Menu

06 Apr 2020, 16:25 WIB

Pasien Positif Corona Terbaru di Kabupaten Sukabumi Berstatus OTG (Orang Tanpa Gejala)

Petugas mendata pendatang (pemudik) dipintu masuk Kabupaten Sukabumi perbatasan Kabupaten Bogor | Sumber Foto:ISTIMEWA (Diskominfo)

SUKABUMIUPDATE.com – Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengkonfirmasi tambahan satu pasien positif corona hasil swab test. Pasien 02 ini ternyata OTG (Orang Tanpa Gejala), yang saat ini tengah menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan salah satu puskesmas di Kabupaten Sukabumi karena dalam keadaan sehat.

Hal ini diungkapkan juru biacara sekaligus sekretaris pusat informasi dan kordinasi covid-19 Kabupaten Sukabumi, Harun Alrasyid kepada wartawan Senin (6/4/2020) di Pendopo Sukabumi. “Pasien positif baru ini terkonfirmasi dalam uji lab swab test pertama yang dilakukan oleh puslabda kesehatan Provinsi Jawa Barat,” jelasnya.

Saat ini ada dua warga Kabuaten Sukabumi terkonfirmasi positif corona, hasil swab test. “Yang 01 temuan pertama saat ini kondisinya terus membaik, nah yang baru ini ternyata awalnya masuk kategori OTG karena baru datang (pemudik) dari daerah zona merah covid-19,” sambung Harun.

Gugus tugas belum menjelaskan lebih rinci usia dan jenis kelamin pasien 02 yang saat ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya dengan pengawasan dari tim medis puskesmas. Selain merilis pasien positif baru corona, dalam rilis hari ini gugus tugas juga menemukan tiga warga Sukabumi lainnya dengan status OTG berpotensi corona setelah menjalani rapid test dan hasilnya positif.

“Sampai saat ini kita sudah melakukan lebih dari 2000 rapid test kepada warga Sukabumi yang tentunya kategori berpotensi, seperti OTG baik pemudik maupun elemen warga lainnya, ODP hasil tracing, dan PDP,” beber Harun yang juga menjabar sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabuaten Sukabumi ini lebih jauh.

BACA JUGA: Update 6/4/2020: Positif Corona di Kabupaten Sukabumi Bertambah, RDT Jaring 3 Warga Berpotensi

Untuk pemantauan dan pengawasan baik untuk OTG, ODP, bahkan PDP termasuk yang positif dipastikan sesuai dengan protokol kesehatan sesuai standari kementrian kesehatan soal penanganan covid-19. Seperti diberitakan sebelumnya, kedatangan pemudik yang pulang kampung ke desa-desa di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi menjadi tantangan tersendiri bagi penanganan wabah corona di Kabupaten Sukabumi.

Data terkini, OTG dengan mayoritas adalah pemudik ulang kampung di Kabupaten Sukabumi mencapai 8791 orang. Mereka semua terdeteksi dari berbagai upaya pendataan yang dilakukan dilevel kabupaten, kecamatan, desa hingga RW dan RT.

Mereka diminta untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Baru 200 orag OTG ini yang lolos masih isolasi dan dinyatakan selesai pemantauan, sisahnya masih menjalani masa pemantauan.

 

Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada Rabu, 27 Mei 2020, mengumumkan pembentukan sebuah yayasan yang akan menjadi sumber pendanaan baru, di mana uang yang terkumpul di yayasan...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden AS Donald Trump akan menandatangani perintah eksekutif pada perusahaan media sosial pada hari Kamis setelah Trump mengancam akan menutup situs web yang dituduhnya membungkam suara-suara konservatif. Dilansir...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah DKI Jakarta mensyaratkan mereka yang hendak masuk dan keluar wilayah Ibu Kota memiliki Surat Izin Keluar Masuk selama pandemi Covid-19. Dilansir dari tempo.co, jika tidak mengantongi...

SUKABUMIUPDATE.com - Lima mahasiswa terdakwa kasus meninggalnya Ipda Erwin dan terbakarnya tiga anggota Polres Cianjur dalam aksi unjuk rasa yang berujung ricuh diputuskan bersalah. Terdakwa utama dijatuhi hukuman 12...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya