Menu

Selasa, 19 Pebruari 2019, 18:24 WIB

Dewi Asmara Ajak Warga Sukabumi Hidupkan Program Pirus

Anggota Komisi IX DPR RI, Dewi Asmara dalam kegiatan sosialisasi Germas di Desa Langensari, Kec Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Rawin Soedaryanto

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi IX DPR RI, Dewi Asmara, mengajak masyarakat hidupkan gerakan pipir diurus (pirus). Hal itu disampaikan Dewi saat mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Aula Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Selasa (19/2/2019). 

"Kalau kita berbicara kesehatan harusnya kita sebagai warga masyarakat peduli dengan yang namanya Germas, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat," ujar Dewi di sela kegiatan sosialisasi. 

Salah satu bentuk pelaksanaan Germas adalah dengan tersedianya apotik alami di halaman rumah. Itu bisa terwujud dengan gerakan pirus. 

BACA JUGA: Dewi Asmara Kawal Bantuan BLK Untuk Pesantren di Sukabumi

"Pipir atau halaman rumah diurus, ditanami tanaman-tanaman obat tradisional. Seperti kumis kucing, sereh, dan lainnya," kata Dewi. 

Di sisi lain, Dewi juga berbagi tips terkait obat-obat tradisional yang murah namun berkhasiat. Kunyit misalnya, dapat dimanfaatkan sebagai antibiotik. 

Yakni dengan cara dibakar, lalu diminimum. Seketika itu juga diminum. "Gak boleh ditunda-tunda. Kalau ditunda nanti beda khasiatnya, untuk daya tahan tubuh juga bagus," tutur Dewi. 

BACA JUGA: Senam Sehat Ala Dewi Asmara di Salabintana Sukabumi

"Kita harus menghargai obat-obatan tradisional, jadi usahakan kalau dibelakang rumah kita punya lahan tanam dengan tanaman yang dapat menolong diri kita sendiri. Seperti pohon jambu, kalau sakit perut itu daun jambu direbus bisa digunakan untuk mengurangi diare. Jangan menyepelekan obat yang menurut turun-temurun," imbuhnya. 

Dewi juga mengingatkan tentang pentingnya olahraga atau akivitas. Juga pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. 

BACA JUGA: Festival Duren Duren ke 2 di Cikakak Sukabumi, Dewi Asmara: Ini Sangat Positif

"Minum jamu boleh tapi pastikan disitu ada ijin BPOM," tambah Dewi. 

Untuk diketahui, sosialisasi Germas yang mengambil tema 'Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Keamanan dan Mutu Produk Alkes dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga' ini diselenggarakan bersama Direktorat Penilaian Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga(PKRT), Dirjenl Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan.

Reporter : RAWIN SOEDARYANTO
Redaktur : MULVI MN
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Golkar, Dewi Asmara menaruh perhatian akan pentingnya peningkatan fasilitas kesehatan di wilayah Pajampangan, Kabupaten Sukabumi. Hal itu disampaikan Dewi Asmara saat...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Golkar, Dewi Asmara mengapresiasi kunjungan Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman ke Sukabumi pada Kamis (21/2/2019). Dewi menilai, kunjungan tersebut...

SUKABUMIUPDATE.com - Iring-iringan ratusan sepeda motor ojek online (ojol) mendatangi Mapolsek Parungkuda, Selasa (19/2/2019). Aksi tersebut dilakukan menyusul adanya dugaan pemukulan terhadap salah seorang driver ojol asal Cibubur yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Kantor Cabang Perumda Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sukaraja, Kabupaten Sukabumi mengajak masyarakat, khususnya para orangtua, untuk mengikuti program tabungan Simpanan wajib belajar (Siwajar). Program tabungan ini bisa...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya