Menu

Rabu, 30 Januari 2019, 07:00 WIB

Suka Duka Ade Umar, Pemahat Batu Api dari Cibadak Sukabumi

Ade Umar (54 Tahun), warga Kampung Benda RT 05/20 Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi sedang memahat batu. | Sumber Foto:Ruslan AG

SUKABUMIUPDATE.com - Kekayaan alam yang melimpah ruah di Kabupaten Sukabumi membawa berkah tersendiri untuk masyarakat. Sebut saja, keberadaan Gunungwalat yang memilki kekayaan alam berupa bongkahan batu api. Terbukti sampai saat ini, hasil alam tersebut masih banyak dimanfaatkan warga di wilayah Utara Sukabumi.

Salah satunya Ade Umar (54 Tahun), warga Kampung Benda RT 05/20 Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Ia adalah satu dari beberapa pemahat batu api di sekitaran Gunungwalat, Cibadak. Batu api tersebut nantinya untuk tungku pembakaran.

Ade mengaku sudah 15 Tahun menekuni pekerjaan tersebut. Untuk mendapat upah dari pekerjaannya, beberpa proses pun harus dilalui. Mulai dari menambang hingga memahat batu menjadi berukuran 22 sentimeter, lebar 10 sentimeter dan tebal 6 sentimeter.

Semua proses itu ia lakukan menggunakan alat seadanya. Ade pun tak sungkan berkisah tentang suka dan duka sepanjang ia menekuni profesi tersebut.

"Sukanya itu ketika menambang menemukan batu yang tidak begitu keras. Dukanya itu ketika menemukan batu yang keras hingga alat yang terbuat dari besi batangannya nyangkut di sela-sela batu," ujar Ade kepada sukabumiupdate.com, Selasa (29/1/2019).

BACA JUGA: Tukang Cilok di Nyalindung Sukabumi Ini Viral, Dikira Kembaran Shah Rukh Khan

Ade biasa memulai kesehariannya sejak matahari terbit hingga pukul 12.00 WIB. Selama berjam-jam Ade menghabiskan waktu di tambang batu api. Di tambang, Ade mengumpulkan bongkahan batu api agar ukurannya sesuai dengan yang diinginkan pengepul.

Dalam satu hari, ayah satu anak itu bisa membuat 40 hingga 50 biji batu api. Untuk satu biji batu api, Ade mengapat upah Rp 900.

"Setelah numpuk, nanti ada mobil truk yang mengambil. Kalau untuk gajiannya dibayar per minggu," tandasnya.

Reporter : RUSLAN AG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Perusahaan garmen PT Sentosa Utama Garmindo (SUG) tak kunjung menepati janjinya kepada buruh hingga memicu aksi unjuk rasa lanjutan, Rabu (30/1/2019). Dalam aksi kali ini berbagai poster tuntutan...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Desa Jambenenggang, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Ojang Sopandi berencana akan menuntut balik atas pelaporan dirinya ke Kejaksaan Negeri (Kejari) pada Senin (28/1/2019) oleh masyarakat yang tergabung...

SUKABUMIUPDATE.com - Isak tangis mengiringi pemakaman jenazah Milah di TPU Bangkalok, tak jauh dari tempat tinggalnya Kampung Cigadog RT 03/07, Desa Caringin, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, Selasa (29/1/2019) sore....

SUKABUMIUPDATE.com - Stephen Hillenburg, kreator dari serial Nickelodeon yang ikonik "Spongebob SquarePants" meninggal dunia pada usia 57 tahun akibat komplikasi ALS. Amyotrophic lateral sclerosis (ALS) yang juga dikenal dengan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya