Seminar PGSD Universitas Nusa Putra, Dukung Mahasiswanya Move On

Senin 10 Februari 2020, 12:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Menemukan visi dan misi hidup yang sebenarnya adalah sebuah keniscayaaan. Karena itu, visi dan misi itu harus ada dalam diri setiap mahasiswa, agar cita-cita kehidupannya di masa depan dapat diraih.

BACA JUGA: PGSD Universitas Nusa Putra dan Helen Keller International Kerjasama Kampanye Pendidikan Inklusi

Tema tersebut menjadi pembahasan dalam seminar 'Move on Tetapkan Visi Misi Hidup Terbaikmu', yang diselenggarakan Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi bekerjasama dengan Sinergi Edukasi Indonesia, di Kampus NPU Sukabumi, Minggu (9/2/2020).

Seminar ini diikuti oleh 60 peserta mahasiswa PGSD. Hadir dalam acara ini Ketua Prodi PGSD, Utomo dan Dosen PGSD, Dede Permana. Narasumber seminar diisi oleh tiga ahli dari Sinergi Edukasi Indonesia.

Salah satu pemateri dari Sinergi Edukasi Indonesia sedang memaparkan materinya.//FOTO: SRI CAHYANI/JURNALIS NUANSA.

Sepanjang acara yang berlangsung dari mulai jam 08.00 WIB sampai 15.30 WIB itu, peserta mendapat banyak sekali materi, diantaranya tentang empat cara on-kan diri yaitu dengan cara menetapkan vision, meliputi visi dunia dan akhirat. Kemudian passion, yaitu menemukan kelebihan apa yang dicintai dan ingin dikenal sebagai apa.

Selanjutnya dengan collaboration, yaitu dengan membangun partner ingpin dan comunnity, dan terakhir dengan action, yaitu kerja keras dan kerja cerdas.

Menurut Ketua Prodi PGSD, Utomo kerjasama ini masih bersifat temporer, tetapi kedepannya akan lebih diperkuat, karena produk-produk dari Sinergi Edukasi Indonesia itu banyak, sehingga dapat memilih mana yang cocok untuk Prodi PGSD.

Melalui acara ini, lanjut Utomo pihaknya ingin mendukung mahasiswa PGSD agar benar-benar fokus terhadap kuliah yang sedang di jalani sampai waktu yang di tentukan. 

BACA JUGA: Kampanye Publik Pendidikan Inklusif Ala HKI dan Hima PGSD Universitas Nusa Putra

"Ini bertujuan sebagai upaya untuk memotivasi mahasiswa yang selama ini belum memiliki visi dan misi dalam hidupnya," kata Utomo seusai acara.

Dirinya berharap, dengan visi misi yang sudah mahasiswa tulis di acara seminar ini, menjadi dokumen sumpah yang mereka cita-citakan. "Antusiasme para peserta sangat tinggi karena telah menemukan diri mereka itu siapa," cetus Utomo. 

Pihak Sinergi Edukasi Indonesia yang diwakili salah satu pemateri, Zainal Umuri mengaku senang saat diundang oleh Prodi PGSD Universitas Nusa Putra untuk bekerjasama menggelar seminar ini. Karena menurutnya, sebagai mahasiswa terutama calon guru harus mempunyai visi hidup, bukan hanya visi dunia tetapi visi akhirat.

"Senang, bahagia karena pesertanya sangat semangat menulis rencana aksi, sehingga sangat mudah bagi mereka mencapai visi misinya nanti," kata Zainal.

Isu dan tema baru dalam seminar ini membuat para peserta mendapat kesan berbeda dan luar biasa. Hal itu diungkapkan salah satu peserta, Nurindah Juliandari.

Menurut mahasiswa yang akrab disapa Indah ini, tema dan materi seminar ini sangat seru. Pembahasaannya membuat dia menemukan visi hidup sebenarnya. 

"Kami mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat untuk kehidupan kedepannya, dimana visi itu harus ada dalam hidup kita agar terarah cita-citanya," tandas Indah.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)