Melirik Teknologi Simulator Ciptaan Anak Bangsa di Kabupaten Sukabumi

Sabtu 17 Desember 2016, 07:35 WIB

Sukabumiupdate.com - Kebutuhan perangkat teknologi berbasis komputer di era globalisasi telah menjadi kebutuhan dasar manusia. Karena itu, wajar, jika demi waktu para ahli Indonesia terus berinovasi demi menemukan berbagai ragam temuan baru.

Salah satunya, Simulator Purbaratu Teaching Aid. Alat praktek untuk kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan (TKJ) pada sekolah menengah kejuruan (SMK) ini, dirancang berdasarkan kebutuhan pada kurikulum kompetensi.

Pencipta Simulator Purbaratu, Arief R Budiman, ditemui sukabumiupdate.com saat melakukan Workshop Fiber Optic bersama puluhan guru SMK se-Indonesia di Yayasan Yasti, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Pada acara yang ditutup Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono itu, pria asal Kota Bogor ini mengaku, teknologi ciptaannya didasarkan pada pengalaman praktek sebagai guru teknologi informasi (TI) di salah satu SMK.  

"Alat ini memenuhi kebutuhan peralatan praktek yang menggambarkan kondisi nyata jaringan komputer, baik berbasis lokal (LAN) maupun jaringan berbasis luas (WAN). Kebutuhaan ini timbul dari pengalaman selama mengajar. Pola pembelajaran jaringan komputer selama ini banyak menggunakan software simulasi seperti packet tracer dan GNS3," ungkapnya.

Sarana dan prasarana yang komplek pada kompetensi keahlian TKJ membutuhkan biaya besar. Hal ini menjadi hambatan mencapai kompetensi peserta didik, karena belum mampu memberi pengalaman praktek jaringan komputer yang mendekati ke kondisi sebenarnya yang dibutuhkan dunia usaha.

"Alat ini diharapkan menjadi solusi mengatasi keterbatasan yang dibutuhkan kompetensi keahlian TKJ di SMK. Metode pembejalaran diharapkan mendukung ketercapaian kompetensi peserta didik," tutur arief

Lanjut Arief, Purbaratu Teaching Aid dirancang berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan pada kurikulum kompetensi TKJ. Alat praktek ini menggambarkan sebuah kondisi riil dalam bentuk miniatur LAN dan WAN.

Alat yang diciptakan tahun 2014 lalu itu, memiliki fungsi sebagai simulator jaringan komputer secara umum, seperti simulasi jaringan dasar, protocol routing, server, VoIP, VPN, dan Cloud Computing.

Perwujudan dari alat praktek ini meliputi LAN Trainer, WAN Trainer, dan ISP Simulator. LAN Trainer memiliki pendekatan pada sebuah miniatur LAN yang terdiri dari komponen pendukung minimal pada sebuah area LAN.

Pendekatan ini dimaksudkan agar peserta didik mendapat gambaran bagaimana membangun sebuah LAN baik wired LAN maupun wireless LAN beserta pemanfaatannya.

"WAN Trainer memiliki pendekatan miniatur WAN yang terdiri dari beberapa komponen pendukung. Pendekatan ini memiliki tujuan memberi gambaran konsep dan cara kerja WAN. Sedangkan ISP Simulator menggambarkan bagaimana sebuah sinyal frekuensi 2.4 Ghz dipancarkan untuk diterima user, dalam hal ini WAN Trainer," ungkapnya.

Arif menambahkan, secara legitimite, produk ini sudah diterima industri. "Bahkan kami di-support dari Mugen dan Wearnes. Perlu perjuangan mendapat pengakuan pemerintah. Peralatan ini sangat cocok bagi ilmu pengetahuan dan kepentingan pendidikan khususnya di kejuruan teknologi informasi," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)