Menu

Jumat, 13 September 2019, 22:30 WIB

Latihan Dasar Kepemimpinan Osis SMK Yasti Cisaat, Digembleng Empat Materi

Peserta Latihan Dasar Kepemimpinan Osis (LDKO) SMK Yasti Cisaat 2019-2020 ketika menyimak materi, Jumat (13/9/2019). | Sumber Foto:Andri S

SUKABUMIUPDATE.com - SMK Yasti Cisaat melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Osis (LDKO) 2019-2020, Jumat (13/9/2019). LDKO diisi dengan berbagai pembekalan materi, seperti materi wawasan Wiyata Mandala yang disampaikan Kepala SMK Yasti, Yudi Lazuardi. 

BACA JUGA: Melirik Teknologi Simulator Ciptaan Anak Bangsa di Kabupaten Sukabumi

Dilanjutkan materi dasar-dasar kepemimpinan oleh Kesiswaan SMK Yasti, Dede Hilman, lalu materi pengembangan karier yang disampaikan Waka Kurikulum SMK Yasti, Adi Ismawadi. Terakhir, materi manajeman organisasi oleh pembina Osis SMK Yasti, Ues Saprudin.

Selain pembekalan materi, disampaikan juga pembekalan program kerja Osis oleh pengurus Majelis Perwakilan Kelas (MPK), sebagai organisasi komitenya. Selanjutnya, dilakukan pelantikan dan pengukuhan Osis dan renungan malam.

"Pesertanya itu 85, terdiri dari Osis 60 orang dan MPK 25. Mereka merupakan siswa kelas X dan XI, sebagai leading sector untuk pelaksanaan Osis," ujar pembina Osis SMK Yasti, Ues Saprudin.

Ues mengungkapkan, sebelum LDKO, dilakukan sejumlah rangkaian tahapan mulai kriteria calon, pengesahan calon, visi dan misi calon, kemudian debat para calon lalu pemilihan.

BACA JUGA: Gubernur Aher Dukung Kembangkan Pesantren Yasti Cisaat Kabupaten Sukabumi

Menurut dia, kegiatan ini sudah rutin setiap tahun karena Osis merupakan organisasi yang bersifat nasional, karena Osis memiliki banyak manfaat untuk siswa.

"Banyak sekali, dalam organisasi itu kan ada tahapan-tahapan program kegiatan. Dari delapan sekbid, itu program kegiatannya bermacam-macam dari bidang ketakwaan, itu orientasinya kepada keagamaan. Kemudian bidang kedua bersifat nasionalis, misalkan menghadapi upacara-upacara nasional," ujar Ues.

Adapun, peran pihak sekolah kepada Osis ini membantu dalam aktivitas program kebijakan pengembangan dalam salah satu karier. "Yang nanti diaplikasikan oleh Osis untuk melaksanakan ekstrakurikuler," jelasnya.

 

Redaktur : ANDRI S/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com  - Kisah menyedihkan dialami oleh seorang bocah laki-laki berusia 11 tahun yang disiksa oleh orang tua angkatnya hingga nyaris lumpuh. Sejak tiga tahun lalu, saat masih berumur delapan tahun,...

SUKABUMIUPDATE.com  - Polisi telah membongkar kasus perdagangan anak-anak di sebuah tempat karaoke bernama Carista di Kampung Pamatang, Desa Pejamben, Kecamatan Carita, Pandeglang, Banten. Dalam kasus ini, polisi menetapkan wanita bernama...

SUKABUMIUPDATE.com - Panorama alam dan objek wisata pantai di Unesco Global Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi memang tidak ada habisnya. BACA JUGA: Mancing Sambil Menikmati Indahnya Sunset di Dermaga Palabuhanratu Garis pantai yang...

SUKABUMIUPDATE.com – Warga Lembursitu Kota Sukabumi geram, terutama mereka yang tinggal di sekitar rumah Nadia Putri, bocah lima tahun yang tewas menggenaskan ditangan kakak dan ibu angkatnya. Pasalnya, akun...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya