OM BIM, Webinar Ala Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Nusa Putra Sukabumi

Minggu 28 Juni 2020, 23:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Nusa Putra Sukabumi selenggarakan webinar bertajuk "Obrolan Mengenai Building Information Modelling" atau biasa disingkat OM BIM.

Webinar tersebut dilaksanakan pada 13 Juni 2020 lalu dengan mengundang Kasi Perencanaan dan Kerjasama Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Rezza Munawir Manik dan Kepala Prodi Teknik Sipil Universitas Nusa Putra Sukabumi, Paikun. Tak lupa, ada Reffy W Andriani, mahasiswa Teknik Sipil Universitas Nusa Putra Sukabumi yang menjadi moderator.

BACA JUGA: Hadapi Industri 4.0 Universitas Nusa Putra dan Kementerian PUPR Gelar Seminar Teknik Sipil

Webinar OM BIM kini dihadiri oleh sekitar 50 peserta yang terdiri dari mahasiswa Teknik Sipil dari berbagai universitas dan siswa serta guru SMK jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan.

Informasi yang dihimpun, acara itu berlangsung selama 2 jam, mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Giat menggunakan fasilitas zoom meeting menyesuaikan dengan protokol Covid-19 di masa pandemi.

"BIM sangat penting dipelajari di masa perkuliahan agar dapat mencetak SDM teknik sipil yang terspesialisasikan. BIM membuka lapangan kerja baru bagi para lulusan teknik sipil dan mempersiapkan pelaku konstruksi sesuai dengan program dari kementrian PUPR menuju Industri Konstruksi 4.0," Rezza Munawir Manik dalam webinar.

Pamflet OM BIM. | Istimewa

Menurut Ketua Prodi Teknik Sipil, Paikun, yang juga menjadi narasumber, adanya BIM merupakan kesempatan mahasiswa untuk meng-upgrade kemampuan dan mengikuti perkembangan teknologi konstruksi. Mahasiswa teknik sipil khususnya dengan mempunyai kompetensi metode BIM dapat bersaing di era masa kini dan di masa yang akan datang.

"Saat ini pemerintah telah membuat peraturan bahwa pelaksanaan konstruksi dengan kategori kompleks atau konstrksi bangunan gedung lebih dari 2000 m harus menggunakan metode BIM. Ke depan tidak menutup kemungkinan dibuat peraturan seluruh proyek konstruksi harus menggunakan metode BIM," ujarnya.

"Oleh karena itu bagi para mahasiswa sangat berpeluang besar untuk mampu bersaing di era ini juga dimasa mendatang. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Rezza Munawir Manik yang telah berkenan membimbing mahasiswa Nusa Putra untuk berlatih aplikasi berbasis BIM, serta telah membantu saya membimbing mahasiswa Nusa Putra dalam kegiatan lomba perencanaan menggunakan metode BIM dan menjadi juara," ungkapnya.

Suasana Webinar OM BIM. | Istimewa

Fahmi Ramdani, Ketua Pelaksana OM BIM menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut sudah pasti untuk mengenalkan apa itu BIM dan dikemas agar lebih mudah dipahami oleh mahasiswa.

"Tidak hanya mahasiswa Universitas Nusa Putra yang kita ajak untuk mengenal BIM ini, tetapi guru SMK dan mahasiswa universitas lainnya juga kita ajak untuk belajar bersama mengenal BIM ini," kata Fahmi.

BACA JUGA: Pesan dan Harapan Anniversary Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UNsP Sukabumi ke 9

Ia berharap kegiatan OM BIM ini menggugah teman-teman serta masyarakat untuk lebih memahami dan menyadari bahwa hari ini kita sudah tertinggal dalam perkembangan teknologi. 

"Dengan diadakannya kegiatan OM BIM semoga bisa memberi ilmu pengetahuan dari salah satu perkembangan teknologi di era sekarang ini. Semoga kegiatan webinar semacam ini mendapat dukungan positif dari berbagai kalangan agar dapat terlaksana kembali kegiatan serupa dengan tema yang berbeda," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi24 April 2024, 13:30 WIB

DPRD Minta Pemerintah Tangani Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi

Longsor sudah dua kali di Curug Cimarinjung sehingga harus menjadi perhatian.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung, Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 13:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Makanan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat | Foto : Pixabay
Sehat24 April 2024, 13:15 WIB

Cara Membuat Air Lemon untuk Mengobati Asam Urat, Solusi Alami dan Sehat!

Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.
Ilustrasi - Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat. (Sumber : Freepik.com).
Life24 April 2024, 13:12 WIB

Jadilah Teladan, Berikut 10 Strategi Peraturan di Rumah Agar Lebih Efektif bagi Anak

Meskipun setiap orang tua menerapkan peraturan yang berbeda-beda, namun sangat penting memiliki aturan rumah agar anak lebih disiplin dan tanggung jawab.
Ilustrasi menerapkan strategi peraturan rumah. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang

Ayah Bunda Yuk Kenali Sederet Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:08 WIB

Anggaran Pilkada Kota Sukabumi Capai Rp25 Miliar

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan anggaran sebesar Rp25 miliar itu muncul setelah melalui proses perampingan anggaran.
Ketua KPU Kota Sukabumi saat diwawancarai pada Selasa (23/4/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life24 April 2024, 11:01 WIB

Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

Memukul sering dilakukan oleh banyak orang tua, karena menurut mereka hal ini efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini memiliki efek negatif jangka panjang pada diri anak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa memukul. | Foto: Freepik