Menu

Rabu, 09 Oktober 2019, 13:04 WIB

Fasilitas Komputer Minim, Komisi IV DPRD Sukabumi Ingatkan Sekolah Tidak Tarik Iuran UNBK

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari komisi IV melaksanakan rapat bersama dengan Staf Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Selasa (8/10/2019). | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar menegaskan, jangan sampai ada oknum sekolah yang memanfaatkan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk meminta iuran kepada orang tua murid.

BACA JUGA: SDN 4 Cisande Digusur Double Track? DPRD Minta Percepat Relokasi  

Menurut Hera, jika sekolah belum ada fasilitas komputer untuk UNBK, jangan memaksakan untuk ikut ujian dengan sistem itu, karena ujian biasa juga bisa. 

"Ujian dengan sistem komputer itu bagi yang sudah memiliki fasilitas komputer dari pemerintah. Jadi tidak usah dipaksakan," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (9/10/2019).

Jika ada oknum sekolah yang menarik iuran untuk ujian komputer kepada orang tua murid, kata Hera dapat mengadu langsung ke Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. 

"Bisa juga ke dewan, kami terbuka untuk masyarakat. Sebutkan saja dimana sekolahnya, bila perlu gurunya siapa. Saya akan turun langsung walaupun dewan bukan lembaga yang menghakimi, tetapi sebagai lembaga kontrol tidak ada salahnya," ucapanya.

BACA JUGA: Dinas Pendidikan Sukabumi: Sekolah Terdampak Pembangunan Double Track Dibangun Lebih Awal  

Untuk yang belum memiliki fasilitas komputer, tambah Hera sebetulnya bisa dialokasikan bantuan dari pusat yaitu Dana Alokasi Khusus (DAK). Kemudian, lanjut dia, dari Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD). "Di sisi lain sekolah di Kabupaten Sukabumi bangunannya masih banyak yang perlu diperbaiki," jelasnya.   

Politisi partai Gerinda ini mengaku, sebelumnya anggota komisi IV telah melakukan kunjungan kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi sebagai mitra kerja. Selain bersilaturahmi, juga mengevaluasi apa saja program unggulan serta program yang sudah tercapai termasuk hambatannya.

"Intinya saya selaku pimpinan komisi mengajak anggota komisi IV memposisikan mitra kerja untuk saling menguatkan satu sama lain. Hal ini demi optimalisai anggaran yang sudah dialokasikan oleh DPRD supaya sesuai dengan visi misinya Kabupaten Sukabumi," tandasnya.  

Sementara itu, Leni Liawati anggota komisi IV lainnya dari fraksi PKS menambahkan, kunjungan kerja ini dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan dari anggota DPRD dengan mitra kerja dewan. 

"Kunjungan itu dalam rangka evaluasi kinerja, pengawasan anggaran, dan masalah faktual lainya yang terjadi di dinas tersebut," ujar politisi dari PKS ini. 

BACA JUGA: Soroti PPDB Sistem Zonasi di Kabupaten Sukabumi, Ketua DPRD Minta Jangan Ada Titipan

Adapun yang menjadi sorotan, kata Lina persoalan dari sisi anggaran, yang mana ada beberapa kegiatan yang sudah terealisasi. Meskipun ada juga yang belum karena beberapa faktor.

"Salah satunya dari hasil evaluasi, bantuan guru daerah terpencil (Gurdacil), yang secara data dari pusat ternyata setelah diverifikasi oleh disdik kabupaten ada yang tidak sesuai, sehingga riskan kalau disalurkan," jelasnya.

Masih kata Leni, diharapkan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi kedepan mampu memberikan pelayanan yang terbaik dengan mengoptimalkan anggaran yang ada.

"Hal itu untuk menjawab kebutuhan dunia pendidikan, baik dari sisi sarana, kualitas sumber daya manusia, kesejahteraannya maupun mutu pendidikan Kabupaten Sukabumi," tandasnya.

Reporter : NANDI/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Foto-foto kondisi jalan rusak di Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Pabuaran menuju Ciwalat viral di sejumlah grup media sosial lokal sukabumi. Dalam foto tersebut terlihat kendaraan truk sulit...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Bidang Industri Agro, Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi, Yana Chefiana mengungkapkan, tantangan Industri Kecil Menengah (IKM), di Kabupaten Sukabumi sangatlah kompleks. BACA JUGA: DPESDM Fasilitasi...

SUKABUMIUPDATE.com - Penetapan komposisi Fraksi DPRD Kota Sukabumi dalam sidang paripurna yang digelar Rabu (9/10/2019) malam, membuat berbagai pihak menganalisa bagaimana dinamika menarik yang akan terjadi di tubuh DPRD...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota komisi 1 DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Anwar Sadad menampung sejumlah aspirasi masyarakat dalam reses ke 2, di Kampung Cimulek Desa Waluran,...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya