Menu

03 Mei 2019, 08:45 WIB

Sekolah Pungli, Disdik Kabupaten Sukabumi Bakal Laporkan ke Inspektorat

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Tubagus Wahid Ansor. | Sumber Foto:Ruslan AG

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pendidikan atau Disdik Kabupaten Sukabumi akan melaporkan pihak sekolah ke inspektorat, jika terbukti melakukan kapitalisasi pendidikan atau pungutan liar alias Pungli tehadap orang tua siswa. Hal itu disampaikan usai Disdik menerima aksi unjuk rasa mahasiswa pada Kamis (2/5/2019), terkait kondisi pendidikan di Kabupaten Sukabumi yang masih memprihatinkan.

BACA JUGA: Harapan Guru Honorer Kabupaten Sukabumi di Hardiknas 2019

"Kalau memang ada sekolah yang melakukan pungli terhadap orang tua siswa, langkah awal kami akan cek dan ricek dulu, benar apa tidaknya pungli itu terjadi," kata Sekertaris Disdik Kabupaten Sukabumi, Tubagus Wahid Ansor, kepada sukabumiupdate.com, Kamis (2/5/2019).

Jika memang terbukti, sambung Tubagus, sebelum kasusnya sampai ke inspektorat, pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi terlebih dahulu akan melakukan teguran lisan dan tulisan sebanyak tiga kali.

"Kalau misalkan masih juga sekolah tersebut nakal dan melakukan pungli, kami akan melaporkan ke inspektorat. Karena untuk memberikan sebuah sanksi itu harus melalui beberapa proses dan kami harus mengetahui benar atau tidaknya secara jelas," lanjutnya.

BACA JUGA: Hardiknas 2019, Bupati Sukabumi Bagi-bagi Doorprize

Diberitakan sebelumnya, mahasiswa dalam aksinya menyoroti soal salah satu sekolah yang diduga melakukan pungli dengan kategorinya pemungutan pengadaan bangku sekolah. Padahal bangku itu sudah disediakan di APBD.

"Untuk itu kami meminta ke mahasiswa laporan secara tertulis mengenai hal tersebut. Seperti, sekolah mana, dan alamatnya dimana, agar kami bisa langsung tinjau ke lokasi," pungkas Tubagus.

Reporter : RUSLAN AG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Tak ada penambahan jumlah Orang Dalam Pemantauan atau ODP, Pasien Dalam Pengawasan atau PDP, hingga tambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Sukabumi hari ini, Minggu (7/6/2020). Hal...

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang pasien Covid-19 yang merupakan warga Desa Wanasari, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi diperbolehkan pulang dari RSUD Jampang kulon setelah hasil swab test ke-4 dinyatakan negatif. Pengambilan swab test...

SUKABUMIUPDATE.com - Sungguh sadis kelakuan UA (32 tahun). Warga Gang Bungsu Kelurahan Solokpandan Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur ini tega membakar kakaknya sendiri gara-gara tak diberi uang. LJ (45 tahun) harus...

SUKABUMIUPDATE.com - Akhir pekan ini, Pantai Cibuaya Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap mulai dipadati para pelancong. Salah satu lokasi wisata favorit dengan pantai putihnya di Kabupaten Sukabumi selatan itu tetap...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya