Menu

13 Sep 2019, 22:30 WIB

Latihan Dasar Kepemimpinan Osis SMK Yasti Cisaat, Digembleng Empat Materi

Peserta Latihan Dasar Kepemimpinan Osis (LDKO) SMK Yasti Cisaat 2019-2020 ketika menyimak materi, Jumat (13/9/2019). | Sumber Foto:Andri S

SUKABUMIUPDATE.com - SMK Yasti Cisaat melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Osis (LDKO) 2019-2020, Jumat (13/9/2019). LDKO diisi dengan berbagai pembekalan materi, seperti materi wawasan Wiyata Mandala yang disampaikan Kepala SMK Yasti, Yudi Lazuardi. 

BACA JUGA: Melirik Teknologi Simulator Ciptaan Anak Bangsa di Kabupaten Sukabumi

Dilanjutkan materi dasar-dasar kepemimpinan oleh Kesiswaan SMK Yasti, Dede Hilman, lalu materi pengembangan karier yang disampaikan Waka Kurikulum SMK Yasti, Adi Ismawadi. Terakhir, materi manajeman organisasi oleh pembina Osis SMK Yasti, Ues Saprudin.

Selain pembekalan materi, disampaikan juga pembekalan program kerja Osis oleh pengurus Majelis Perwakilan Kelas (MPK), sebagai organisasi komitenya. Selanjutnya, dilakukan pelantikan dan pengukuhan Osis dan renungan malam.

"Pesertanya itu 85, terdiri dari Osis 60 orang dan MPK 25. Mereka merupakan siswa kelas X dan XI, sebagai leading sector untuk pelaksanaan Osis," ujar pembina Osis SMK Yasti, Ues Saprudin.

Ues mengungkapkan, sebelum LDKO, dilakukan sejumlah rangkaian tahapan mulai kriteria calon, pengesahan calon, visi dan misi calon, kemudian debat para calon lalu pemilihan.

BACA JUGA: Gubernur Aher Dukung Kembangkan Pesantren Yasti Cisaat Kabupaten Sukabumi

Menurut dia, kegiatan ini sudah rutin setiap tahun karena Osis merupakan organisasi yang bersifat nasional, karena Osis memiliki banyak manfaat untuk siswa.

"Banyak sekali, dalam organisasi itu kan ada tahapan-tahapan program kegiatan. Dari delapan sekbid, itu program kegiatannya bermacam-macam dari bidang ketakwaan, itu orientasinya kepada keagamaan. Kemudian bidang kedua bersifat nasionalis, misalkan menghadapi upacara-upacara nasional," ujar Ues.

Adapun, peran pihak sekolah kepada Osis ini membantu dalam aktivitas program kebijakan pengembangan dalam salah satu karier. "Yang nanti diaplikasikan oleh Osis untuk melaksanakan ekstrakurikuler," jelasnya.

 

Redaktur : ANDRI S/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Suhendi (42 tahun) warga Kampung Pajagan, Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi masih terbaring lemah di ruang instalasi gawat darurat (IGD) RS Palabuhanratu, Minggu (5/7/2020). Suhendi menjadi korban...

SUKABUMIUPDATE.com - Media Center Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kota Sukabumi kembali merilis perkembangan kasus Covid-19 di Kota Sukabumi. Tercatat tiga pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh. Data per hari ini,...

SUKABUMIUPDATE.com - Dua orang pelaku pencurian toko di Kampung Selakopi, Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi diciduk aparat Polsek Cibadak, Minggu (5/7/2020). BACA JUGA: Diduga Maling Angkot, Pria di Jampang Kulon...

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi virus corona Covid-19 belum selesai. Kementerian Pertanian (Kementan) Indonesia berinisiatif membuat kalung antivirus yang diyakini bisa membunuh virus corona hingga 80 persen. Mengutip Suara.com, kalung antivirus itu...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya