Cara UKK Ganas Universitas Nusa Putra Peringati World HIV/AIDS Day 2019

Jumat 06 Desember 2019, 03:04 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam rangka memperingati World HIV/AIDS Day 2019, Unit Kegiatan Kampus (UKK) Gerakan Anti Narkoba dan HIV/AIDS (Ganas), Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi gelar acara pelantikan pengurus UKK Ganas Periode 2019-2021. Kegiatan dilanjutkan dengan seminar yang mengangkat tema 'Saya berani sehat tahu status lebih baik', di Areal kantin NPU Sukabumi, Kamis (5/12/2019).

BACA JUGA: UKK Ganas Universitas Nusa Putra: Narkoba Musuh yang Harus Dilawan

Acara dihadiri oleh para pembina UKK Ganas, dosen dan mahasiswa NPU Sukabumi. Seminar diisi oleh dr. Sri Yusti dari Puskesmas Karawang, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Dian Hendrayana Saputra dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukabumi, dan Hendra dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sukabumi.

Selanjutnya, dilaksanakan prosesi pelantikan pengurus UKK Ganas. Di tempat acara, juga berlangsung kegiatan donor darah dari mahasiswa dan civitas akademika NPU Sukabumi serta tes HIV/AIDS.

Pembina UKK Ganas, Rida Ista Sitepu, SH.,MH, (kiri) menyerahkan plakat penghargaan kepada dr. Sri Yusti.//FOTO: SRI CAHYANI

Ketua pelaksana kegiatan, Sugiri Wily Wiguna mengatakan, kegiatan ini merupakan media bagi mahasiswa untuk mengenal pentingnya kesehatan dan bahayanya HIV/AIDS, harapannya mahasiswa dapat berperan dalam meningkatkan kepedulian semua elemen masyarakat terhadap permasalahan HIV/AIDS.

"Peran mahasiswa juga dapat membantu menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA)," kata Sugiri seusai acara.

Kesehatan menurut Sugiri, menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam kehidupan kita, namun di era milenial sekarang banyak kaum milenial yang tidak menghiraukan kesehatan itu sendiri bahkan merusaknya.

BACA JUGA: UKK Ganas Universitas Nusa Putra Sosialisasikan Desa Bersinar

"UKK Ganas juga mengajak seluruh elemen mahasiswa, untuk berparisipasi dalam donor darah dan tes HIV/AIDS sebagai bentuk dari kesadaran bahwa pentingnya mengetahui status diri, juga bentuk partisipasi dalam mengatasi masalah sedikitnya stok darah di Sukabumi," terang Sugiri.

Salah satu peserta seminar, Barkah Hariri berharap UKK Ganas, kedepannya bisa lebih berkreasi dan inovatif dalam memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang memberi pengetahun tentang HIV/AID. "Ya, khususnya untuk orang-orang yang memang belum tahu tentang HIV/AIDS," kata mahasiswa Teknik Sipil 2019 ini.

Terpisah, pembina UKK Ganas, Rida Ista Sitepu, SH.,MH, mengatakan sesuai tema pembahasan, yaitu narkoba dan HIV/AIDS. Tujuan kegiatan ini agar mahasiswa sebagai generasi muda terbebas dari narkoba dan resiko tertular HIV/AIDS, karena menurutnya narkoba dan HIV/AIDS ini sangat dekat, pengguna narkoba memiliki resiko sangat tinggi tertular HIV/AIDS. "Khususnya pengguna narkoba dengan menggunakan jarum suntik secara bersama-sama," kata Rida. 

BACA JUGA: Haberma, Cara HMSI Universitas Nusa Putra Jalin Keakraban Dengan Mahasiswa Baru

Selanjutnya, menurut Rida, kegiatan donor yang dilaksanakan diacara ini, merupakan salah satu bukti kepedulian NPU Sukabumi. "Kita tahu, satu tetes darah itu sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkannya saat ini," ujar Rida.  

NPU Sukabumi melalui UKK Ganas, masih kata Rida tidak hanya melakukan kegiatan ini di kampus saja, namun akan menyebar di desa-desa dimulai dari desa terdekat dari kampus, salah satu yang sudah dilaksanakan yaitu sosialisasi Menuju Desa Bersinar (Bersih Narkoba) di Desa Cibolangkaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi pada Sabtu (23/11/2019).

"Kedepannya tidak hanya satu desa, dan kalau perlu desa-desa di Kabupaten Sukabumi bisa kita rangkul untuk kerjasama. Dan pada akhirnya akan menjadikan Kabupaten yang bebas narkoba, Kabupaten Sukabumi Bersih Narkoba (Bersinar)," tandas Rida.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 15:25 WIB

Inilah Finalis Terpilih Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2024

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi telah sukses menggelar acara Pasanggiri Mojang Jajaka tahun 2024
Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukabumi 2024 | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi19 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cleaning Service di Salah Satu Coffe di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Cleaning Service Lokasi Penempatan di Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi19 April 2024, 14:48 WIB

Gaji Belum Dibayar, Buruh Pabrik Tripleks Mengadu ke Disnakertrans Sukabumi

Terdapat 89 buruh yang belum menerima gaji, baik berstatus aktif maupun non-aktif.
Buruh pabrik pengolahan kayu tripleks (plywood) saat mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Opini19 April 2024, 14:36 WIB

Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih memiliki relevansi. Namun, dalam mengaplikasikan pemikiran tersebut, perlu dipertimbangkan juga konteks multikulturalisme yang menjadi realitas masyarakat Indonesia saat ini
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi/Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute | Foto : Sukabumi Update
Sehat19 April 2024, 14:30 WIB

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kayu Manis : Rempah Asli Indonesia Satu Ini Ternyata Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : pexels.com/@Mareefe)
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik