadz Mini asal Jampang Tengah Sukabumi? Begini Kondisinya Sekarang

Ustadz mini asal Jampang Tengah, Dede Setiawan beserta keluarga kecilnya. | Sumber Foto:Demmy Pratama.

SUKABUMIUPDATE.com - Masih ingat dengan ustadz mini asal Jampang Tengah? Ia adalah Dede Setiawan (40 tahun). Ukuran tubuh Dede yang tak seperti ukuran tubuh manusia pada umumnya, yakni 80 sentimeter, membuat ia harus berusaha lebih keras ketimbang orang biasa.

Ia hanya mengandalkan penghasilannya sebagai pengajar di madrasah yang berjarak sekitar tiga kilometer dari tempat tinggalnya, yang berlokasi di Kampung kecil di Pasir Honje RT 05/01, Desa Bojongtipar, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Semangat Ustad Mini di Jampangtengah, Ikhlas Mengajar Dengan Honor Minimalis

Di rumah berukuran 4x6 meter persegi tersebut, Dede tinggal bersama istri dan dua orang anak yang masih kecil. Namun kini, kondisi rumah itu sudah nampak rapuh. Keterbatasan fisik Dede membuatnya tak mampu memperbaiki rumah tersebut.

Apalagi kalau mengandalkan upah mengajarnya di Madrasah Fathul Huda, Kampung Citarik, Desa Bojong Tipar, Kecamatan Jampang Tengah yang hanya Rp 100 ribu setiap bulannya.

"Itu pun tidak rutin. Tergantung ada dan tidaknya warga yang membayar. Tapi saya tidak ambil pusing, karena niat saya ibadah," ungkap Dede pada sukabumiupdate.com, Selasa (5/2/2019).

Profesinya sebagai guru madrasah dan guru mengaji ini sudah ia jalani sejak 20 tahun lalu. Meski upah yang ia terima tak seberapa, ia senang menjalani profesinya tersebut karena dilandasi niat ibadah.

"Pernah saya berinisiatif untuk meminta bayaran sama anak-anak sebesar Rp 2 ribu setiap bulan untuk bayar listrik. Namun orang tua mereka memilih untuk menghentikan anaknya mengaji ditempat saya," sambung Dede.

Dede mengaku sempat menerima bantuan dari pemerintah sesa sebagai insentif untuk guru madrasah dan guru mengaji. Namun itu pun hanya satu tahun sekali.

"Pernah saya terima Rp 100 ribu setiap tahun. Saya syukuri saja sebagai rezeki," lanjutnya.

Di tengah keterbatasan yang ia miliki, dan perjuangannya bagi keluarga dan pendidikan, Ustadz Mini asal Jampang Tengah itu masih memiliki harapan agar dapat membahagiakan keluarganya, salah satunya dengan membuat mereka nyaman di dalam rumah yang layak.

Reporter : DEMMY PRATAMA
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dilansir dari tempo.co, Psikolog lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa Maya Sita mengatakan masyarakat dapat mengelola emosi untuk mengatasi tekanan psikologis saat harus bekerja di rumah di tengah wabah...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru bicara pusat informasi dan koordinasi Covid-19 Kabupaten Sukabumi Harun Alrasyid menyatakan, warga Desa Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, yang meninggal di RSUD Sekarwangi Cibadak pada Jumat...

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis daftar narapidana kasus korupsi yang kemungkinan bebas bila Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly benar-benar merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012...

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kesehatan mengajak warga Sukabumi yang berprofesi di bidang kesehatan untuk bergabung menjadi sukarelawan yang nantinya akan ditempatkan di Rumah Sakit (RS) darurat Covid-19. Penerimaan sukarelawan dalam penanganan Covid-19...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya