Menu

22 Apr 2019, 14:24 WIB

Hari Gizi Nasional, Ini Upaya Dinkes Kabupaten Sukabumi Turunkan Stunting

Bupati Sukabumi saat memberikan plakat penghargaan kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi, Didi Supardi, di acara peringatan hari Gizi Nasional, di alun-alun Palabuhanratu, Senin (22/4/2019). | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Peringatan Hari Gizi Nasional ke-59 tingkat Kabupaten Sukabumi dipusatkan di lapangan Alun-alun masjid Agung Palabuhanratu, Senin (22/4/2019).

Hari Gizi Nasional 2019 ini fokus pada upaya pencegahan kasus stunting demi bangsa Indonesia yang sehat dan berkualitas, khususnya di Kabupaten Sukabumi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi, Didi Supardi, berharap, peringatan Hari Gizi Nasional ini dapat meningkatkan komitmen mempererat kolaborasi seluruh pihak terkait untuk bekerja sama membangun gizi dalam upaya mencegah stunting.

BACA JUGA: 218 Balita di Kecamatan Cikidang Stunting, Ini Reaksi Bupati Sukabumi

Stunting kata Didi, merupakan faktor signifikan yang menghambat pembangunan sumber daya manusia. Stunting pada anak memberikan dampak pada kesehatan dan kinerja pendidikan serta keadaan ekonomi yang bisa mengganggu di kemudian hari juga masalah gizi merupakan ancaman besar bagi negara, karena akan berdampak pada menurunnya kualitas sumber daya manusia ke depannya.

"Kami terus berupaya menurunkan kasus stunting melalui kampanye, konvergensi program, dan akses pangan bergizi," jelasnya.

Didi menyebutkan kasus stunting di Kabupaten Sukabumi mencapai 41,4 persen. Kasusnya masuk ke dalam 100 kabupaten/kota lokus stunting. Sementara di Indonesia, prevalensi balita stunting berdasarkan data hasil riset kesehatan dasar pada 2018 sebesar 29,89 persen.

BACA JUGA: Seminar Kesehatan PT Amerta Indah Otsuka, Cegah Stunting di Sukabumi dengan Cara Ini

"Angka stunting di Jawa Barat sebesar 31,1 persen. Upaya penurunan stunting perlu kerja sama melalui penerapan pola gizi seimbang untuk mencapai ketahanan pangan dan kesehatan manusia," pungkasnya.

Pada peringatan Hari Gizi Nasional ini, empat kecamatan dan 10 desa di Kabupaten Sukabumi mendapat penghargaan dalam komitmen penanggulangan stunting di tahun 2018.

Empat Kecamatan itu adalah, Kebonpedes, Cidahu, Bantargadung dan Palabuhanratu, sementara untuk 10 desa adalah Pondokkasotengah, Kebonpedes, Bantargadung, Mangunjaya, Bojonggaling, Limusnunggal, Bantargebang, Boyongsari, Pasirsuren dan Cidahu.

Reporter : NANDI/ADV
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Dewan Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Wiku Adisasmito mencatat hingga 28 Juni 2020 terdapat 66 kabupaten atau kota yang masuk ke Zona Hijau Covid-19. "Sebanyak 33...

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, hingga saat ini bioskop di Kota Sukabumi belum beroperasi. Hal itu dikatakan Fahmi setelah diterbitkannya Surat Edaran tentang Protokol Kesehatan pada...

SUKABUMIUPDATE.com - Lebih dari seratus seniman rupa di Jawa Barat bergabung dalam pameran bersama secara daring atau online sejak 26 Juni hingga 26 Juli 2020. Penjualan karyanya untuk membantu...

SUKABUMIUPDATE.com - Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota AKP Cepi Hermawan menyebut, dugaan sementara penyebab tewasnya pedagang kaos kaki di Jalan Ahmad Yani, Gang Harapan, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya