Menu

Senin, 02 September 2019, 09:55 WIB

Kebahagiaan Volunteer Universitas Nusa Putra di Seren Taun Kasepuhan Sinar Resmi Ke-440

Volunter NPU Sukabumi bersama anak-anak Kampung Adat Sinar Resmi seusai acara lomba. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com – Sabtu pagi (31/8/2019) rombongan perwakilan Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi sudah sampai di Kampung Adat Sinar Resmi, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Tujuannya, tak lain untuk mengikuti acara Seren Taun Kasepuhan Sinar Resmi ke-440 yang digelar dari tanggal 30 Agustus 2019 sampai dengan 1 September 2019. Kedatangan NPU Sukabumi dalam rangka memenuhi undangan dari Kasepuhan untuk menjadi volunteer (relawan) acara.

BACA JUGA: VTB Universitas Nusa Putra Sukabumi Galang Dana Untuk Korban Banjir Sentani Papua

Tahun ini, Seren Taun Kasepuhan Sinar Resmi bertema nyoreang alam katukang, nyawang alam anu bakal datang. Acara berlangsung meriah, pengunjung sudah ramai hadir sejak hari pertama. Ritual puncaknya di hari terakhir yaitu ritual ampih pare ka leuit. Sementara, volunteer NPU Sukabumi diminta panitia untuk memeriahkan acara yang melibatkan anak-anak Kampung Adat Sinar Resmi. 

"Kami memfasilitasi kegiatan lomba untuk anak-anak di sini," kata salah satu pembimbing volunteer NPU Sukabumi, Elok Setianingtyas kepada sukabumiupdate.com saat acara masih berlangsung, Minggu (1/9/2019). 

Suasana perlombaan yang diikuti anak-anak Kp. Adat Sinar Resmi di acara Seren Taun ke-440//Foto: Istimewa

Elok menerangkan, sebanyak tujuh orang volunteer dari NPU Sukabumi terlibat membantu acara, ada lima orang mahasiswa dan dua orang pendamping. 

"Dari mahasiswa ada perwakilan dari Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Billy Restu Pagara, Prodi Teknik Elektro Muhammad Ikrar Dharda M, Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Sahila Muna Atalina dan Siti Juariah dan Prodi Sistem Informasi Resi Nurafifah," terangnya. 

BACA JUGA: 54 Mahasiswa jadi Anggota Baru UKM Universitas Nusa Putra Sukabumi

"Pendamping volunteer oleh Kepala Perpustakaan, Yanuar Kalih dan saya sendiri," imbuhnya.

Menurutnya, keterlibatan NPU Sukabumi dalam acara tersebut memberikan banyak sekali manfaat. Pihaknnya, lanjut dia bisa bersilaturahmi dengan perwakilan-perwakilan masyarakat yang hadir, mengenalkan NPU Sukabumi, sekaligus memanfaatkan acara tersebut untuk mengenalkan adat budaya Sunda sebagai salah satu keragaman adat budaya Indonesia kepada mahasiswa yang menjadi volunteer acara.

"NPU Sukabumi selalu antusias jika diminta berpartisifasi dalam kegiatan pelestarian adat budaya Indonesia," ujarnya.

Selepas acara penutupan, Elok mengungkapkan rasa bahagianya, dirinya menjadi wakil NPU Sukabumi yang menerima langsung ucapan terima dari Kasepuhan Sinar Resmi.

"Melihat warga dan anak-anak peserta lomba antusias, Kasepuhan mengucapkan terima kasih, beliau merasa terbantu dan berharap seren taun berikutnya kami dapat berpartisifasi lagi," pungkasnya dengan rona wajah bahagia.

Reporter : KOKO MUHAMAD/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya