UNsP Sukabumi Tergetkan Oktober 2019 Perolehan Sertifikasi Internasional

Minggu 28 Juli 2019, 10:58 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Universitas Nusa Putra (UNsP) Sukabumi terus berupa menjadi universitas yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Salah satu upayanya, yaitu mendapatkan ISO 9001 atau standar sistem manajemen mutu yang diakui secara internasional.

Konsultan dari Point Development Consulting, Rus Rusyana menjelaskan saat ini UNsP Sukabumi, melangkah agar menjadi universitas yang bertarap internasional dan salah satu instrumen yang harus dipenuhi adalah harus tersespikasi secara internasional dengan memenuhi 23 tahapan.

"Pertama mulai dari kesiapan, kondisi eksistingnya seperti apa, kemudian harus dibuat standar operasional prosedur. Mulai dari penerimaan mahasiswa, penerimaan dosen, kemudian proses belajar mengajar semua harus terstandar dan terukur," katanya.

Kemudian setelah itu, harus terindentifikasi resiko-resiko apa yang akan dihadapi perguruan tinggi ini. Sehingga harus dipersiapkan apa yang harus dilakukan, meskipun resiko itu saat ini belum muncul.

BACA JUGA: Timbangan Digital POS PAK CAMAT Karya Mahasiswa UNsP Sukabumi

"Ditahap awal ini, semua kita persiapkan, termasuk semua resiko yang akan dihadapi. Misalnya animo mahasiswanya berkurang, apa yang bisa dilakukan," katanya.

Setelah SOP jadi, kata Rus sistemnya diaplikasikan. Seperti apa target-target setiap prodi dan unit kerja, karena harus punya target dan terukur. Bahkan akan dipantau oleh mereka.

"Jadi mereka yang menetapkan target, serta mereka yang mengukur, mengevaluasi, baru nanti didiskusikan lagi, tercapai apa tidak nanti akan disampaikan ke pak rektor," ucapnya.

Selain itu, nanti ditumbuhkan budaya di sini tidak anti kritik. Jadi siapapun boleh menyampaikan kritik. Misalnya ditemukan ada kesalahan, dan setiap orang boleh menyampaikan itu.

"Jadi nanti tidak ada lagi yang tersinggung untuk kebaikan bersama," imbuhnya.

Setelah itu terbentuk, lanjut Rus budaya organisasi, budaya perguruan tinggi juga akan lebih fleksibel, maka harus ada aktif untuk menghadapi tantangan kedepan. Pasalnya ISO itu berbicara improvement, jadi perbaikan berkelanjutannya harus ada.

"Makanya dari target pencapaian masing-masing prodi, masing-masing fakultas targetnya apa. Mulai dari wakil rektor 1,2,3 masing-masing punya target dan dievaluasi," jelasnya.

Untuk pengawasannya, tambah Rus ada dari internal atau audit internal. Mereka itu akan mengaudit silang, antar prodi maupun wakil rektor.

BACA JUGA: 10 Dosen UNsP Sukabumi Peroleh Dana Hibah Rp 200 Juta untuk Penelitian

"Misalnya mereka dari prodi teknik akan mengaudit prodi yang lain. Tujuannya agar ada cek and balance, sehingga tidak merasa benar sendiri, tapi ada yang mengingatkan di internal," bebernya.

Kemudian ada konterol eksternal dengan  melakukan survey kepada pelanggan universitas, yaitu mahasiswa, orang tua mahasiswa, pengguna lulusan dan usaha.

"Kita survey bagaimana respon keberadaan UNsP ini. Hasilnya kita evaluasi lagi menjadi input," terangnya.

Lanjut Rus, patner dunia usaha, dunia kerja, dunia industri juga setiap saat diajak dilibatkan, sehingga tau kebutuhan dunia industri seperti apa. Disinilah digodong mulai dari kurikulum. Jadi prosesnya tidak instan, perlu memakan waktu hingga setahun.

BACA JUGA: Ratusan Calon Mahasiswa Baru UNsP Sukabumi Diuji Bahasa Asing

"Makanya penerapkan ISO itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, harus betul-betul ada pembiasaan, mulai dari staff, mahasiswa harus terbiasa. Salah satunya itu tadi, biasa tidak ada aturan akan dibuatkan aturan dan ketika semua sudah jalan barulah dinilai oleh badan sertifikasi yang diakui secara internasional," jelasnya.

Mereka itu nanti akan menilai bagaimana pemenuhan syarat yang 23 tadi, kalau sesuai akan diberikan rekomendasi jika sudah direkomendasi, maka setiap tahun mereka akan datang untuk survey kembali, apakah sistemnya masih jalan atau tidak.

"Oleh karena itu, bukan hanya sekedar sertifikasi ISO saja lalu selesai. Tetapi yang beratnya itu, setelah dapat sertifikat justru yang mempertahankannya itu yang sulit. Perlu adanya komitmen dari pimpinan, konsisten dengan apa yang ditetapkan, dan taat aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Targetnya tiga sampai empat bulan untuk mendapatkan sertifikat iso ini. Mudah-mudahan Oktober 2019 sudah bisa disertifikasi dan UNsP ini baru satu-satunya Universitas Sukabumi yang akan di sertifikasi ISO," tandasnya.

BACA JUGA: Universitas Nusa Putra Sukabumi Berikan Otoritas Ruangan Bagi Mahasiswanya

Sementara itu, Rektor UNsP Sukabumi, Kurniawan mengaku sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Apalagi sudah berubah bentuk menjadi universitas, tentunya harus bersiap dalam manajement harus terstandarisasi.

"Seperti yang kita harapkan UNsP menjadi kampus yang mempunyai standardisasi Internasional," kata Kurniawan.

Ia menargetkan UNsP akan mendapatkan sertifikat ISO 9001 bertarap internasional pada akhir Oktober 2019.

"Ya target Oktober sudah dijalankan, semua pelayanan, sistem akademik semua terstandarisasi. Kita akan berkomitmen didukung oleh stekholder di kampus ini. Sehingga kalau kita komitmen sertifikat ini bukan hanya sekedar sertifikat akhirnya menjadi prilaku organisasi yang baik," ungkapnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI
Life29 Maret 2024, 13:30 WIB

5 Cara Mudah Keluar Dari Kebiasaan Buruk yang Sulit Ditinggalkan

Artikel ini akan membahas tentang alasan-alasan di balik kesulitan meninggalkan kebiasaan buruk serta beberapa tips yang dapat membantu kita memotivasi diri untuk melakukan perubahan positif.
Ilustrasi. Cara Mudah Keluar Dari Kebiasaan Buruk yang Sulit Ditinggalkan. Sumber: pixabay.com
Life29 Maret 2024, 13:15 WIB

30 Ucapan Untuk Memperingati Hari Jumat Agung dan Paskah yang Penuh Pesan dan Doa

Berikut ini uacapan selamat hari Jumat agung dan paskah untuk dibagikan kepada orang-orang tercinta
30 Ucapan Untuk Memperingati Hari Jumat Agung dan Paskah yang Penuh Pesan dan Doa (Sumber : Freepik/freepik)
Sehat29 Maret 2024, 13:00 WIB

10 Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh

Yuk Lakukan Sederet Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh Berikut!
Ilustrasi. Olahraga. Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh | Foto : Pexels.com/@pixabay
Kecantikan29 Maret 2024, 12:30 WIB

Inilah 4 Fungsi Make Up Glitter, Bisa Bikin Hidung Tampak Mancung!

Glitter pada make-up memiliki fungsi yang beragam dan bisa memberikan tampilan yang spektakuler.
Ilustrasi. Manfaat Glitter dalam Make Up. Sumber: pixabay.com/stux
Kecantikan29 Maret 2024, 12:00 WIB

5 Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap Agar Tampil Lebih PD

Artikel akan membahas berbagai pilihan warna lipstik yang cocok untuk bibir gelap. Lebih lengkap dengan memberikan tips dan saran tentang warna-warna yang akan menonjolkan keindahan bibir Anda.
Ilustrasi. Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap. Sumber: pixabay.com/AestheticJourney
Sukabumi29 Maret 2024, 11:22 WIB

RLPPD Tahun 2023: Kabupaten Sukabumi Raih 93 Penghargaan

Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi pada tahun 2023 telah menorehkan prestasi yang membanggakan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. | Foto: Istimewa