Menu

08 Agu 2018, 19:53 WIB

Dinkes Kabupaten Sukabumi Himbau Warga Tak Takut Imunisasi Campak dan Rubella

Ilustrasi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi menghimbau masyarakat agar tidak takut untuk melakukan imunisasi terhadap anaknya. Hal itu menyusul maraknya pemberitaan miring terkait imunisasi campak dan rubella.

Informasi dihimpun, beberapa kasus kesehatan anak menurun setelah imunisasi membuat kekhawatiran masyarakat. Salah satu contoh kasus, Dimas seorang balita berusia 4 tahun warga Dusun Besole RT 1/3 Desa Darungan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar meninggal pasca diimunisasi rubella.

BACA JUGA: Dinkes Kabupaten Sukabumi, Tanggung Biaya Pengobatan Keracunan Tutut di Kadudampit

Sekretaris Dinkes Kabupaten Sukabumi, Harun Arrasyid menuturkan, masyarakat tidak usah khawatir untuk melakukan imunisasi di pos-pos pelayanan kesehatan untuk imunisasi, pasalnya tidak pernah terjadi kasus balita atau anak-anak meninggal dunia ataupun lumpuh akibat imunisasi di Kabupaten Sukabumi.

"Di Kabupaten Sukabumi belum pernah ada, kita yakin itu tidak akan terjadi karena obat imunisasi tersebut sudah dijamin aman oleh ahlinya," ujar Harun kepada sukabumiupdate.com, Rabu (8/8/2018).

Dihubungi terpisah, Kepala bidang Pengendalian Penyakit, Hendra Permana menambahkan, imunisasi campak dan rubella di Kabupaten Sukabumi telah dilakukan serentak tahun lalu, dan tidak ada kasus yang dikhawatirkan masyarakat. Sementara imunisasi yang dilakukan di Posyandu adalah imunisasi rutin dan tahap dua.

"Kita pastikan semua imunisasi itu aman, adapun masyarakat yang khawatir sebetulnya itu hal yang wajar. Namun tim-tim kesehatan sudah melakukan sosialisasi sebelum melakukan imunisasi, jadi yang khawatir itu belum ikut dalam sosialisasi," tuturnya.

BACA JUGA: Dinkes Kabupaten Sukabumi Pastikan Warga Cisarua Nagrak Keracunan Makanan

Ini terbukti, tegas Hendra, dengan dilakukannya imunisasi terhadap anak bisa mencegah beberapa penyakit fatal diantaranya, TBC, Polia, BCG, Hepatitis B, Campak dan Rubella.

"Masyarakat tidak perlu takut membawa anaknya untuk imunisasi, karena semua imunisasi itu fungsinya baik, dan bahkan untuk menjaga kesehatan anak beberapa tahun kedepan," pungkasnya.

Reporter : SAEPUL RAMDANI/ADV
Redaktur : KHAERU SOBRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua Ombudsman Lely Pelitasari Soebekty mengatakan ada indikasi komersialisasi penggunaan alat rapid test Covid-19. “Karena bisa jadi ini hukum ekonomi bekerja,” kata Lely dalam diskusi Perspektif...

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu resep tertua dari makanan manusia berupa adonan yang terdiri dari air dan tepung. Perpaduan dua bahan itu menciptakan rupa yang tak menggugah selera sama sekali:...

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran melanda sebuah penginapan di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/7/2020) sekira pukul 17.00 WIB. Dari keterangan saksi, api pertama kali terlihat di kamar...

SUKABUMIUPDATE.com - Survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan hasil sigi sejumlah menteri yang dinilai layak dicopot dalam rombak kabinet. Dilansir dari tempo.co, beberapa menteri yang dinilai layak diganti justru...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya