Menu

30 Apr 2019, 15:53 WIB

Klinik Penulisan dan Bedah Buku, Tingkatkan Gairah Berkarya Akademisi Sukabumi

Foto bersama Direktur RLI, pemateri, dan peserta Klinik Penulisan Buku yang diselenggarakan Perkumpulan Peneliti dan Pegiat Literasi (Research and Literacy Institute/RLI). | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com  - Perkumpulan Peneliti dan Pegiat Literasi (Research and Literacy Institute/RLI) mengadakan Bedah Buku dan Workshop Statistika Pendidikan. Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang VIP supermarket ternama di Jalan RE Martadinata, Kota Sukabumi, Senin-Selasa (29-30/4/2019) ini, juga diisi dengan Klinik Penulisan Buku. 

Direktur RLI, Mulyawan Safwandy Nurgaha, mengatakan bedah buku dan workshop adalah kegiatan rutin bulanan RLI. Tujuannya untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat literasi di kalangan mahasiswa, dosen, dan masyarakat Sukabumi. 

"Ini agenda rutin bagi mahasiswa dan dosen dengan tujuan meningkatkan daya kritis dalam bidang akademik di Kota dan Kabupaten Sukabumi," ujar Mulyawan.

BACA JUGA: Wakil Wali Kota Sukabumi: Jadikan Literasi Sebagai Tradisi Masyarakat

Mulyawan menambahkan, acara tersebut juga didukung oleh penerbit  nasional. Ia berharap dengan adanya kegiatan rutin seperti ini, dosen dan mahasiswa mau meningkatkan daya literasinya dalam tulis menulis. 

Bedah Buku dan Workshop menghadirkan penulis buku Statistika Pendidikan, Siti Nurhasanah, sebagai narasumber. Sedikitnya 40 orang, terdiri dari mahasiswa dan dosen di Sukabumi, ikut serta dalam acara itu. 

"Klinik Penulisan Buku masih satu rangkaian dengan acara sehari sebelumnya. Tujuannya untuk meningkatkan gairah kepenulisan khususnya para akademisi yang berada di Kota dan kabupaten Sukabumi, supaya mampu berkarya khususnya dalam membuat Buku," tutur Mulyawan

Untuk diketahui, pemaparan materi klinik penulisan buku juga disampaikan oleh Siti Nurhasanah bersama Dedi halim, editor senior Salemba 4. Setelah diadakannya Klinik Penulisan Buku ini, peserta diminta untuk membuat buku yang nantinya akan dikerjasamakan dengan Penerbit Nasional Salemba 4.

"Acara ini sangat bermanfaat bagi saya, khususnya dapat membantu secara pengetahuan akademik dan dapat meningkatkan motivasi dalam literasi," kata Ujang Sukriman, mahasiswa pascasarjana, salah seorang peserta bedah buku dan workshop Statistika Pendidikan. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami, mengapresiasi kegiatan diselenggarakan RLI. Andri hadir di hari pertama untuk membuka acara. 

"Ini merupakan kegiatan yang baik dan harus dikembangkan dalam bidang akademik agar kota Sukabumi bisa meningkatkan daya saing dan dapat menciptakan lebih banyak sumber daya manusia yang unggul," Imbuhnya. 

Andri menambahkan, Pemda saat ini pun membutuhkan ahli-ahli statistik untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data untuk kepentingan Pemerintah Daerah. Hal ini didasarkan pada pentingnya kebijakan yang berorietasi tujuan berbasis data yang valid.

Redaktur : MULVI MN
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus berupaya dalam memutus penyebaran pandemi Covid-19 atau virus Corona. Salah satunya, yakni larangan memarkirkan kendaraan baik roda dua maupun roda empat di area...

SUKABUMIUPDATE.com - Epidemiolog Pandu Riono meragukan protokol Covid-19 di kantor yang dibuat Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto bakal dipatuhi. Dilansir dari tempo.co, ia berpatokan pada rendahnya tingkat kepatuhan masyarakat dalam...

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang tenaga kesehatan (nakes) Kota Sukabumi berinisial A, harus menelan pil pahit saat dirinya dinyatakan sebagai pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani isolasi di RSUD R Syamsudin...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemberlakuan absensi shareloc live diberlakukan bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur di hari pertama masuk kerja, Selasa (26/5/2020). Shareloc live dikirim sejak pagi dan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya