Light Dark

Pemuda Surade Sukabumi Bela Tim Dayung Indonesia di Asian Games

Figur | 22 Aug 2018, 09:58 WIB
Ujang Hasbulloh saat mengikuti kejuaraan dayung di Sydney Australia. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Ujang Hasbulloh (23 tahun). Pemuda kelahiran 11 Mei 1995, ikut membela tim dayung Indonesia di perhelatan  Asian Games 2018.

Dari data yang dihimpun sukabumiupdate.com, Ujang Hasbulloh, kini tercatat sebagai mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)  Bandung, semester terakhir.  Anak bungsu dari lima bersaudara dari pasangan suami istri Sopudin (65 tahun) dan Saliah (60 tahun) itu adalah warga Kampung Sukasirna RT 05 RW 10, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Menurut Sopudin, sebenarnya Hasbulloh juga mempunyai bakat bermain sepakbola. Hasbulloh sekolah di MI Sukasirna Surade  lulus tahun 2008, SMP terpadu Darul Amal Jampangkulon (2011), dilanjutkan ke MAN 3 Sukabumi(2014).

"Sekarang kuliah di UPI jurusan PGSD Penjas, dapat bea siswa (4 tahun). Dia ikut kegiatan olahraga polo air dan dayung. Sekarang ikut tim dayung Indonesia di Asian Games," ujar kata Sopudin kepada sukabumiupdate.com, Rabu (22/8/2018).

"Alhamdulillah, dia sekarang bisa masuk tim nasional, dan membela Indonesia. Kami sangat bangga," tambahnya.

Profil Ujang Hasbulloh. (Foto: Istimewa).

Kakak kandung Hasbulloh, Rohayati (42 tahun), mengatakan adiknya juga aktif menggeluti olahraga polo air. Pada tahun 2016, ditunjuk oleh panitia PON Jawa Barat menjadi pemandu  tim dayung Kalimantan. Semenjak itulah dia menggeluti dayung.

BACA JUGA: IJSL Cipta Cendikia Juara, Fathur Rahman Asal Cicurug Sukabumi Buat Bangga

Hasbulloh menggeluti olahraga dayung bersama rekannya di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UPI. Berbagai kejuaraan diikutinya,  baik dalam atau luar negeri. Hasbulloh juga pernah ikut membela tim Jabar pada kejurnas dayung  di Palembang pada  2017.

"Saat ikut seleksi untuk Asian Games, dia menelepon. Minta doa restu, karena ada lima orang dari UPI yang ikut seleksi," ucapnya.

"Di tim nasional dayung,  dia sebagai driver  di kelas 8 plus. Mudah-mudahan bisa membuat catatan terbaik, meraih medali," pungkasnya.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

RAGIL GILANG

Reporter