Menu

Jumat, 01 Pebruari 2019, 11:29 WIB

Pernah Ambruk, Janda Tua di Surade Sukabumi Bertahan Huni Rutilahu

Kondisi rumah panggung milik Iin (60 tahun) warga Kampung Badaknawing Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Iin (60 tahun) janda tua beranak empat, warga Kampung Badaknawing RT 22/10 Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, puluhan tahun menempati rumah tak layak huni.

Rumah panggung berukuran 6x5 meter berdinding bilik yang sudah lapuk tersebut, memiliki satu ruang kamar dan satu ruang tengah, sementara dapur berada di luar rumah.

"Rumah itu pernah ambruk pada tahun lalu dan menimpa rumah tetangga sebelah," ujar Samas (37 tahun) tetangga dekat Iin, kepada sukabumiupdate.com, Jumat (1/2/2019).

Kediamana Iin yang sudah lapuk tersebut sempat diperbaiki oleh warga dengan alakadarnya.

"Kami mengganti bambu atap rumah serta menambal bilik yang rusak, dan sekarang sudah mulai rusak lagi. Bahkan sangat mengkhawatirkan, seandainya terjadi hujan angin, takut ambruk lagi. Lihat saja bambu dan kayu sudah ada yang patah," pungkasnya.

Bobon (70 tahun), warga lainya menambahkan hampir 10 tahun Iin menghuni rumah tersebut dengan kondisi sangat mengkhawatirkan, sejak suaminya meninggal.

BACA JUGA: Nenek Huni Rumah Reyot di Kebonpedes: Mudah-mudahan Bupati Bisa Bantu

"Dia (Iin, red) mempunyai empat anak perempuan semuanya sudah berkeluarga. Namun karena faktor ekonomi hanya bisa membantu sebatas kebutuhan sehari hari," katanya.

Selagi fisik Iin masih kuat, kata Bobon kesehariannya mencari rumput laut, namun karena sekarang kondisinya sudah tidak mampu sehingga hanya diam di rumah saja.

"Rumah itu sering difoto dan didata, terakhir ada pendataan pada 2017. Katanya ada bantuan rehab, namun sampai detik ini belum juga diperbaiki," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kurang lebih sudah 10 tahun, Adang Jaenudin (60 tahun) menjabat sebagai Ketua RT 04/01 Kampung Sukaraja, Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, dan selama itu pula ia...

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang buruh serabutan, Abduloh (61 tahun) warga Kampung Babakan Pamoyanan RT 01/09, Desa Bojongsawah Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, terpaksa tinggal di rumah tidak layak huni (rutilahu) warisan...

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan warga mendatangi kantor Desa Jambenenggang, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi. Hal itu sebagai bentuk dukungan moril kepada Kades Jambenenggang, Ojang Sopandi, pasca dilaporkan ke Kejari oleh Gerakan...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah rumah panggung berdinding bilik ukuran 6x4 meter persegi di Kampung Babadan RT 16/04 Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi rusak berat diterjang hujan angin pada Kamis...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya