Menu

13 Agu 2019, 15:52 WIB

Idul Adha 1440 H, Ribuan Pelajar MAN 3 Sukabumi Ikuti Lomba Manasik Haji

Kegiatan lomba manasik haji, di lapang Lodaya Setra Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Ribuan pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Sukabumi, merayakan hari raya Idul Adha 1440 Hijriyah, dengan menyelenggarakan perlombaan manasik haji dan sembelih hewan kurban.

BACA JUGA: Ucapan Syukur Kelulusan Siswa MAN 3 Sukabumi Berbagi

Wakil Kepala MAN 3 Bidang Humas, Zeni Zaenal Arifin, mengatakan perlombaan dilaksanakan di lingkungan sekolah MAN 3 Sukabumi, Jalan Lapang Lodaya Setra, No 47 Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi dan diikuti oleh ribuan pelajar MAN 3.

"Peserta lomba manasik haji ini diikuti sebanyak 1.140 siswa dari tiga kelas 10, 11, 12 atau sebanyak 32 kloter. Sedangkan  hewan yang disembelih sebanyak 33 ekor. Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin, setiap hari raya Idul Adha. Bahkan pelaksanaan lomba manasik haji sudah terlaksana sejak tahun 2.000 an," katanya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (13/8/2019).

Menurut Zeni, adapun pelaksanaan potong hewan kurban pada (12/8/2019), sebanyak 32 ekor dari siswa tiap kelas, dan satu ekor lagi dari pengajar. "Intinya kegiatan ini sebagai pembelajaran bagi siswa, bagaimana tata cara yang baik dan benar melaksanakan manasik haji dan berkurban, sangat berhubungan dengan mata pelajaran IPS, IPA dan tentunya Agama," jelasnya.

"Untuk lomba manasik haji, akan diambil sebanyak tiga pemenang juara 1, 2, dan 3, akan diberikan piagam penghargaan dan uang pembinaan untuk menambah semangat dan motivasi mereka," pungkasnya.

BACA JUGA: Kesaksian Korban, Bus Rombongan Pelajar MAN 3 Surade Sukabumi Kecelakaan di Waluran

Sementara itu dewan juri Kepala KUA Surade, Sulaeman Jamal, menambahkan, bahwa pembelajaran manasik haji dengan metedologi dilombakan tujuaanya agar para siswa bersemangat untuk mengikuti kegiatan. 

"Adapun penilaian terhadap peserta manasik haji, meliputi beberapa kategori yang harus dikuasi oleh tiap kloter. Seperti penguasaan rukun haji, mulai dari Ihram, Wukuf, Thawaf, Sa'i,  juga hapalan bacaan, doa dan kekompakan dalam seragam. Kami menilai kegiatan ini cukup luar biasa bagus dan mendapat dukungan dari semua steakholder," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Video prakirawati cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang pekan ini viral karena menjadi korban pelecehan seksual secara verbal di Twitter kini hilang. Diduga BMKG telah menghapus...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PAN, Heri Antoni melangsungkan Reses III tahun 2020 di tiga lokasi berbeda, di Daerah Pemilihan (Dapil IV). Lokasi pertama di Kampung...

SUKABUMIUPDATE.com - Mandalika Racing Team Indonesia yang disiapkan untuk mewakili Tanah Air di ajang Moto2 tahun depan juga bakal merintis akademi pembalap untuk program pembinaan atlet balap sejak dini. "Dunia...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Rendy Rakasiwi melaksanakan reses ketiga tahun 2020 di Desa Ciparay, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi. Dalam resesnya Rendy...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya